Apa yang Dilakukan Wahabi terhadap Makam Para Sahabat?

thumb-943.jpg
Kita bisa bayangkan, jika makam Salaf Saleh diperlakukan semacam itu oleh mereka (Salafy gadungan yang pada hakekatnya adalah Wahaby) yang kini telah berkuasa, lantas bagaimana nasib makam para Wali Sanga dan para kekasih (wali) Allah lain -baik di jawa ataupun di luar jawa- di Indonesia jika mereka berkuasa di Tanah Air? Tentu akan lebih parah dari apa yang mereka lakukan terhadap kuburan para sahabat-sahabat mulia Nabi.

————————————–

    Apa yang Dilakukan Wahabi terhadap Makam Para Sahabat?

Dahulu, para sahabat, tabi’in dan tabi’ tabi’in lantas dilanjutkan oleh para ulama Ahlusunah wal Jama’ah menjadikan makam para sahabat Nabi di pemakaman Baqi’ (sisi makam Rasulullah) menjadi tempat yang nyaman untuk berziarah. Oleh karenanya pada akhirnya dibangunlah pemakaman itu dengan persetujuan para ulama Ahlusunah dari empat mazhab besar (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hanbali ) hingga menjadi seperti ini:

thumb-943.jpg thumb-942.jpg foto-makam-para-sahabat-nabi-di-baqi.jpg

Namun setelah kemunculan Wahabisme, karena alasan syirik ataupun bid’ah berdasarkan hadis-hadis yang lemah atau pemahaman keliru dari ayat ataupun riwayat yang sahih akhirnya kaum Wahaby menjadikannya rata dengan tanah seperti ini:

makam-para-sahabat-mulia-rasul-di-baqi.jpg thumb-939.jpg

Kita bisa bayangkan, jika makam Salaf Saleh diperlakukan semacam itu oleh mereka (Salafy gadungan yang pada hakekatnya adalah Wahaby) yang kini telah berkuasa, lantas bagaimana nasib makam para Wali Sanga dan para kekasih (wali) Allah lain -baik di jawa ataupun di luar jawa- di Indonesia jika mereka berkuasa di Tanah Air? Tentu akan lebih parah dari apa yang mereka lakukan terhadap kuburan para sahabat-sahabat mulia Nabi.

Saudara-saudaraku Ahlusunah wal Jamaah seiman dan seakidah, perusakan makam para sahabat mulia itu baru mereka lakukan. Mereka hancurkan semua itu kurang dari satu abad yang lalu, setelah mereka berkuasa di jazirah Arabia dan berhasil mengrogoti kekuasaan Daulah Usmaniyah di wilayah Jazirah Arab, dengan bersekongkol dengan kolonial Inggris. Ini semua adalah hasil dari pikiran buruk otak Muhammad bin Abdul Wahab, pendiri wahabisme. Apakah ulama Wahaby merasa lebih pintar dari para ulama Salaf Ahlusunah wal Jamaah?

[Sastro H]

About these ads

65 Tanggapan

  1. Menyedihkan memang Wahabiisme ini….
    Jangan biarkan para penganut paham “Pokoknya” ini berkuasa di Indonesia !!!

  2. Salam buat pembuat blog ini
    semoga para wahay akan terusir dari tanah haram dan digantikan oleh ASWJ
    1. bolehkah saya menyusun artikel-artikel ini untuk di print dan disebarkan buat menyadarkan semua orang terkhusus untuk menangkal para salafy gadungan??
    2. apakah situs/blog http://shahihbukhari.wordpress.com yang menghina Imam bukhari juga buatan para Ust. Sastro, mohon penjelasan??

    ———————-
    Sastro Menjawab:

    1- Silahkan saja.
    2- Aneh, kenapa anda tanyakan hal itu? Ngurus satu blog aja repot apalagi bikin blog lain. Lagian lihat gaya bahasanya donk, masa milik saya. Trus juga lihat pembahasannya, blog aneh itu…tidak sesuai dengan ajaran Ahlsunah wal Jamaah

  3. subhanallah,…SUNGGUH SANGAT MENGIRIS HATI JIKA MELIHAT DAN MENYAKSIKAN PENGHANCURAN MAKAM SAHABAT, ULAMA DAN TABIIN.
    YAA ALLAH..YAA RASULULLAH..JANGANLAH KAU JADIKAN KEPADA NEGERI KAMI SALAFY WAHABI SEBAGAI PENGUASA NEGERA INI (PKS,PBB,PAN..atau Parpol yang bertopeng ingin menegakan syariat Islam). marilah kita satukan hati untuk menghancurkan faham salafy wahabi di indonesia yang mereka telah meracuni rakyat indonesia dengan ‘meluruskan bid’ah dan khurafatnya’.
    Allahumma shali ala muhammad wa ala aly muhammad.

  4. Na’udzubillah, jika mereka berkuasa, paling tidak 12 juta muslim ahlussunnah asli akan mereka bantai.
    kualat mereka, adlah mengatakan bahwa para sayid, para habib, dzuriyaturRasul, dikatakan syirik.
    semua akan mendapat ganjarannya di akhirat.

  5. sungguh teganya dirimu wahai Wahabi yang merasa paling benar sendiri…

  6. Ass, Mas Sastro memang betul kayak mereka sok pintar dari pada para ulama salaf oleh karena itu ayo maju terus mas, pantang mundur.

  7. Ramadhan Mubarak!
    Saya sudah lama menanti-nanti gebrakan baru sampeyan. Senang membaca ada jurnal baru! Semoga Allah memudahkan perjuangan sampeyan sekalian. Maju terus pantang mundur! :D

    Saalikah

  8. ndak usah jauh-jauh, salapi kalo di Indonesia ngubur mayit kayak ngubur kucing, bar ngubur wes bar alias tidak mendoakan

    dengan dalih tidak adanya atsar untuk ritual seperti itu

    cupet banget pikirane, emang berdoa dianggap sebuah ritual sehingga perlu diperdebatkan?

    emang sombong-sombong itu orang, kita berdoa aja belum tentu masuk surga apalagi tidak berdoa

  9. assalamu alaikum
    saya mau nanya apakah http://shahihbukhari.wordpress.com
    buatan para ustadz sastro juga, thanks
    salam sukses

    —————————
    Sastro Menjawab:

    Waalaikum salam
    YA SANGAT JELAS BUKAN THO…GILA APA? KAMI GAK TAHU APALAGI KENAL SIAPA PENGELOLANYA…

  10. Bukankah kita harus meratakan makam akhi?

    Sudah berapa banyak masyarakat kita menjadi korban kesyirikan, semoga Allah memberi hidayah ke antum supaya kembali ke manhaj Salaf Ash Shalih

    ————————-
    Sastro Menjawab:

    Dan ternyata, banyak yang anda nyatakan syirik ternyata bukan termasuk syirik…lihat kembali artikel-artikel yang sudah kami up load.

  11. Mas Sastro,
    Sampeyan tahu nggak nasib kuburannya para mBah Wahaby seperti Ibnu Baaz, Albany dan yang lain, apakah dihancurin juga nggak ?

  12. Ass, Alangkah indahnya, bila makam Sunan Ampel, sunan Giri, Sunan Bonang dan yang lain-lain rata dengan tanah..

    Sehingga tidak ada lagi penghambaan kepada selain sang Khaliq, tidak ada lagi orang yang meminta “Berkah” dengan kedok ziarah, oh.. alangkah indahnya..

    Semoga hal itu bisa segera terwujud… Setuju?? Tentu!!

    ilot_itey@yahoo.co.id

    —————————–
    Sastro Menjawab:

    Monggo dan silahkan saja anda realisasikan akidah Wahabisme yang rancu itu…tapi kalau nanti ada holocoust (pembasmian dengan cara bakar hidup2) terhadap kaum Salafy (Wahaby), ya jangan salahkan Sastro tho…?!

  13. Assalammualaikum
    Saya telah memetik sebahagian dari artikel anda
    Terima kasih

  14. siiiiiiiiip mas, kita berangus sama-sama faham wahabi di indonesia, lha wong gak hormat blas sama Rosullulah dan sahabat nabi gitu. maju terus.

  15. allahumma shalli alaa muhammad wa aali muhammad.
    memang sangat disayangkan faham jumud kaum wahabi sampe merusah makam2 mulia itu..
    dan buat saya, sungguh menyesakkan membongkar makam mulia itu atas nama ketakutan ttg syirik…?
    begitu bodohkah umat islam untuk menyembah makam orang mati setelah datangnya sinar Islam?
    bahkan kalau tidak dihadang oleh jutaan umat muslim yg menangis lirih, makam Rasul SAWW pun akan dihancurkan oleh kaum Wahabi ini..

    wallahu ‘alam bis shawab..

  16. Wahhaby emang SOTOY… Tunasnya As-Sufyani Nih..

    Diki2 sirik… macam udah kenal Allah dengan benar aja :)

  17. Ass.
    Merusak makam = perbuatan terkutuk
    Meminta berkah dengan berkedok ziarah = perbuatan terkutuk juga mas.
    Jadi benahi umat dengan memberikan dakwah yang baik…
    Wass

  18. Memang, setelah kita amati ternyata benar bahwa Wahabisme adalah reinkarnasi dari Khawarij. Sebagaimana sisi kesamaan yang pemilik blog ini telah sampaikan di salah satu artikelnya, juga dimanapun terdapat kelompok Wahaby disitu terdapat fitnah dan perpecahan. Memang benar bahwa Wahabisme sengaja diciptakan oleh musuh Islam (Barat yang dalam hal ini adalah Inggris, penyokong dakwah Muhammad bin Abdul Wahhab) untuk membikin perpecahan di dalam tubuh kaum muslimin. Semoga Allah swt membantu pemilik blog ini untuk menyingkap hakekat Wahabisme sehingga kebenaran Islam akan nampak semakin cemerlang.

  19. kadang saya melihat ini sebuah kelucuan yang dimunculkan oleh kaum yang mana mengatasnamakan islam yang benar, Islam itu Rahmat bagi kita semua….. dengan dasar iman dengan hati lalu akal belakangan. Terus sirik dan tidaknya SAMPYAN, PENO, RIKO. ULUN, KON, YOU tidak akan tau…… karena hati….. jadi orang jiarah itu dasarnya mendoakan mayit…. supaya selamat di akhirat…… kalau dia minta berkah ya… neroko itu namanya……………… Tapi tahukah kita akan niatnya dia jiarah. Tidak kan, karena dia tidak berteriak waktu berdoa, tapi dengan hati yang bicara, jadi diam ………………… Terus itu urusan dia dengan perbuatannya sendiri dan ALLAH maha Tau.

    ————————-
    Sastro Menjawab:

    “kalau dia minta berkah ya… neroko itu namanya”, emang nroko punya lo hingga lo yang nentuin?
    Kita telah buktikan dan nanti akan lebih jelas tentang tabarruk. Kami pengen lihat, apakah kalian konsisten dengan akidah kalian dengan harus berabni menyatakan bahwa sahabat harus masuk neraka karena mengambil berkah juga…Berani bilang sahabat Nabi masuk neraka?

  20. mengaku bbicara agama akan tetapi mana nash2 shahih yg dtg dr quran&sunah atau bukti2 yg nyata? omong kosong & dusta, wallahulmusta’an

  21. Tidaklah sama meminta berkah Melalui orang sholeh dengan
    meminta berkah Kepada orang sholeh, hanya yg tak kenal fiqhi
    yang mengatakannya sama.

    Jik orang mengunjungi kuburan orang sholeh dan berdo`a dikatakan
    syirik, bukannya yang mengunjungi Ka`bah itu lebih pantas ???
    orang-orang mengelilingi, datang dari berbagai penjuru mengelilingi
    dan berdo`a ?. wahabi… wahabi….

    (QS.40:35) ……Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang
    sombong dan sewenang-wenang.

  22. bagus jg … maju terus mas …!
    Sudah jelas kalau wahaby itu salah ……! mereka cuma pintar silat lidah ….!

  23. salam…
    siapa pengelola situs ini…?
    siapakah sastro tsb?
    sipakah anda d luar sana? ana hanya ordinary “awam” person in this planet…
    apakh anda lebih paham dr pada seorang ulama syaikh muhammad Bin Abdul Wahab?
    apakah anda pernah hidup pada zaman beliau?
    sesungguhnya nickname “wahaby” ?
    anda sendiri memakai istilah tsb..isme-isme ini..
    apakah sesuai dengan tuntunankah?
    ana hanya mengingatkan sungguh “setan itu musuh yang nyata bagi anda ana mereka kalian aku kamu
    hati2lah…
    Y Allah ..lindungilah kami dri taqlid buta..dan persatukanlah hati kami…
    i just know..wass

    —————————
    Sastro Menjawab:

    Kami gak bisa bayangin, gimana mimik anda sewaktu menulis komentar ini….(jangan emosi mas, nanti cepet tua lho?)
    Pesan kami, banyak ngaca diri sendiri..jangan suka menilai muka orang, sedang muka anda sendiri masih belepotan najis !

  24. Keterlaluan! bagaimana tidak seandainya perusakan makan tersebut terkena makam keluarga dan saudaranya, mungkin mereka biasa-biasa aja karena mereka memang tidak punya hati, atau hati nya memang telah hitam kaleee?!

  25. ORANG_ORANG YANG MENGURUS SITE INI ORANG YANG PALING BODOH
    DALAM AGAMA dan HENDAK MEMANIPULASI SEJARAH SEPERTI HALNYA ORANG YAHUDI LA’NATULLOH DAN SYIAH RAFIDOH YANG MENGAGUNG_AGUNG KAN KUBURAN

    OLEH KARENA ITU MAS…….ANTUM ITU SUDAH TERPENGARUH JIN KUBURAN……. NGALAP BERKAH….DIKUBURAN??????
    MINTA LAH LANGSUNG KE ALLOH LOE SYIAH YA……. LO SEDANG TAQIYAH MENGATASNAMAKAN AHLUSSUNAH LOE GA KAN BERHASIL….MENIPU KAMI, KAMI BERILMU MAS…..SEMOGA ALOOH MEMBALAS APA YANG MEREKA SEBARKAN KEDUSTAAN..
    ROBBANA TAQOBBAL DU’A

  26. Assalamu’alaikum.
    Barakallahu fik. Saya adalah seorang yang belajar kpd orang2 yg berpemahaman salafy/ahlussunnah wal jama’ah. Tapi juga pengikut paham ‘wahabi’ (atau apapun namanya-lah). Anda bilang bahwa ini adalah perusakan makam. Bertaqwalah kpd Allah ya Akhi. Justru ini (perataan dengan tanah) adalah pemuliaan makam. Dengan melakukan ini, pintu2 kesyirikan bisa ditutup (sebagaimana hal ini tidak terjadi di Indonesia, di mana berdoa kpd ‘wali’ sudah dianggap hal biasa bahkan mungkin ada yg menganggapnya sebagai sunnah). Toh dengan kondisi seperti pada gambar (telah rata dengan tanah tapi dikasih pembatas), ziarah ke makam para sahabat ttp bisa dilakukan. Kalau ini adalah perbuatan keji, maka bawakanlah dalil dalam masalah ini. Silakan tanya sama guru anda.
    Wassalamu’alaikum.

    ——————–
    Sastro Menjawab:

    Justru penyataan anda yang aneh…Silahkan baca lagi artikel tentang “Membangun Masjid di Sisi Kuburan” yang pernah kami uo load, dan tanyakan kepada ustadz anda…apakah benar bahwa di masjid Haif (mina) ada makam banyak nabi di sana? Kenapa Rasul beserta para sahabatnya gak ngerobohin masjid itu? Dan kenapa para khaifahurrasyidin dan para sahabat lain, tabi’in dan tabi’ tabi’in tidak merobohkan kubah di atas makam Rasul, Abu Bakar dan Umar yang terdapat di sisi masjid? Jika merobohkan itu merupakan penghormatan, silahkan robohkan kubah dan masjid Nabawi jika anda (Wahaby) tidak dihajar oleh kaum muslimin dunia…

  27. Makam kok dibangun2, mendingan uangnya untuk orang yang urip iki lo. urip ki wis angel mas, ojo buang2 uang kanggo bangun rumah nggo wong mati. Nek wong wis mati ki yo wis lah. Bangun bangunan itu cuma menyempit2kan lahan. Kalo ada wali2 Allah yang wafat di Singapura trus semua harus dibangunkan makam yang megah2 gitu? lha terus yang hidup mau tinggal di mana? Trus biayanya? Mendingan dikasihkan ke orang-orang papa, kaum jelata. Di negeri ini masih banyak kaum jelata mas, mbok uangnya jangan diborosin untuk ziarah2 segala, bangun2 makam yang megah. Toh mereka kalo memang solih sudah dapat kerajaan di sisi Tuhan mereka. Kalo memang cinta, tiru bagaiman mereka berzakat kepada fakir miskin! tiru gimana mereka menyediakan rumah bagi kaum jelata! Para wali itu ndak butuh dan ndak senang kalo ada yang bangunkan istana, tur istana yang ra kanggo, mung kanggo makam yang orangnya juga tidak butuh, Ia sudah dicukupi oleh Allah di sisi-Nya. Lha kalo ada orang yang sukanya dibangunkan istana, rumah, dan ia ridha dibangunkan istana yang tidak bermanfaat (isana untuk orang mati dipakai apa tho?), maka saya yakin seratur persen orang ini bukanlah waliyullah apalagi sahabat (secara iman dan aqidah) Rasulullah SAAW. Lha wong Rasulullah di akhir hayatnya masih bersedekah kok ini minta dibangunkan istana. Pastilah ia seorang yang cinta dunia,k suka kemewahan , dan benci kepada akhlaq Rasulullah SAAW.
    Sekali lagi, mending uangnya buat shadaqah, bangun negara ini, bea siswa, Lahannya juga bisa buat ngubur orang lain, kalo di semua orang hidup di Indonesia adalah para wali, dan semua harus dibangunkan istana, maka yang hidup tinggal di mana?
    Adil ya mas, mohon dimuat, kalo ga berarti mas sama saja dengan wahhabi! mas TAQLID!

    —————————–
    Sastro Menjawab:

    Untungnya mas, wali itu gak banyak. Kalau banyak ruwet seperti kata mas…
    Mas, bukan walinya yang minta dibangunin bangunan, tapi yang hidup yang ingin mengabadikannya…lha wong Rasul juga gak pernah minta dikuburin di dalam rumahnya khan? Nabi Ibrahim juga gak minta dimakamkan di masjidil Aqsha…Kalau ada wali yang minta seperti tu, maka dia bukan Waliyullah, tapi wali murid…he he he

  28. pak sastro, ini ada website http://ahlussunnah.web.id semoga bermanfaat..khusus ASWJ lho.

    ——————-
    Sastro Menjawab:

    Aswaja atau as-Salafy? Beda lho…

  29. Situs/blog http://shahihbukhari.wordpress.com milik orang2 ingkar sunnah. tidak perlu dikomentari lagi.

  30. hmmm…nt bedebat ga bakal ada ujungnya.. udah,sing sabar, beresin hati kita masing2 dulu ya.. biar klo mau dakwah ke orang juga enak..bukannya innama amalu bin niat..kalo ada orang niatnya macem2, ya orang2 berilmu seperti anda2 ini bimbing,gt aja ko repot.. kalo mau mendirikan makam unuk menghormati orang itu, untuk menjiarahi, untuk mendoakan, atau bertawasul ke Allah atas orang soleh yg d kuburkan,..monggo…mnurut ana sah2 saja..tp kalo niatnya mau minta berkah ke mayit di kubur, ya itu urusan Allah..neraka surga kita ga berhak nentuin loh,.. knapa?kita ini bukan tuhan,..malah mungkin hantu..toh seorang pelacur yang cuma kasih minum ke seekor anjing aja bisa masuk surga..mm.. tp jujur, dari hati terdalam ana pribadi, miris sih mendengarnya makam para sahabat di bongkar..waktu zaman Rasul makam nabi2 ga dirobohin,tapi knp kalian merobohkan??kita liat di akhirat yang paling benar itu golongan siapa, jawabannya nanti di akhirat, ga perlu di perdebatkan sekarang.. ana al faqir..

  31. Mana dalil Al-Qur’an dan Sunnah-nya? Orang yg ngaku Salafy kok sebodoh ini, berbicara tanpa ilmu, hanya bualan hawa nafsu, kebodohan, dan pendapat pribadi. Saudara Salafy atau Salaf-i (salaf imitasi). Saudara orang Syi’ah bukan? Ayoo..ngaku…?

    Kaum muslimin di Indonesia umumnya masih jahil terhadap agama mereka, jangan ditambah lg dgn kejahilan Saudara.

    Sesat dan menyesatkan….

    ———————
    Sastro Menjawab:

    Jangan hanya bisanya menggonggong saja mas…buktikan dengan menjawab artikel-artikel kami itu lho…!?

  32. semoga Allah menghindarkan kita sekeluarga dari paham salafy. ada teman pernah mimpi melihat salafy berpakaian gamis tapi rupanya hitam buruk dan menakutkan dengan seringai segala. pokoknya ngeri.
    Ya Allah jauhkan kami dari faham salafy sampai anak cucu kami, krn betapa besarnya penyesalan kami kelak di akhirat.

  33. Assalamualaikum , memang benar banyak sekqali perusak agama , jangan biarkan mereka merusak sunah nabi

  34. ya alloh ampunilah dosa orang2 yang berpikiran sempit seperti wahabi ini yang berani menghancurkan kuburannya sahabat nabi.syirik gaknya itu urusan alloh tapi menghancurkan makamnya sahabat rosul itu kurang ajar

  35. hei.. ngga’ usah belagu !!! dulu klo ngga’ ada orang2x sperti walisongo, lou pade mase kayak monyet.. dipohon2x..,

    gue yakin ini orang2x pada berjenggot kambing, celana jingkrang, sok alim, dahi yang biru-hitam banyak sujud (di itemin). yang gurunya tamatan mekkah… dan ulama rujukannya ( abdul wahhab, al bani, bin baz, dan kroni2x-nya),

  36. ass,setelah mmbca kitab tauhid,ushultsalasa,kayake g mungkin abdul wahab sesat,hadistny shahih2’dan bku bntahan kdua ktab trsbut belum ad,yang bner mn neh…?????

  37. maaf mas udinpedinda “gaya/cara” berkomentar anda bisa membuat anda dicurigai pingin merusak citra mas sastro cs. Walaupun pedas dan tajam mas sastro cs masih pakai bahasa santun tapi argumentatif. Anda seperti mendukung mas sastro cs, tapi gaya anda bs merusak citranya…anda bukan kayak orang kafir kan, yang menghancurkan umat islam dengan mendidik segelintir orang untuk ngebom dan berbuat hal-hal yang merusak islam? teknik dan gaya seperti ini kami paham…makanya tolong perbaiki gaya komentar anda….

  38. Assalamualaikum buat mas ahmad yang nulis PKS, PBB, PAN merupakan bagian dari salafy wahabi(posting komentar no 3) , mohon diberikan bukti-bukti yang kuat bahwa partai tersebut adalah bagian dari salafy wahabi.
    setahu saya PKS adalah partai yang selalu di cela dan di sesatkan oleh salafy wahabi, jadi mana mungkin bagian dari salafy wahabi, mohon diberikan bukti yang kuat. kalo tidak ada bukti lebih baik anda meralat tulisan anda sehingga tidak menimbulkan fitnah (ingat surat Al-Hujurat).
    terima kasih…

  39. ass, wah untung saya ketemu web ini kalo ngga, tambah buta ama akal2an wahabi…oh iya kok mesti kuburan yg di salahkan apa ngga aqidahnya ya……kalo soal syrik2 ngga usah ama kuburan juga bisa…make pentungan polisi juga bisa. macem2 aja nih wahabi. Dan ke kubur para sahabat ini bukan untuk minta2 tapi terimakasih kita berkat perjuangan mereka islam bisa seperti sekarang….aduh2…wahab…wahab…eh aby..aby…., Mas Sastro mudah2an ada lagi Sastro2 yg lain…hehehehe…Amin

  40. USUL BUAT PEMIMPIN INDONESIA

    sebaiknya di larang untuk membangun kuburan terutama di daerah JABODETABEK, lumayanlah areal pemakaman bisa jadi lahan resapan air, bisa sedikit mengurangi debit air saat terjadi hujan dan menjaga ketersediaan air tanah.

    barangkali ada yang mau membuat skripsi relevansi sunnah nabi “LARANGAN MEMBANGUN KUBURAN” dengan pemeliharaan lingkungan hidup.

  41. janganlah kita saling menyalahkan yaa akhi, musuh kita sedang tertawa melihat umat ini saling cakar.. dan wahai kaum salafi yang paling merasa benar, pahamilah Ilmu dari Allah dan Rasulnya, pelajari lagi Sirah Rasulullah dalam memahami, bahwa musuh kita bukan kaum bid’ah tapi Iblis dan Syetan yang selalu menjauhkan kita dari kebenaran sejati..
    keadilan itu di akhirat jadi jangan merasa paling benar dengan orientasi wahabi anda.. kuburan itu adalah sarana kita dalam berziarah, mengingatkan kita akan kematian yang membuat kita tidak sombong dengan ilmu yang kita miliki… sedikit akh.. sedikit… jadi jangan sombong..
    Al Haqqu mirrobbik, wala takunanna minal mumtarin..
    Allahu’alam bishshowwabb…

  42. as*****u’alaikum…
    sebenarnya, saya sangat berat mengucap salam kepada kalian, karena kalian adalah kaum penyembah kubur!
    namun demikian, kalian tetap kaum muslimin dengan syarat syahadah dalam dada kalian.
    foto pemakaman yang oleh para penyembah kubur dalih sebagai makam para sahabat, yang para penyembah kubur posting kan di atas itu, sebenarnya disuruh aja designer untuk membuatnya juga bisa.
    rujukannya dari mana? benar-benar ndak jelas rujukan penyembah kubur.
    para penyembah kubur itu cuma om-do, cuma olok-olokan saja. tidak ada dalil dari Al Qur’an dan As Sunnah yang shohih.
    pantas saja, lha wong penyembah kubur…
    bukan mentauhidkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam Sifat Uluhiyyah, Rububiyyah, dan Asma Wa Sifat-Nya yang Maha Mulia sesuai dengan apa yang Allah sendiri nyatakan dalam Kitab-Nya,dan dalam Sunnah Nabi-Nya yang mulia yang bebas dari apa yang disifatkan oleh penyembah kubur…
    Wahai Kaum Muslimin yang mengaku mentauhidkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala namun masih berkubang dalam kemusyrikan, maka apakah pantas kalian mengadakan kedustaan terhadap Allah dengan berbagai macam kedok yang kalian namakan “tawassul”, padahal sejatinya seandainya dibandingkan antara kekhusyukan solat kalian menghadap kepada Allah secara langsung dengan kekhusyukan jika saat kalian bersimpuh di depan salah seorang manusia yang sudah mati yang tidak dapat memberikan kemudharatan atau kemanfaatan sedikitpun kepada kalian,maka saya yakin lebih khusyuk saat kalian bersimpuh kepada manusia yang sudah mati!!!
    celaka kalian, masalah yang sudah gamblang seperti ini masih ada keraguan dalam hati kalian…
    wallahu musta’an.

  43. Diriwayatkan dari Ibnu Abbas Radhiallahu’anhu , ia berkata :

    “لعن رسول الله زائرات القبور والمتخذين عليها المساجد والسرج” رواه أهل السنن.

    “Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam melaknat kaum wanita yang menziarahi kuburan, serta orang-orang yang membuat tempat ibadah dan memberi lampu penerang di atas kuburannya.”(HR. para penulis kitab Sunan)

    Diriwayatkan dalam shoheh [Bukhori dan Muslim], dari Aisyah ra. bahwa Ummu Salamah ra. bercerita kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam tentang gereja yang ia lihat di negeri Habasyah (Ethiopia), yang didalamnya terdapat rupaka-rupaka (gambar-gambar), maka Rasulullah bersabda :

    “أولئك إذا مات فيهم الرجل الصالح، أو العبد الصالح بنوا على قبره مسجدا، وصوروا فيه تلك الصور، أولئك شرار الخلق عند الله “.

    ”Mereka itu, apabila ada orang yang sholeh atau hamba yang sholeh meninggal, mereka membangun diatas kuburannya sebuah tempat ibadah, dan mereka membuat didalamnya rupaka-rupaka, dan mereka sejelek-jelek makhluk disisi Allah”.

    Mereka dihukumi beliau sebagai sejelek-jelek makhluk karena mereka melakukan dua fitnah sekaligus, yaitu fitnah memuja kuburan dengan membangun tempat ibadah diatasnya dan fitnah membuat rupaka rupaka ( patung-patung ).

    ——————————————-

    Sastro Menjawab:

    Pak, hadis yang kata anda dari “para penulis kitab Sunan” (tanpa menyebut sunan apa aja itu…) itu sudah pernah kita telaah, silahkan anda buka dalam rubrik “Perempuan dan Ziarah Kubur”…

    Hadis yang kedua itupun sudah kita telaah dalam rubrik “Membangun Masjid di Sisi Kuburan”, silahkan anda baca lagi…

    Kelihatannya anda sangat bernafsu benar untuk menyamakan kaum muslimin dengan orang kafir ya..? Saran saya, silahkan baca semua artikel kami tentang hal-hal terkait, plus masalah tabarruk (1-9) dan masalah “Kerancuan Konsep Wahaby”…silahkan mencoba merenunginya, hitung-hitung untuk mendapat pelajaran baru yang tidak akan pernah anda dapati di pengajian Salafy Wahaby….

  44. masyaAllah ada yang berdoa supaya tidak jadi salafy bahkan sampai anak cucu tidak mau jadi salafy, padahal salafy itu kembali kepada al-qur’an dan sunnah dengan pemahaman para sahabat, yang kata rasulullah sebaik-baik masa. “ya Allah sang maha pembolak-balik hati tetapkanlah hati ini didalam agamaMu dan tetapkan hati ini untuk tetap menjadi seorang sunny salafy sejati. aamiin yaa mujibassailin. melihat blog ini saya hanya terperangah, kok ada orang yg seperti ini, yang menghina para ulama, bukankah salah satu ciri ahlul bid’ah wal ahwa adalah dengan menghina para ulama ahlus sunnah? atau memang yg menulis ini ahlul bid’ah.

    ————————————-

    Sastro Menjawab:
    Mungkin yang dimaksud adalah Salafy gadungan yang aslinya Wahaby itu lho mas….

  45. saya sangat miris ketika melihat mesjid agung yg termegah dikawasan asia tenggara telah terkonta minasi oleh virus mematikan wahhabi, banyak aspek yang telah dirubah wahhabi, bahkan mereka menyepelekan amanah para ulama terdahulu, saat ini yg terjadi di mesjid agung ini adalah praktek tata laksana ala wahhabi, sampai kapan ini harus terjadi?? yg pasti utk saat ini saya dan beberapa kawan disini masih melakukan perlawanan kalo perlu sampai penghabisan..

  46. Assalamuaalaikum wr wb,

    Mas Sastro mohon pencerahan denga hadis dibawah ini:
    Rasulullah Saw melarang mengapur kuburan, duduk-duduk di atas kuburan dan membina kuburan (dibangun dengan bata atau dengan ubin, dll) tapi berupa unggukan tanah saja setinggi satu jengkal. (HR. Muslim

    Terimakasih atas jawaban & penjelasannya

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:

    Walaupun topik ini belum secara detail kita bahas, namun ada beberapa hal yang sudah kita singung di kajian “Membangun Masjid di sisi kuburan”….

    Saya singgung sedikit tentang riwayat di atas. “Larangan” Rasul -di atas- tadi belum tentu menunjukkan “Haram”. Dalam beberapa riwayat “pe-makruh-an” pun seringnya menggunakan kata pelarangan juga. Apalagi kita tahu bahwa dalam al-Quran terdapat beberapa ayat yang membolehkan seperti kisah Ashabul Kahfi yang setelah meninggal makamnya dibangun, dan tidak ada teguran setelahnya dari Allah melalui ayat setelah atau sebelumnya. Begitu juga dengan sirah Sahabat yang membuktikan diperbolehkannya, seperti kisah pembangunan Ummul Mukminin Aisyah tembok di sekitar kuburan Rasul dan beliau melakukan shalat di sana pra dan pasca pembangunan tembok. (Lihat: Wafa’ al-Wafa’ karya as-Samhudi, jilid 2 halaman 544). Plus terbukti, tidak satupun para imam mazhab empat yang mengharamkannya….

    Lagi pula, pelarangan kuburan itu khan masih umum, berkaitan dengan kuburan umum…kalau kuburan para Nabi dan para kekasih Ilahi maka bisa menjadi obyek Syiar Ajaran ilahi yang sangat ditekankan dalam al-Quran untuk diagungkan (wa man yu’addzim Sya’arallah fainnahu min taqwal quluub). Ini argumen umumnya. Untuk detailnya akan kita bahas nanti.

  47. Assalamu ‘alaikum wr wb,

    Terimakasih atas dimuatnya pertanyaan saya dan jawabannya, saya menunggu detail pembahasannya Pak Sastro mengenai masalah ini dengan sabar.
    Karena kami sangat membutuhkan argumen (dalil tsb) untuk menjawab 5 dari 7 saudara kami yang sudah terimbas Salafy tsb.

    Padahal pesan orang tua kami didalam wasiatnya agar membuatkan kijing (batu nisan disekitar kuburan) kpd beberapa keluarga yang sudah meninggal.

    Terima kasih dan mudah-mudahan pak Sastro diberikan berkah kesehatan dan juga kesabaran dalam menjawab.

    Wa ‘alaikum salam wr wb

  48. eh koen ga usah kakean omong,cepetlah tobat sebelum ajal dijemput malaikat maut

    ————————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Lek bodoh gak iso njawab meneng ae koen….engkok tambah ketok bodohe ngarepe wong akeh:P

  49. semoga Wahabi mendapat hidayah, saya kira mereka lebih sibuk mengkafirkan muslim dari pada menyejukkan umat dan memajukan islam. Ada suatu nasehat dari seorang Ulama yang menyatakan” bahwa suatu dalil, meskipun itu bersumber dari quran dan hadist jika yang mendorong adalah hawa nafsu(ngafir2in sesama muslim, bidah2h-in, maka pecahlah seluruh langit dan bumi(kerusakan di mana-mana). ya begitulah yang dilakukan wahabi selama ini. dialog sampai kapanpun ga akan selesai ma mereka.perlu seratus tahun lebih untuk membersihkan racun dari jiwa mereka yang selalu merasa yang paling benar.Boleh sih merasa yang paling benar tp jangan buat umat Islam ini resah untuk konsumsi sendiri saja bg golongan Wahhaby. Ingat Wahaby adalah golongan minoritas dalam agama ini.lebih baik wahhaby niru muhammadiyah saja di bidang sosial gt daripada mengkafir2kan saudaranya sendiri:), lebih bermanfaat untuk umat ini.

  50. Ass. Mbah Sastro gundul,
    Ana jadi ngerti sekarang mengapa Indonesia kita seperti sebuah negara yang dikutuk dan dilaknat…mengapa? Karena dimana2 Allah SWT disekutukan dengan penyembahan kubur yang berlebihan. Dari kecil,ana bagian dari kaum2 penyembah kubur sampe2 begadang semalaman ngalap berkah Sunan Kudus….tapi apa yang ana dapet?kenistaan dunia belaka.
    Alhamdulillah, ana sudah lepas dari masa2 suram itu dan hidup lebih diberkahi dengan beribadah seperlunya sesuai dalil, tidak berlebih2an yang menjatuhkan pada dosa dan kesyirikan.
    Ana setuju kalo semua kubur2 bercungkup di negeri kita DIRATAKAN SAJA agar penyembahan hanyalah kepada Allah semata dan bukan penghuni kubur. Jangan lagi perbodoh umat yang SUDAH BODOH ini. AMIEN.

    ———————————————————

    Sastro Menjawab:
    mbak Dewi yang baik, jangan terlalu terbawa emosi akhirnya lihat, ucapan mbak nampak ngacau dan tak terarah begitu…sekarang mbak tanyakan kepada mereka yang mbak anggap sebagai ‘Penyembah Kubur’ itu, apakah mereka meyakini ‘sifat ketuhanan’ kuburan atau penghuni kuburan itu atau gak? Trus menurut mbak sendiri, apa tolok ukur ‘peribadatan’ (penyembahan) itu sehingga mbak menuduh mereka ‘penyembah kuburan’? Kalau anda tidak tahu, maka ‘diam’ akan lebih menyelamatkan anda, daripada anda menuduh yang anda sendiri gak tahu apa-apa tentang yang anda tuduhkan tersebut…jadi mbak, jaga pikiran, hati dan perasaan anda…insya Allah akan memberi hidayah khusus kepada kamu. Cobalah!

  51. Ass. Mbah Sastro gundul yang baik,
    Justru karena keterangan “ulama” ana yang menyatakan bahwa kalo ngalap berkah di Sunan Kudus (dulu)dapat menjadi wasilah bagi terkabulnya niatan kita itu yang membuat ana dulu percaya 100% akan terkabulnya doa ana.Belakangan ini baru ana ketahui, bahwa ana telah merampas hak Allah SWT sebagai satu2nya Rabb tempat kita meminta dan bergantung kepadaNya, tanpa sekutu apapun, apalagi makhlukNya.Siapa yang bisa menjamin kebenaran cerita bahwa penghuni kubur itu lebih sholeh dari kita sendiri?jangan2 cuma cerita berlebihan yang biasa dituturkan orang2 tua kita dulu?
    Kristen tersesat, juga karena mereka mengagungkan kubur2 Rahib mereka dan bahkan Basilika St Petrus sendiri diyakini (oleh mereka) suci karena dibawahnya dikubur Rasul Petrus murid Yesus?(kebohongan yang terungkap karena diketemukannya makam Petrus di Yerusalem).
    Jadi,kalo begitu keyakinan mereka bahwa untuk meminta harus memakai wasilah kita adopsi juga dong?hayo..gimana tuh?koq malah ngikuti orang2 Kristen yang dinash “Adh-Dhollin” itu?
    Kalo yang ana dapat dari ngaji ke ustadz ana yang baru itu, bahwa agar lebih selamat dari syirik, beribadah dan memintalah HANYA kepada ALLAH SWT saja.Seperti QS Al-Ikhlas gitu. Selebihnya, hanya membuka jalan dan pintu menuju kesyirikan saja.
    Jadi, mari kita beramai2 bikin gerakan untuk menghancurkan cungkup2 dan kuburan2 yang disembah2 dan (mungkin) dipertuhankan, sehingga ibadah yang seharusnya dilakukan di masjid saja, tidak lagi dilakukan di kubur2.Apa mbah Sastro rela kalo nanti mati, sampeyan dicungkup dan disembah2 juga?padahal, kayaknya mbah Sastro ini juga gak lebih baik dari ana….he.he.

    ———————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Baca lagi dech artikel2 kami yang berkaitan tentang kuburan itu…apakah sama antara muslim dengan Kristen yang dilaknat oleh Rasul dalam memperlakukan kuburan para rahibnya? Adakah orang muslim menyembah (meyakini ketuhanan) penghuni kubur itu? Ini salah satu bentuk kerancuan berpikir anda dalam menerapkan teks-teks hadis yang jelas itu.

  52. Yang saya lihat di foto (ada yang lebih gede lagi gak fotonya?), cuma bangunan2nya aja deh yang dihilangkan (perusakan bangunan). Tapi kalau makamnya… gak ada yang rusak tuh saya liat (difoto). Cuma rata saja sama tanah. Kecuali mas sastro punya foto makam (bukan bangunan) yang di rusak, mungkin makamnya berlobang-lobang diancurin gak keruan, tulang belulang berserakan atau semacamnya lah.

    Biasa nihhhh nanya lagihhhh…

    Jadi yang bener perusakan bangunan atau makam mas? Biar gak rancu aja gituh mas.

    —————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Anda bermain dengan kata-kata mas….silahkan lihat kembali artikel ttg “Membangun Masjid di sisi kuburan”, dan nanti akan kita bahas ttg legalitas membangun kuburan dan kesalahpahaman Wahhaby ttg riwayat penghancuran kuburan dari sayyidina Ali yang selalu mereka jadikan andalan itu…

  53. mas wahabi, sory n maaf banget neh nte bukan sibuk ngurusin kader Politik (PKS) nyari kursi jabatan y gila dunia donk :), apa lagi mau pemilu neh pasti lebih sibuk cari calon legislatif n kampanye jangan lupa anak nte / family d bawah umur di ajak :) , group ente tega ya gusur makam para wali n sahabat klo ente punya leluhur makamnya d gusur gmna hati ente bisa terima, seumpama ente daa modar nte pengen apa anak cucu ente ga ziarah ke makam ente, sory neh mas wahabi……

  54. mungkin hanya bangunan diatasnya yg dihancurkan mas, seperti yang diucapkan Imam Asy Syafi’i :
    “ Saya suka kalau tanah kuburan itu tidak ditinggikan dari selainnya dan tidak mengambil padanya dari tanah yang lainnya . Tidak boleh ditambah dr tanah lainnya menjadi tinggi sekali dan tidak mengapa ditambah sedikit saja disekitarnya “ .( Syarah Muslim: 2/666) ( manhaj Imam asy-syafi’I fi itsbat al-aqidah: 1/257)

    —————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Ha ha ha Trik kuno Wahaby dalam mencari pembenaran..
    Lihatlah denga seksama, teliti dan kritis…apakah teks Imam Syafi’i itu mwembuktikan PENGHARAMAN MEMBANGUN KUBURAN? Ataukah hanya SARAN untuk tidak membikin gundukan di atas kuburan?

  55. Bukankah sudah ada hadistnya mas tentang membangun di atas kubur, dan saya yakin, para sahabat dulu pasti gak ada yang didirikan bangunan di atas kuburnya. Tren mbangun kuburan kan setelah muncul bidah2 yang anda sukai itu kan. Anda menulis artikel berdasar nafsu bidah anda tanpa dalil.tolong belajar lagi

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:
    Mas, itu sudah kita singgung di artikel sebelumnya…coba dech anda lihat!
    Mas, ketidaktahuan akan dalil berbeda dengan ketidakadaan dalil. ketika anda belum menemukan dalil maka keburu menvonis bid’ah. Itu sembrono namanya. Keburu menjatuhi vonis bid’ah juga bid’ah lho…

  56. Mas mau nanya,

    Anda mendukung syariat Islam ditegakkan di Indonesia gak?
    Tentang PKS dan orang tarbiyah, bagaimana pendapat anda?
    setahu saya mereka juga menentang bid’ah-bid’ah yang ada, tentang kuburan dan tawasul, dll Apakah anda juga merasa mereka salah?

    —————————————————

    Sastro Menjawab:
    Jawaban sudah jelas…tingal anda lihat argumentasi mereka dan bandingkan!

  57. yang dihancurkan itu bangunan diatasnya , bukan kuburannya. klo bangunan diatasnya memfasilitasi kesyirikan , ya mesti dihancurkan . wajar dahulu Rasulullah SAW melarang berziarah, krn ditakutkan pemikiran umat dahulu seperti anda sekarang mas sastro

    —————————————————————

    Sastro Menjawab:
    Apa hubungannya diperbolehkan ziarah dengan membangun kuburan? Kalau membangun kuburan dilarang maka sejak dari zaman sahabat kuburan Rasul (bangunan di atasnya) sudah diratakan oleh para Salaf Saleh…eh kok malah khalifah pertama dan kedua minta dimakamkan di sisi Rasul yang dalam bangunan? Apakah anda berani menyalahkan para Salaf Saleh, terkhusus khalifah pertama dan kedua?
    Kalau mau hancurkan dulu kuburan Rasul….khan di sana Wahaby berkuasa? Kalau di sana saja gak berani maka jangan berharap anda akan berani di Indonesia yang anda sangat amat minoritas….plus gak punya landasan dalil yang kuat.

  58. mas sastro kayaknya ga mau ngerti keadaan yg terjadi di masyarakat indonesia ini ,banyaknya yg ngasih sesajen di kuburan2, tempat2 kramat , atau membuang sesajen ke laut. semua mas sastro ingkari.bukankah sebaiknya mas sastro mendakwahi mereka atas kesyirikan mereka dr pada mau ngadu ilmu agama dg Ulama sekelas Ibnu Taimiyah atau Muhammad bin Abdul wahab. apa ga sebaiknya ngaca diri dlu mas

    ———————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Anda mau samakan antara muslim dengan mereka yg suka ngasih sesajen itu? Salah besar anda…ini termasuk kerancuan pengikut sekte wahabisme, menyamakan antara kaum muslimin dengan kaum musyrikin…ya emang dari sononya Wahaby kayak gituan sich..

  59. Ass, Alangkah indahnya, bila makam Sunan Ampel, sunan Giri, Sunan Bonang dan yang lain-lain rata dengan tanah..

    Sehingga tidak ada lagi penghambaan kepada selain sang Khaliq, tidak ada lagi orang yang meminta “Berkah” dengan kedok ziarah, oh.. alangkah indahnya..

    Semoga hal itu bisa segera terwujud… Setuju?? Tentu!!

    ———————————————
    Temen Sastro Menjawab:
    Makam Sunan Ampel sudah rata dengan tanah dari semenjak beliau dimakamkan di sebelah masjidnya di Surabaya sana. Ini menunjukkan si Kliwon adalah penganut Taqlid sejati – qoola wa qiilaa saja.
    Kalau anda mau lebih meratakan lagi maka, bersiap-siaplah menghadapi pasukan ASWAJA….kuburan manusia berbeda dengan kuburan kucing mas!?

  60. Jelas bak mentari di siang bolong, purnama dikelam malam. Wahabi hanyalah sebuah tameng kelanggengan kerajaan bin saud, bin laden & bin abd wahab. Lihatlah Irak,Afgan,Palestina (& Iran menyusul) adalah korban sandiwara keji bin laden+bin saud+bin bush.. Tanya kenapa?Telaah lah… Negara2 tsb merupakan negara penentang wahabisme. Bin Laden sendiri turun temurun merupakan anggota kerajaan bin saud. Telaah kasus osama,sadam. Sadam gampang ditemukan,kenapa osama gak bs?Sbab osama adalah rekaan belaka. Lihatlah betapa osama bgt pintarny menghancurkan amrik smntara israel dibiarkan bgtu saja??? Sandiwara besar melanggengkan kekuasaan dg doktrin permunian islam guna menghancurkan negara2 islam penentang wahabi. Terus berjuang saudaraku…Bongkar semua kebohongan wahabi.

  61. mbah sastro, kapan anda bertaubat?

    ———————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Ketika Wahabisme sirna dari muka bumi maka saya baru akan ‘bertobat’ untuk memerangi Wahaby. Karena gimana mau memerangi kalau yang diperangi gak ada….:)

  62. saya kira, meratakan baqi dengan tanah seperti gambar di atas tidak cukup efektif untuk “memusnahkan” para kaum penyembah makan seperti yg dikatakan kaum wahabi…itu malah hanya membuat mereka terlihat tercela, tidak sopan dengan meratakan makam baqi`. ..kita lihat lah…ulama dahulu sepakat untuk membangun makam sedemikian rupa sehingga nampak indah. menjadikan sesuatu menjadi indah itu sangat disukai Allah karena Allah sendiri mencintai keindahan.. tentu apabila membangun baqi adalah syirik mana mungkin para salaf al shaalih sepakat untuk membangun baqi sehingga demikian megah…apakah mereka lebih bodaoh dari ulama sekarang? tentu tidak, kita yang sekarang sedang debat tak menentu ini yang lebih bodaoh dari mereka? zaman mereka lebih dekat dng rasul, dan mereka adalah ulama2 besar yang diridhai Allah…imam syafi`i saja gemar berziarah dan mengkhatamkan al quran di makam ulama, kenapa kita skarang mengkafirk2kan para peziarah…umat islam yang gemar berziarah saya kira bukan orang2 bodoh….memang ada segelintir yang sedemikian rupanya mengagungkan kuburan sehingga jatuh kepada syirik, namun bukan berarti kemudian melarang berziarah, membaca al quran, dan berdoa di pekuburan..apalagi dengan meratakan kuburan dng tanah seperti itu, itu tak akan memberi manfaat apa2 bahkan akan terlihat tercela…….aneh2 saja orang yg mengaku “memurnikan ajaran allah” itu…merujuk suatu pemikiran ya harus memperhatikan banyak hal, rujuklah seperti imam2 terdahulu, imam syafii, ahmad, malik, hanafi, dll yg telah diakui..bolehlah kita merujuk ulama sekarang selama ulama itu merujuk pula dengan para imam…karena para imam adalah penyambung ajaran Rasul yg telah diakui sambungannya sampai rasul…kalau sekarang ada yang tidak sependapat dan bahkan menjelek2kan para imam, maka sudah pasti tanpa diragukan lagi mereka bukanlah ulama,tetapi perusak…ulama yang baik dan punya ikatan dng rasul pasti akan mengikuti para imam, karena mereka adalah pewaris rasul yang mulia. …karena itu untuk apa menghancurkan kubur seperti itu? apa para imam pernah menghancurkan kubur sahabat di baqi sebelumnya dan meratakannya dengan tanah? oh tidak, mereka sangat menjaga keindahan makam,,,,dan untuk apa to menghancurkan makam seperti itu? apakah dengan begitu para pelaku syirik bisa berhenti? tidak…bukan begitu cara meluruskan pelaku syirik…namun dengan jalur pendidikan yang baik, penjelasan yang santun, ,,,,,,,,umat islam mbok yang sopan salma para ulama, santun sama sesama, jng MUDAH MENGATAKAN KAFIR DAN MUSRIK KEPADA SESAMA MUSLIM APALAGI MENYALAHKAN ULAMA2 YNG TERDAHULU…KARENA APABILA ITU DILAKUKAN MAKA JELASLAH YANG SEBENARNYA SALAH ITU YANG MENYALAHKAN…HATI2 PULA MENGHARAM2KAN AMALAN PARA ULAMA DAN SHALIHIN…APABILA HATI MEREKA TERSINGGUNG, MAKA ALLAH PASTI AKAN TERSINGGUNG…Karena itu yang slow lah…..

  63. sebenarnya biarkan aja wahabi itu gak penting2 amat,sekarang selamatkan diri masing2.kuu anfusakum wa ahliikum naaro.wahabi itu sudah di nash dalam hadis rosul.coba kang sastro mereka2 itu di hujah oakai dakil aqli/akal.orang2 wahabi itu pintar2 tapi sayangnya akalnya gak di pakai

  64. Kuburan walisanga lbh baik dihancurkan drpd dijadikan sarana bid’ah dan syirik.!

    ——————————

    Sastro Menjawab:
    Kalau kalian berani atau bosan hidup maka lakukanlah wahai para pengikut Wahaby…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: