Pengkafiran Wahhaby (1); Muhamad bin Abdul Wahhab Menganggap Para Ulama Musyrik

bin-baz-si-buta-hati-dan-mata.jpg
Kali ini, kita akan menjadikan buku karya Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim al-Hambali an-Najdi yang berjudul “Ad-Durar as-Saniyah” sebagai rujukan kita. Dalam kitab tersebut, penulis menjelaskan beberapa redaksi langsung dari Ibnu Abdul Wahhab yang dengan jelas dan gamblang membuktikan bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab telah mengkafirkan banyak dari kaum muslimin, yang tidak sepaham dengan pemikirannya.

——————————————————————————–


    Bukti Lain Pengkafiran Wahhaby;

    Muhamad bin Abdul Wahhab Menganggap Para Ulama Musyrik (1)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sekte Wahabi adalah sekte yang memiliki kekhususan tersendiri dari kelompok muslim lain, yaitu pengkafiran. Setelah kita mengetahui beberapa bukti pengkafiran Muhammad bin Abdul Wahhab terhadap para ulama, kelompok dan masyarakat muslim selain pengikut sektenya, kini kita akan melihat kembali beberapa teks yang dapat menjadi bukti atas pengkafiran tersebut. Kali ini, kita akan menjadikan buku karya Abdurrahman bin Muhammad bin Qosim al-Hambali an-Najdi yang berjudul “Ad-Durar as-Saniyah” sebagai rujukan kita. Dalam kitab tersebut, penulis menjelaskan beberapa redaksi langsung dari Ibnu Abdul Wahhab yang dengan jelas dan gamblang membuktikan bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab telah mengkafirkan banyak dari kaum muslimin, yang tidak sepaham dengan pemikirannya.

Kita akan mengambil beberapa contoh yang dinukil dari kitab di atas dan sedikit memberikan komentar sesuai dengan apa yang dinukil oleh penulis;

1- Muhamad bin Abdul Wahhab Mengaku Pemilik Ajaran Tauhid Sejati

Ternyata fenomena mengaku-ngaku sebagai satu-satunya pemilik ajaran Tauhid para pengikut sekte Wahhaby itu bermula dari pendirinya, Muhammad bin Abdul Wahhab. Dengan begitu akhirnya mereka tidak menganggap konsep Tauhid yang dipahami oleh ulama muslimin lain (Ahlusunnah), karena sikap keras kepala dan merasa paling benar sendiri.

Kali ini, kita akan lihat ungkapan Muhammad bin Abdul Wahab berkaitan dengan dakwaannya atas monopoli kebenaran konsep Tauhid versinya, dan mengaggap selain apa yang dipahami sebagai kebatilamn yang harus diperangi:
…Dahulu, aku tidak memahami arti dari ungkapan Laailaaha Illallah. Kala itu, aku juga tidak memahami apa itu agama Islam. (Semua itu) sebelum datangnya anugerah kebaikan yang Allah berikan (kepadaku). Begitu pula para guru(ku), tidak seorangpun dari mereka yang mengetahuinya. Atasa dasar itu, setiap ulama “’al-Aridh’” yang mengaku memahami arti Laailaaha Illallah atau mengerti makna agama Islam sebelum masa ini (anugerah kepada Muhammad bin Abdul Wahhab, red) atau ada yang mengaku bahwa guru-gurunya mengetahu hal tersebut maka ia telah melakukan kebohongan dan penipuan. Ia telah mengecoh masyarakat dan memuji diri sendiri yang tidak layak bagi dirinya.” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 51 )

Dari ungkapan di atas telah jelas bagaimana Muhammad bin Abdul Wahhab telah melakukan:
a- Mengaku hanya dirinya (monopoli) selama ini yang paham konsep Tauhid dari kalimat Laailaaha Illallah dan telah mengenal Islam dengan sempurna.
b- Menafikan pemahaman ulama dari golongan manapun berkaitan dengan konsep Tauhid dan pengenalan terhadap Islam, termasuk guru-gurunya sendiri dari mazhab Hambali. Apalagi dari mazhab lain.
c- Menuduh para ulama lain yang -versinya- tidak memahami konsep Tauhid dan Islam telah melakukan penyebaran ajaran batil, ajaran yang tidak berlandaskan ilmu dan kebenaran.
d- Hanya dirinya yang mendapat anugerah khusus Ilahi itu. Dan dirinya pulalah yang berhak mendapat pujian, baik di dunia maupun di akherat. Karena tentu kebatilan -versinya- mustahil akan menjanjikan keselamatan dan kebahagiaan sejati di akherat.
Dari ungkapan Syeikh Wahhabi itu maka janga heran jika para pengikutnya pun hingga saat ini terus men-talqin-kan diri mereka telah selamat dari kesesatan pemahaman ulama-ulama yang tidak memahami konsep Tauhid -sebagai landasan utama agama Islam- dan segala hal yang berhubungan dengan pemahaman agama Islam. Dari sinilah pengkafiran kelompok Wahhaby dan monopoli kebenaran muncul di benak kaum Wahaby.

Dari situ maka jangan heran jika pelecehan terhadap para ulama Islam pun mulai gencar ia lakukan. Sebagai contoh apa yang telah disebutkannya:
Mereka (ulama Islam) tidak bisa membedakan antara agama Muhammad dan agama ‘Amr bin Lahyi yang dibuat untuk diikuti orang Arab. Bahkan menurut mereka, agama ‘Amr adalah agama yang benar.” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 51)

Siapakah gerangan ‘Amr bin Lahyi itu? Dalam kitab sejarah karya Ibnu Hisyam disebutkan bahwa; “ia adalah pribadi yang pertama kali pembawa ajaran penyembah berhala ke Makkah dan sekitarnya. Dulu ia pernah bepergian ke Syam. Di sana ia melihat masyarakat Syam menyembah berhala. Melihat hal itu ia bertanya dan lantas dijawab: “berhala-berhala inilah yang kami sembah. Setiap kali kami menginginkan hujan dan pertolongan maka merekalah yang menganugerahkannya kepada kami, dan memberi kami perlindungan”. Lantas Amr bin Lahy berkata kepada mereka: “Apakah kalian tidak berkenan memberikan patung-patung itu kepada kami sehingga kami bawa ke tanah Arab untuk kami sembah?”. Kemudian ia mengambil patung terbesar yang bernama Hubal untuk dibawa ke kota Makkah yang kemudian diletakkan di atas Ka’bah. Lantas ia menyeru masyarakat sekitar untuk menyembahnya“ (Lihat: as-Sirah an-Nabawiyah karya Ibnu Hisyam jilid 1 halaman 79)

Jadi muhammad bin Abdul Wahhab telah melakukan:
a- Menyamakan para ulama Islam dengan ‘Amr bin Lahy pembawa ajaran syirik.
b- Menuduh para ulama mengajarkan ajaran syirik.
c- Menuduh para pengikut ulama Islam sebagai penyembah berhala yang dibawa oleh ulama-ulama Islam itu.

Dari sini jelas sekali bahwa pengkafiran Muhammad bin Abdul Wahhab terhadap para ulama dan kaum muslimin sangatlah nampak sekali sebagaimana matahari di siang bolong. Ia telah menvonis bahwa, siapapun yang memahami ajaran Tauhid ataupun pemahaman Islam yang berbeda dengan apa yang di otaknya maka ia masih tergolong sesat karena tidak mendapat anugerah khusus Ilahi. Ajaran itu dipastikan sama dengan ajaran syirik nan sesat sebagaimana ajaran ‘Amr bin Lahy, pembawa berhala ke kota Makkah. Itu karena, para ulama Islam meyakini legalitas ajaran seperti Tabarruk, Tawassul…dsb.

Bersambung….

About these ads

126 Tanggapan

  1. wah…wah…wah…benar-benar celaka si muhammad bin abdul wahhab ini!! laknat Allah dan Rasul untuknya dan para pengikutnya!!!

  2. Kalau menurut saya itu bukan kesombongan tapi justru perasaan/ungkapan merendah pada kehendak sang Khaliq. Dan juga bukan memuji diri sendiri sebgaimana pujian2 bathil dalm diba dan mailid2 syirkiyah.
    anda ini selalu mendramatisir perkara dengan anda sesuaikan dengan hawa nafsu yang agak ilmiah dikit donk….jd gak kentara juga ketidak mengertian (baca kedangkalan pemikiran)anda

    ————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    “Pujian batil di Diba’ dan maulid2 syirkiyah”…anda pernah dan paham gak pujian apa itu?
    Semua itu pujian untuk Rasulullah yang secara implisit maupun eksplisit dapat dkita temui dalam hadis dan riwayat para Salaf Saleh. Apakah memuji Rasul itu Syirik? Wah kalau begitu harus belajar lagi anda sama ustadz2 kaum Arab Masyayikh seperti anda, pilih yang pinter tapi….
    Anda tanya ustadz2 Masyayikh anda itu, pernah dengar sahabat yang bernama “Hassan bin Tsabit” gak? Bagaimana beliau memuji Rasul dengan bait2 syairnya yang Rasul pun senang mendengarkannya….perbanyak baca sejarah, jangan hanya taklid buta terhadap doktrin Wahaby yang gak mendasar itu.

  3. Salam Kang Sastro……….

    Artikel baru yang ini pasti bikin tambah kaum wahaby kalang kabut. Gimana nggak….lhawong dari semua artikel yang Kang Sastro tulis, sepanjang pengamatan saya belon ada tuh sanggahan dan bantahan terhadap artikel2 tersebut dari kaum wahaby. adanya cuma ngedumel nggak karuan. cobalah kalian/wahaby baca dengan seksama semua artikel yang ada berikut nash2 dan dalil yang digunakan kang sastro.klo emng kalian mampu dan bisa, bantah dong dengan nash2 dan dalil juga(sing tepat).

    Buwat Kang Sastro…….makasih poshtingan trebarunya. zaalut abezzzz……..
    teruskan perjuangan
    tegakkan kebenaran
    mereka/WAHABY cuma AHLI DEBAT , bukan AHLI ILMU
    Kami mendukung perjuanganmu Kang Sastro…
    Wassalam

  4. (al)-Amar (bil)-ma’ruf dan (an)-nahyi (‘anil)-munkar adalah wajib kifayah yang jika telah dan terus dilakukan oleh sebagian kaum muslimin maka yang lain terwakili. Jika tidak ada sama sekali, berdosalah semua. Saya mengucapkan setakterhingga terima kasih kepada pak Kiai Sastro (nama aslinya? atau ada yang lain yah? Bisa dikirim ke email saya?) karena telah dan masih terus mewakili kaum muslimin (mudah-mudahan saya termasuk di dalamnya) ber-amar ma’ruf dan bernahyi munkar dengan mengungkap via blog ini kemungkaran-kemungkaran Ben Wahhab biang keladinya “agama” wahabi/salafi, berikut menjelaskan kema’rufan-kema’rufan Agama Islam dengan hujjah-hujjah naqliyyah dan aqliyyah yang membuat penganut wahhabiyyah hanya bisa marah.
    جزاك الله أفضل الجزاء في الدنيا و يوم الجزاء

  5. seandainya saya hidup dizaman si idiot ini (Muhammad bin abdul wahhab)..udah saya tebas batang lehernya!!!! ya ALLAH laknat dan murkailah si ifrit dan pengikutnya ini!!

  6. BENER IBN TSABIT MEMUJI NABI DAN MENGEJEK PENCACI NABI DENGAN SYAIRNYA, TAPI BANDINGKAN DENGAN SHOLAWAT2 SYIRKIAH YANG ADA YANG DIBILANG PUJIAN…?
    (MAAF MAS SAYA LUPA, TENTU AJA SAMPEAN KEBERATAN LHA WONG SAMPEAN SUKA PADABID’AH DAN KESYIRIKAN MAKANYA BILANG GAK ADA SHOLAWAT BIKINAN YANG MENGANDUNG KESYIRIKAN ATAU KEBID’AHAN) SEKALI LAGI MAAF….

    —————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Anda tahu semua bait syair Hassan bin Tsabit atau denger2 doang? Lihat lagi atau tanya jika gak tahu…jangan asal menghukumi sebelum dilihat….
    Buktikan dengan dalil bahwa itu bid’ah dan syirik, baru vonis…lha wong anda hobynya majlas doang kok sok tahu hukum bid’ah dan syirik….walafu

  7. Assalamualaikum…
    ana baru lihat blog antum..
    dan judulnya salafyindonesia.
    tapi ana lihat.. di blok antum terdapat foto makhluk.
    dan sudah jelas keharamannya tentang foto makhluk.
    wassalam..

    —————————————–

    Sastro Menjawab:

    Waalaikum salam
    1- Itu foto Bin Baz, bekas mufti yang diytklidi oleh kaum Wahaby…
    2- Kalau foto makhluk hidup haram, kenapa uang Saudi bergambar raja-raja Saudi, kok gak pakai gambar gunung saja…kenapa para ulama Wahaby diam saja? Apa hukum haram ada pengecualian, atau takut tekanan sang Raja?
    3- Apakah istilah Salafy harus mesti Wahaby, sejak kapan istilah Salafy dimonopoli oleh Wahaby..?
    Wassalam

  8. mas bidah itu kalau terjadi dijaman nabi pasti langsung ditegur beliau, tapi jika beliau mendiamkan artinya dibolehkan.karena beliaulah yang boleh melegalkan suatu perkara,( karena ada wahyu buat beliau) lha sekarang yang melegalkan bidah mungkar kamu itu siapa? apa habib@ alawiyin yang ngaku cucu beliau dan pegang kunci sorga?
    atau para dukun dijawa yang jadi tumpuan hati orang2? terus dimana letak sabda “barang siapa beramal dengan selain dari perintah kami akan tertolak”, atau ikutlah sunnahku dan sunnah khulafaurrasyidin setelahku”
    coba jelaskan kenapa bertentangan dg kelakuan anda dan habib2 alwyin mardud yang anda agung2kan itu???

    ———————————————-

    Sastro Menjawab:

    Wah, kok kayaknya semakin anda menulis komentar di sini semakin kelihatan bahwa nt bahlul….
    Lihat, apa kita gak ngasih bukti berdasarkan teks-teks yang ada di kitab standart Ahlusunnah…o ya sich aku lupa, kamu khan Wahaby, bukan Ahlusunah….emang, kitab Wahaby gak dalam kalau mengkaji suatu kajian makanya gak bakal nt temukan argumen semacam itu…
    Sekarang giliran nt, mana bukti bahwa Salaf Saleh melarang dan menyatakan hal itu sebagai Bid’ah, haatuu burhanakum in kuntum shodiqiiinn…! Jika anda gak mampu, maka bahlul nt nampak kuadrat…
    O ya, untuk masalah Alawiyiin atau yang dituduh dukun maka silahkan yang bersangkutan menjawab tuduhan Masyayekh bahlul satu ini….maaf, saya bukan dari golongan itu jadi gak berhak menjawab.

    • WAHAI BLOGGER………………………………………………………….

      BLOG INI ADALAH TEMPAT IBLIS BERSEMAYAM, DIA PANDAI MENYULUT ADU DOMBA KE SESAMA MUSLIM
      DIA TIDAK PANTAS DAN TIDAK LAYAK MEMAKAI NAMA ABU SALAFY KARENA DIA TIDAK TAHU SAMA SEKALI APA ITU SALAFY

      KALIAN WAHAI KAUM MUSLIMIN,

      JANGANLAH KALIAN SALING MENGHUJAT SATU SAMA LAINNYA DI KARENA PERBEDAAN YANG DIBESAR2KAN OLEH BLOG INI. UNTUK PERBEDAAN WALLAHU’ALAM

      INGATLAH DOSA UNTUK SETIAP KATA YANG TERUCAPKAN TANPA ADANYA KEBENARAN DAN ITU ADALAH FITNAH YANG BESAR

      HANYA KEPADA ALLAH KITA BERSERAH DAN MENYERAHKAN SEMUA KEBENARAN, CUKUP DENGAN KITA MENCARI KEBENARAN DENGAN CERITA ATAU KISAH YANG BERLAKU.

      KARENA DENGAN KITA BERSETERU DI BLOG INI, ORANG KAFIR AKAN BERTEPUK TANGAN DAN TERTAWA SERTA GEMBIRA KARENA BLOG INI JADI RAMAI

      ———————————————

      Sastro Menjawab:

      Eh yang teriak adalah pengikut Muhammad bin Abdul Wahhab An-Najdi yang lahir di kota Najd sebagai tempat kemunculan Sekte Setan, sebagaimana Hadis Rasulullah…MALING TERIAK MALING donk? Malu dikit bung…

    • lha bentoleb jg gak beramal pake amal rosul to?itu pke emosi,,wkwkwk

  9. @benthaleb
    jangankan memuji, mengenang jasa2 dan menghormati peninggalan Beliau Rasulullah SAW. Memahami ajaran Beliau aja ente belum becus. Jadi kita disini semua maklum aja dengan komentar ente yg cetek,alias kagak ada isinya. Jangan ikutan komentar disini kalo gak bisa kasih dalil, mau yg sahih menurut agama ente juga kagak apa2 deh. Yg penting secara ilmiah bisa dipertanggung jawabkan. Bisakah wahai benkaleb?

  10. kitab standard ahlu sunnah apa? dari awal selalu menyebutkan yang tidak sefaham dg ibn wahab. kalau yang antum tulis cuma argumen ahli bida’ah yang bathil buat apa mau difahami lagi karena argumen seperti yang antum sebutkan banyak dibahas di situs2 atau blog salafy.dan didalam durarussaniah disebutkan alasan ibn wahab mengkafirkan tapi disini tidak antum muat, seharusnya dimuat secara lengkap biar orang lebih tahu salah dan benarnya pengkafiran ibn wahhab itu. ini yang tidak ilmiah hanya hawa nafsu yang mengedepan bertentangan dengan prinsip antum yang mengedepankan keilmiahan. Mengenai memuji dan menghormati beliau bukan dengan berbuat bid’ah dengan sebesar2nya tapi sesuai alqur’an “jika kamu mencintai allah maka ikutilah aku” bukan “karanglah syariat dalam agamaku” jadi disini kelihatan bahwa dajaluddin bin mudzammam tidak ngerti tapi sok tahu cuma dengan menimpali ocehan antum yang seperti mengigau disiang hari.alhasil jika memang antum merasa ilmiah tolong dimuat alasan pengkafiran ibn wahhab atas ulama2 yang anda klaim sbg ulama aswaja. biar si mudzammam tahu bhw ibn wahab tidak cuma ikut pegang ekor sapi yang mau dibawa kepenyembelihan

    ——————————————

    Sastro Menjawab:

    Mana ada ulama Ahlusunah yang sepaham dengannya? Lha wong ayah dan kakaknya yang keduanya ulama Hambali aja gak sepaham kok….apalagi mazhab Ahlusunnah yang lainnya. MAkanya Wahaby itu bukan Ahlusunnah….sejak kapan mereka mau diaku sebagai Ahlusunnah? Kok enak….?!
    Atau yang nt maksud dengan sepaham artinya pengikutnya? Ya jadinya gak obyektif om…

    Gini aja, dari pada panjang lebar dimana komentar nt gak terfokus, nt sekarang cari buku saudara tua Muhammad itu, Syeikh Sulaiman dan pelajari dengan baik..kalau nt bisa berbahasa Arab lho…hatta nt Arab belum tentu bisa bahasa Arab khan? Nt bakal tahu apa argumen yang anti Wahhaby, dari keluarga terdekat Muhammad Wahhab aja dulu…baru nanti ke kitab lainnya.

  11. KATANYA TIDAK ADA SENSOR….

    ————————————-

    Sastro Menjawab:

    Apa harus tiap hari menanti komentar nt dan langsung menyetujuinya?
    Nt ini siapa? Ngaca dulu dong…waktu ana jauh lebih berharga dari pada nt!

  12. KATANYA TIDAKA KAYA BLOG SALAFY YANG SUKA NYENSOR ATAU JANGAN JANGAN SI SASTRO INI ANGGOTA LEMBAGA SENSOR INDONESIA !!!!!
    HAHAHAHAHAHAHA……………………..

    ———————————————-

    Sastro Menjawab:

    Nt kira kita gak ada kerjaan lain? Tuch buka lagi “Tentang Kami” di blog ini. Kami punya banyak kesibukan yang jauh lebih penting ketimbang meladeni orang yang gak pernah konsen dalam memberi komentar seperti nt…bukti konkrit bahwa nt bukan orang berpendidikan!

  13. masuk disini dan bikin komentar apa gak dihapus ya kalau berbeda pandangan?????????????????????????????????????????????????????????????????

    ————————————-

    Sastro Menjawab:
    Coba aja Nul…lagian kamu gak pernah lihat komentar2 sebelum kamu?

  14. BUAT SODARA BENTHALEB……..
    klo ngomong tuh hati2, karna setiap kata yang keluar dari mulut tuh sabda pandhita ratu. apalagi ini ngomong masalah agama, taruhannya dunia akhirat DAN SURGA NERAKA INI. ato anda akan menyesal dan sengsara seumur hidup dunia akhirat gara2 komentar anda yang menurut saya amat sangat tidak berpendidikan apalagi beragama dan bukan jiwa seorang muslim sejati YANG BERJIWA BESAR.
    Apalgi anda juga telah menghina para wali Alloh dan para habib yang jelas2 masih keturunan Rosululloh. KUWALAT 7 TURUNAN KAMU BENTHALEB……..
    apakah mata anda belum terbuka ato anda memang belom tahu bahawa ULAMA2 ANDA sendiri yang gembar genbor ini bid’ah itu bid’ah ( tawassul,qiroatul quran, usholli, tahlilan, maulid, barzanji, mengucap sayyidina, qunut subuh, dan masih banyak lg yang semuanya telah kalian cap sebagai bid’ah dan sesat )justru sekarang malah telah membuat bid’ah yang sesat, dan sangat sesat di tanah arab saudi sana, tempat jumroh, sa”i dan yang berkenaan dengan rukun ibadah haji telah dirubah dengan seenaknya, tanpa ada konsensus dengan umat islam seluruh dunia.apa islam itu cuma milik kalian ato orang arab saja. Bertobatlah benthaleb sebelum pintu tobat itu tertutup olehmu, dan saranku : mintalah maaf kepada orang2 yang telah anda hina sebelum musibah dan kesengsaraan itu datang bertubi2 ke anda gara2 lidah anda yang bego itu, karena beliau2 amat jauuuuuhhhhhhhhhh lebih baik n mulia disisi Alloh daripada anda.
    huhhh…ngakunya cinta Alloh dan Rosulnya, tapi buktinya malah menghina orang2 yang dikasihi Alloh dan Rosulnya.

    Buwat Kang Sastro…….
    semoga Alloh senantiasa membimbing, memberi petunjuk jalan yang lurus, memberi kekuatan dan kesabaran kepada Anda (SASTRO TEAM) dalam menegakkan kebenaran ini (ASWAJA AL AS’ARIYAH WAL MATHURIDIYAH ).

    Wassalam

  15. ah banyak sensornya jadi males bacanya….
    percuma dong diskusi kalo sensornya …. kyk gini :P

    ————————————

    Sastro Menjawab:
    Sensor? Emang kamu bicara porno sehingga harus disensor? :P

  16. Salut untuk kang sastro, wahabi ini memang udah terlalu merajalela. seharusnya mereka tahu kalau ada reaksi sesama umat islam seperti ini adalah karena kesalahan mereka sendiri yang amat gemar mengkafirkan orang lain. logikanya, agama ini kan milik ALLAH, jadi kalau kita hendak mengetahui yang mana yang sesat itu kita harus tanya sama yang menurunkannya. agama ini sebenarnya soal hati lah. dan kalau kita benar2 mengurusi hati kita ini masing2 rasanya ga ada waktu untuk mencaci, apalagi mengkafirkan orang lain. memang dakwah itu wajib, tapi bukan dengan kekrasan kan? berikan contoh sehingga orang tertarik. nah, siapa yang mau tertarik dengan agama yang menawarkan “perang” (bahkan sesama muslim) seperti wahabi?
    terkait dengan pendapat Muhammad ibn wahab yang merasa tidak ada yang memahami tauhid sebelum dia, c’mon,… rasanya terlalu naif. yang saya tangkap adalah keinginan besar untuk menggantikan kedudukan Rasulullah yang mulia Muhammad saw. dengan mensentralkan dirinya di seluruh alam, bahwa hanya pada dialah terdapat cahaya kebenaran.
    terlalu jelas untuk ditangkap, tidak perlu secerdas einstein untuk melihat besarnya kesombongan muhammad ibn wahab itu.
    mungkin hendak mengikuti leluhurnya yaitu musailamah al kazzab?
    ‘wallahu ‘alam bisshawab’

  17. [...] Indonesia Pengkafiran Wahhaby (2); Muhammad bin Abdul Wahhab dan Pengkafiran beberapa TokohPengkafiran Wahhaby (1); Muhamad bin Abdul Wahhab Menganggap Para Ulama MusyrikTabarruk 10 (Akhir); Menjawab Isu-Isu Sekte Wahaby tentang Legalitas [...]

  18. @abu zafran
    kalo ente gak suka gambar krn “haram” kenapa ente menjalankan aktivitas dakwah, bayar makan, nyimpen kekayaan, maisyah anak-istri pake OEANG ROEPIAH, ente doyan juga to ama namanya ROEPIAH!

    Kalo emang itu “haram” sini disedekahkan aja ama yang membutuhkan

    Hehehehehe

  19. kang sastro dan konco2 lainnya.. BID’AH KAFIR SYIRIK.. semuanya itu adlh senjata tuk cr penghidupan..bg pr WAHABIYYUN.. sekali ngmong Bidah dpt 20rb- Kafir 50rb- Musyrik 100rb… krn itu kt mesti memakluminya.. dalm sehr tanpa kata2 tsb.. penghsilan di kurangi…

  20. Subhanallah…terima kasih mas sastro, karena antum sangat membenci wahabi atau lebih tepatnya sheikh Muhammad bin abdul wahhab berikut buku-buku nya..saya jadi ingin tahu lebih dalam tentang beliau..

    ana beli buku-buku beliau dan ana bandingkan dengan komentar antum tntang beliau

    setelah saya pelajari ternyata ana dapat suatu kesimpulan yang jelas, ^_^ yaitu ilmu shaikh muhammad bin abdul wahhab jauh lebih tinggi dan lebih dalam dari antum,

    di dalam buku2 beliau selalu memakai dalil-dalil yang jelas dan sesuai dengan tafsir-tafsir para ulama terdahulu..semacam tafsir ibnu katsir dsb

    afwan ya mas sastro, itu pendapat dari saya..
    terima kasih!! ^_^

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:

    Silahkan saja, itu hak anda dalam menilai…cuman saran saya, bacalah buku syeikh anda itu dengan jiwa terbuka dan kritis, dan jangan segan-segan untuk membandingkan dengan buku2 lain yang mengkritisinya..di situ baru penilaian anda akan benar2 obyektif, tentu syarat untuk menjauhkan fanatisme trus harus dijaga…silahkan mencoba!?

  21. Alhamdulillah…, Ane Seneng Banget nih dengan adanya Blog ini. Benar-benar Sesuai dengan kenyataan yang ada. Coz selama ini ada golongan yang sukanya mencaci dan menjelek-jelekkan golongan lain yang bukan termasuk golongan mereka. bisa dibilang telah terjadi perang antar manhaj, padahalkan mereka Masih berpegang pada ALLAH dan RasulNya.
    sedangkan yang sudah jelas-jelas sesat ga ada tuh berita pencaciannya, sampai pada masalah berita penghinaan terhadap Rasulullah, mereka diam saja, padahal katanya pengikut Rasulullah dan para sahabat.
    tapi nyatanya lebih senang mencela sesama Muslim dari pada mereka yang telah sesat.
    dan ternyata biang keladinya dari Wahabi toh?!
    Wallahu’alam

  22. wahabi ni sarap, ga ada adab.
    buat pemberitahuan untuk semua orang, masayekh anti habaib, karena habaib dianggap menyebarkan kesesatan, bidah, ke syirikan.
    terutama syekh syekh wahaby yang tolol dari kalangan benthaleb, ente liat sana, benthaleb di hadramut, pada berguru ama siapa ? ama habaib disana.
    kalian yang di Indonesia aja yang hasud, iri, dengki ama habaib.
    mudahan Allah bukakan pintu ampunan buat ente.

  23. mulut orang wahabi semuanya rusak..jadi apapun yg keluar dr mulutnya, smuanya busuk.. salh satunya mulut bentolib tu..

  24. @Sdr2 kelompok pengikuti sekte Wahabi.
    Anda tdk menginginkan mazhab lain mencintai Nabi dg jalur memuji dan mengagungkan Rasulullah Muhammad Ibn Abdullah SAW, Rakhmat Lil Alamin. (mengadakan Maulid Nabi) ini saya sangat pd hal tdk ada satu Makhlukpun yg Allah ciptakan lbh mulia dr Rasullah. Tdk ada satu makhlukpun apakah nabi atau malaikat Yg apabila ada perintah Allah selalu nama Allah berdampingan dgn Rasulullah. Dan Allah tdk pernah memanggil dg nama bilau sdgkan semua nabi dipanggil dgn namanya. Setiap nabi apabila setelah berda’wah mengharapkan upah Allah. Sdgkan utk Rasul Allah perintahkan umatnya utk mencintai keluarganya. Tdk ada satu nabipun yg Allah dan Malaikat lebih dulu bersalawat kemudian umat Rasul. Disini kita lihat bagaimana kemulian Rasul dihadapan Allah. Pujian kpd Rasul oleh Allah? Banyak sekali. Lalu kita sbagai hamba Allah yg tdk memiliki apa2 sebagai bekal utk akhirat Tdk bisa memuji dan mengagungkan Rausl dg cara apa saja utk mengenang dan berusaha lbh mencintai Rasul yg Agung dan Mulia?
    Kemudian ada yg mengatakan kok Rasul memegang konci Langit dan Bumi. Orang bodoh dan jahil aja yg menolak. Bg yg menolak saya ingin bertanya: Klu anda ditugaskan utk membagi-bagi makanan yg ada digudang apakah bosnya yg pegang konci apa anda? Klu Rasul diutus sbg Rakhmat lil Alamin. Dan utk membagi-bagi Rakhmat yg Allah telah berikan Pad Rasul apakah koncinya tdk ada pd Rasul. Pakai Akal dong dan jg anda menilai Rasul sbg manusia biasa. Rasul seperti kamu tp tdk sama dg kamu

  25. Wahabi Sarap!!
    Sama ama syeikhnya mahnus bin abdulwahab.
    Dah enek aq ama wahabi,
    Naudzubillah,
    jangan ampe anak cucu kita ngikut si mahnus..
    Biang keributan,doyan perang,ama jangan ampe ketinggalan doyan dandanan dekil..
    Malu-maluin Islam aja nie golongan..

  26. MERAYAKAN HARI-HARI ALLAH.
    QS. 14 ( IBROHIM ) : 5 “Dan Sesungguhnya kami Telah mengutus Musa dengan membawa ayat-ayat kami, (dan kami perintahkan kepadanya): “Keluarkanlah kaummu dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dan INGATKANLAH mereka kepada hari-hari Allah”. Sesunguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi setiap orang penyabar dan banyak bersyukur. ”

    Umat nabi Musa disuruh Untuk MERAYAKAN diutusnya nabi Musa – KENAPA WAHABI MENOLAK UNTUK MERAYAKAN MAULID (KELAHIRAN RASULULLAH) YANG MEMBAWA RAHMAT BAGI SEMUA ALAM. Malah Menfitnah Syirik/musrik/bidah bagi yang Mereyakannya. TINGGIAN MANA DERAJAT Musa dengan Rasulullah saw?, aL-QUR’AN SUDAH MENYURUH KOK MALAH IKUT2 TAIMIYAH dan Antek2nya. Cape deh.

    QS. 5 ( AL-MAIDAH) : 114 “Isa putera Maryam berdoa: “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan MENJADI HARI RAYA bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau; beri rzekilah kami, dan Engkaulah pemberi rezki yang paling Utama”.

    Turunnya Makanan oleh Allah ke Umat nabi Musa aja disuruh dirayakan- APALAGI TURUNNYA RASULULLAH (PEMIMPIN SEMUA MAKHLUK ALLAH).
    Banyak Kelebihan Kemulian Rasulullah dibandingkan Makanan Umat Nabi Isa dan Nabi Musa – Dasar Wahabi Ingkar Qur’an dan Sunnah-

  27. Oh wahabi sadarlah sekarang juga janganlah engkau tukang hina org islam sep ulama. nabi saja tidak kau hormati ziarah ke kubur nabi kau larang. Kau sebenarnya sudah keluar dari jalur islam?Aku heran kenapa kau anti sama habaib. Apa kau termasuk bagian dari ciri kiamat yg suka membuat fitnah. Atau kau sdh bersekongkol dg dajal amerika dan israel untuk menghancurkan islam?

  28. Semoga ALLAH mengampuni dosa-dosa anda, karena antum telah melecehkan wali-wali ALLAH, yang seharusnya antum doakan. Ana berpesan saja: sebelum nulis kayak gitu mendingan antum intropeksi diri antum. Apakah antum sudah melakukan sunnah2 Rosulullah, seperti tidak isbal(memanjang celana dibawah mata kaki),pelihara jenggot, tidak berkhalwat dengan wanita, trus yang TERpenting jangan suka naruh GAMBAR makhuk hidup di web ini (jika antum ngaku ahlussunah).Ingat ttg hadits yg melarang memajang gambar makhluk hidup!!Bisa saja WEB BLOG ANTUM ini TIDAK BAROKAH karena terdapat larangnan ROsulullah yang antum kerjakan.MBAH SASTRO cepatlah sadar, sebelum ajal menjelang kepada antum…….
    mohon ditampilkan komentar ana ini!!!!!!

    —————————————–

    Sastro Menjawab:

    Terimakasih atas saran dan masukannya…
    Masalah makhluk bergambar, masih ikhtilaf dalam memahami hadis tersebut…saya memaklumi pemahaman kaum Wahabi yang cenderung teks books dalam mengambil pemahaman dari teks ayat maupun riwayat. Sehinga dari situ juga muncul akidah Mujassimah (Anthropomorpisme) kaum Wahaby dalam masalah ketuhanan. Ini semua berasal dari metodologi memahami teks. Namun tolong, jangan dipaksa kami memakai metodologi yang kalian pakai sehingga dampaknya nanti banyak, termasuk mengatakan Allah hanya ada di langit, Allah nagkring di Singgahsana kayak Raja, Allah berkelamin lelaki (bukan perempuan), Allah berjalan-jalan ke langit bumi dan singahsananya kosong gak ada yang nempati…dst.

    Dan yang harus anda ingat, keberkahan Allah akan muncul jika benar-benar berjalan di atas perintah-Nya, termasuk mengungkap sekte-sekte sesat yang mengatasnamakan Islam dan pemurnian Islam. Dan menurut kami, foto -sebagaimana kamera vidio- tidak termasuk yang dilarang. Yang jelas-jelas dilarang adalah mengkafirkan dan menuduh yang tidak berdalil terhadap saudara sesama muslim sehingga membikin mereka sakit hati. Adakah dosa menyakiti saudara sesama muslim itu ringan? Ini juga yang dilakukan Muhammad bin Abdul Wahhab terhadap para ulama Ahlussunah dan kaum muslimin…

  29. Muhammad ibn Abdul Wahhab pendiri Wahabi sepertinya mendapatkan ilham (bisa disebut wahyu mungkin) dari Iblis yang menolak bersujud kepada Nabiyullah Adam karena berdalih mentauhidkan Allah.

    Ketika Ibn ‘Abdul Wahhab berani mengkafirkan Quthubul Awliya Syaikh Sayyid Abdul Qadir Jailani, maka cukuplah itu menjadi pertanda siapakah Awliya Allah dan siapakah Awliya Syaithan (ibn Abdul Wahhab) yang mendapatkan wahyu dari Iblis.

    Untuk para pemuja Wahabi, bacalah kitab yang ditulis oleh adik kandung Muhammad Ibn ‘Abdul Wahhab, yaitu Sulaiman ibn Abdul Wahhab yang berjudul al-Shawaiq al-Ilahiyyah fi al-Radd ‘ala al-Wahhabiyyah.

    Mudah-mudahan Allah memberi Hidayah-Nya kepada semua pemuja Wahabi..

  30. ini blog pantasnya disebut sbgai blog nya org2 GGUUOOBBLLOOK macam sastro dkk.termasuk yg punya blog ini sendiri. maunya agama dipakai untuk SAKTI2an, dan kealiman orang diukur dgn KESAKTIANNYA. apa2an kalian ini semua.apa baru masuk islam atau belajar islam dgn niat merusak islam itu sendiri. Demi ALLAH saya berlepas diri dari kalian dan semua sesembahan kalian juga ucapan2 kalian yg kesemuanya hanya bertujuan merusak dienil Islam.

    —————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Apakah para ulama Ahlusunnah yang dikafirkan oleh pendiri Wahaby itu hendak sakti-saktian?

  31. seb.terms.
    ana bru bka ni blong n….. Bagussssss
    si abdul wahab memang orng yang so tau dri,dia mengaku adalh orng yang pling hbt d zmnyya tp- ternyata dia adalah orng terhina dngan fatwa2 sendri, untuk qaum wahabyyy ,jgn mnyebtkan sesuatu tnpa dsr
    klo nte mau tau maaf COLOR yng nte pke jga bid’ah

  32. assalamu’alaikum
    mas sastro, salam kenal sebelumnya, aku baru saja ditunjukin oleh temen chatt ku tentang tulisan mas sastro ini, kalau bolehbagi info, dimana aku bisa mendapatkan buku-buku yang mas sastro jadikan rujukan, aku tertarik banget tuk ngebacanya, selama ini aku sering kesulitan tuk ngedapatin buku-buku kontemporer yang berbasaha arab di indonesia, mohon infonya ….. jika bisa kirim langsung ke aku aku akan sangat berterima kasih, harga aku ganti deh, tapi jangan yang mahal2 ya, maklum mahasiswa, ga pernah punya duit banyak, thank, s , aku tunggu responya mas.
    wassalamu’alaikm

    ————————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Maaf sebelumnya mas…untuk pembelian buku2 yang kita jadikan rujukan, emang agak sulit atau bahkan gak bisa ditemukan di Indonesia.
    Selama ini, kami kumpulkan buku2 Wahaby langsung dari Saudi sewaktu kita haji atau teman2 kita yang berangkat Haji. Adapun buku2 yang mengkritisi Wahaby (tentu gak bakal kita temukan di Saudi) maka kita beli (via teman2) dari Beirut (Lebanon), Kairo (Mesir), Turkia, Yordan..dst. Dan semua itu akan menjadi referensi kami dalam mengkritisi Wahabisme. TEntu, kami masih terus menggalang buku2 yang kami perlukan, dengan dukungan dana yang terbatas…pelan2 asal terlaksana.

  33. assallamuallaikum,
    Setahu saya, orang-orang salafi atau wahabi, mereka bukan suatu sekte atau apapun itu, mereka adalah umat Islam seperti yang lainnya yang ingin menjalankan sunnah rasul dengan benar berdasarkan dalil-dalil bukan berdasarkan akal pemikiran semata, dulu saya juga sama dengan yang lain yang sewot dgn salafi, tapi ternyata mereka adalah orang yang berbicara atau berkata selalu ada dalilnya gak asal ngomong yang hanya mengikuti pemikiran sendiri alias logika pribadi. Mereka membangun Islam dari akhlak dulu yang sesuai dengan sunnah rasul bukan perkataan seorang kyai.

    ————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Waalaikum salam.
    Akhlak dulu, O ya? Apakah penekanan terhadap tauhid-syirik (versi mereka) yang kemudian dijadikan modal pengkafiran (menvonis musyrik) kaum muslimin itu tergolong akhlak Nabi? Pakai dalil dan gak ngikuti kyai (ustadz), yang bener? Trus dari mana bahwa dalil yang mereka pakai itu bener (sahih) kalau gak ngikutin kyainya? Tolong suruh kyai-kyai Wahaby untuk menjawab artikel2 yang ada di sini…gak usah banyak2, tentang Tabarruk aja dech dulu…kita tunggu.

  34. wahaby atau kalo di Indonesia wajahnya buaaaaanyak banget. walau mereka nggak ngaku wahaby tapi sifat-sifat wahabylah cara untuk mengenal mereka sebagai wahaby. sifat2 wahaby adalah. gampang bicara syirik, gambang bicara bid’ah, berpandangan kaku, suka ra’yu, keras dll. wujud mereka bisa berupa SALAFY, PKS, HTI, JAMAAH TABLIGH, JAMAAH MUSLIMIN, MUHAMMADIYAH, HIDAYATULLAH, DDII, LDII,LASKAR MUJAHIDIN, JAMAAH ISLAMIYAH ihwanul muslimin dll. Kelompok2 ini ditengarai dimanfaatkan oleh YAHUDI untuk memecah belah umat islam walau mereka ngaku anti yahudi, dan mereka ngaak sadar.

  35. ohya….. mereka utamanya salafy dan Jamaah Tabligh penampilannya norak, jorok, GALTEK. bisanya cuma jualan madu dan minyak wangi. majalah2 mereka adalah ASSUNAH, AL-FURQON. Eh…. wahaby itu semacam virus lho….. mereka itu men-JISIMkan Allah. mereka bilang Allah di langit. otak mereka udh keblingerrrrr. yang ada dalam otak mereka cuma permusuhan. perlu antum tau hai SALAFY kebenaran itu pasti landasannya CINTA dan KEBATILAN itu landasannya KEBENCIAN dan PERMUSUHAN

  36. wahaby KEPARATTT!!!!!!!!
    antum IBLIS berkedok WALY. keraskah hatimu hai manusia2 picik. tidak pernahkah engkau menangis menyaksikan penderitaan UMAT ISLAM yang nampak jelas di mata kalian. seharusnya engkau bersyukur nasi yang kau makan itu prosesnya melalui tangan2 dan keringat kaum muslimin yang engaku kafirkan dan engkau bid’ahkan iru. Bukankah daging, ikan, lauk pauk yang kalian nikmati dari kaum Nahdiyyin yang kalian musuhi itu. Bahkan baju, kendaraan, rumah, dan fasilitas2 yang udh kalian rasakan itu juga dari kaum Nashara bahkan Yahudi, Cina, Hindu, Budha dll. Bukankah mereka manusiaseperti kalian juga hai PENYAKIT….!!!!!

  37. Ahne…. bener2 Ahne!!!! ente memeluk agama kepada orang yang keturununannya ente benci. NAUDZUBILLAH MIN DZALIK. Ente bener2 SU’UL ADAB….. Bukankah kalian diperintahkan Allah SWT untuk mencintai kerabat Nabi. Ingat!!!!! QS Al-Syura 23. Perlu ente tau Syekh Syurkati Ulama kalian itu Budaknya Habaib. si Syekh bos ente itu akhirnya pindah ke Indonesia tapi kelakuannya tambah bengal. eh malah kerjasama dengan BELANDA lagi. Bukankah Al-Irsyad pernah dapat bantuan Finansial dari Belanda. Justru Habaib itulah yang berjuang mengusir penjajah Belanda dari bumi nusantara bersama masyarakat Indonesia lainnya. ana kasih tau ya…. ENTE CePET TOBAT DECH mumpung malaikat Izroil belum nyambangi ente.

  38. bismillah
    ana heran sama orang-orang di blog ini ( termasuk yang buat blog).
    Masyaalloh
    Kalian mengaku ASWAJA dan menjelek-jelekan Syaik Abdul Wahab seorang ulama ahlussunah besar.
    Dalam berdebat saling menghina orang yang tidak sepaham dengan kalian
    Afwan Mas Sastro daripada antum menjelekkan Syaik Abdul wahab mending antum tanya ulama yang lebih paham tentang agama.
    atau pelajari bukunya.
    atau ikut taklim bukan taklim yang isinya cuma debat masalah syareat islam tapi solat wajib 5 waktu dimesjid aja males.
    Jangan hanya denger dari kata si A kata si B
    Klo sama2 ilmu dangkal berdebat jadilah debat kusir yang sang ejek dan ga ada abisnya.
    kan antum bilang debat ini ngabisin waktu
    Belajarlah dari Abu al-Hasan al-Ash’ari
    awalnya dia membenci syaik Abdul Wahab setelah dia mempejari bukunya dia menjadi salah satu pendukungnya
    Dan keliatan sekali orang2 yang jarang belajar agama hanya bisa mengejek lawannya.
    Carilah kebenaran jangan mencari pujian yang ujung2nya riya
    klo lawan benar katakanlah yang benar

    BERKATALAH YANG BENAR ATAU DIAM

    —————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Awalnya saya salut kepada anda yang tanpa tedeng aling-aling ngaku Wahaby…ini baru jentel…
    Tapi, selanjutnya, waduuuuuuh koq memalukan gini tulisan komentar anda….Anda mengatakan; “Belajarlah dari Abu al-Hasan al-Ash’ari awalnya dia membenci syaik Abdul Wahab setelah dia mempejari bukunya dia menjadi salah satu pendukungnya“, lha anda tahu kapan Abul Hasan al-Shyari itu hidup dan kapan Muhammad bin Abdul Wahhab hidup..? Cucu Syeikh Abul Hasan Al-Ash’ari meninggal aja bapaknya Muhammad binAbdul Wahhab belum lahir, gimana mau ngikuti Muhammad bin Abdul Wahhab…? :P Om, jaraknya ratusan tahun tahu..:P. Makanya mas, perbanyak baca buku, baru komentar, apalagi pakai ID Ana Wahaby lagi…tambah malu-maluain aja om…:P

    Trus lihat, apa tulisan kami tentang Muhammad bin Abdul WAhhab itu gak berdalil dari karya ulama WAhaby sendiri? Trus apa Muhammad bin Abdul Wahhab kita biarkan mencela, menyesatkan dan mengkafirkan ulama Ahlusunnah dari empat mazhab, sedang sewaktu dia dibuka boroknya maka dengan serta merta para pengikut sekte Wahaby langsung menggongong gak karuan…? Mana bukti Wahabisme adalah Ahlusunnah?

  39. alhamdulillah
    allohumma sholi ‘ala muhammad
    walaupun saya ilmunya masih dangkal, kelihatan sekali kejujuran kang sastro perlu dipertimbangkan.

    ———————————————–

    Sastro Menjawab:

    Ali’tiraf sayyidul adillah…(pengakuan adalah sebaik-baik argument)
    Anda yang mengaku ilmu dangkal kenapa koq langsung menghukumi. Khan kalau ilmu dangkal harusnya ngecek dulu, paling gak tanya yang lebih pinter, bukan malah SOK PINTER…!

  40. Alah….pede amat ngaku wahaby, wahaby aja ngga pada akur kok, coba jelaskan wahai orang2 wahabi, salafynya siapa yang benar yang bakalan masuk sorga.emang sorga kaplinganya orang wahabiyah apa?????Najis mugholadoh deh ikutan wahabiyah

  41. Afwan mas, saya cuma nggak setuju kalau ada komentar wahabi dikaitkan dengan PKS, HTI, JAMAAH TABLIGH, JAMAAH MUSLIMIN, MUHAMMADIYAH, HIDAYATULiLAH, DDII, LDII. Coz ana orang Muhammadiyah. Setau ana, gerakan kami lebih terinspirasi Muhammad abduh dari Mesir daripada Wahabi. Kami memang mengkaji pemikiran Wahabi tapi bukan mengikutinya. Kalau ada gerakan TBC itu bagian masa lalu dan bukan semata-mata karena mengikuti Wahabi. Buktinya kami tak ragu mengembangkan fotografi, musik, dll yang diharamkan oleh Wahabi. Gimana menurut Mas Sastro?

    —————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Dari awal saya sudah menyatakan bahwa jangan disejajarkan (diidentikkan) antara sekte Wahabisme dengan organisasi, ORMAS, Partai….dst. Kalaupun ada sebagian anggota kelompok tadi yang mengikuti Muhammad bin Abdul Wahhab (Wahaby) maka tidak bisa digeneralisir…

  42. Assalamu’alaikum
    Mas, akidahmu itu kayak apa toh? Bisa tolong dijelaskan, supaya saya bisa membandingkannya dengan wahaby yang kamu musuhi. Harusnya ada satu link di webmu ini yang judulnya kurang lebih ‘Aqidahku’ yang isinnya list tentang sikap2mu disertai dengan dalil2 tentang hal2 yang terkait dengan tauhid dan apa2 yang menjadi kontroversi di web ini supaya saya dan pembaca lebih mantap gitu loh. Demikian. Terimakasih.

    Abdul Basith MA

    ————————————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Jika gelar MA anda itu benar, maka harusnya anda tahu bahwa akidah kami adalah yang kita kritisi dari sekte Wahaby…kami berakidah bahwa, tabarruk itu boleh, membangun kuburan itu boleh, memberi penerangan kuburan juga boleh, perempuan boleh ziarah…dst. Apa dalilnya? Silahkan baca argumen kami lagi….

  43. Bung Abdullah…

    Tolong Anda jangan ketularan ikut menuduh orang sembarangan.
    Masa Anda menuduh PKS, Muhammadiyah, Jamaah Tabligh sebagai Wahabi pendukung Muhammad bin Abdul Wahab???

    Coba tanya saja sama orang PKS dan Muhammadiyah, juga JT, apakah mereka menjadikan buku Wahabi sebagai referensinya? Tidak sama sekali.

    Jika Anda menganggap semua orang di luar Anda sebagai wahabi (salah) dan golongan Anda sendiri yang benar, lantas apa bedanya Anda dengan Wahabi?

    Tolong pelajari dulu, sebelum asal menuduh. Pahami juga ushul ‘isyriin dari Ikhwanul Muslimin, sebelum menuduh IM itu wahabi. Wong wahabi paling sering menyerang ikhwan sebagai ahlul bid’ah?

    Untuk seluruh saudara-saudaraku. Hindarilah kata-kata yang kasar dan rendah, tidak ada gunanya! Wa jadilhum bil-latii hiya ahsan…

    Selamat berdiskusi..

  44. Ass…. subhanallah, aku melihat di blog ini banyak ya, yang tidak akur gara-gara perbedaan pendapat pada suatu masalah?? yukkk…. kita intropeksi aja diri kita, kita bersihkan hati untuk tidak mencela,menyalahkan,menghina… klo emang wahabi tidak berfikiran/sejalan dengan kita, yang ahlussunnah wal jama`ah, kita doa_kan, biar pengikut itu kembali pada jalan yang benar, yang sesuai dengan Halaqah_nya Rasulullah SAW, mudah”an ukhwah kita terjaga… bagi yang faham melenceng, smoga Allah membersihkan HATI mereka untuk kembali kepada Ahlussunnah wal Jama`ah. jazakumullah…

  45. ya subhanallah…syaikh bin baz semoga Allah merahmatinya,
    betapa org2 ini melampaui batas mengatakan beliau dgn si buta mata dan hati..masya Allah…

    ———————————————-

    Sastro Menjawab:

    Semoga Allah sudi mengampuni semua dosa-dosanya yang numpuk itu…terkhusus dosa-dosanya terhadap kelompok muslim non Wahhaby…
    Anda tidak bisa memungkiri bahwa dia buta mata khan…? Itu realita mas…
    Lha kalau hatinya…anda bisa lihat dari fatwa-fatwa bodohnya itu…

  46. saya bicara khusus buat sastro dan seluruh pembelanya di blog ini..ketahuilah bhwa asal muasalnya para haba’ib mengerti agama karena mrk dulu pernah mendatangkan syekh ahmad surkati dari sudan ke jakarta..lalu setelah si syekh menurunkan ilmu2 dien kpd kaum alawiyin, mrk melepaskan si ustad surkati bagai brg yg sdh tdk terpakai lagi. lalu beliau berjalan dan singgah ke surabaya dan ditampung oleh bbrp jama’ah dari golongan SYEKH.lalu beliau menurunkan ilmu22 dienya kembali

    ———————————————–

    Sastro Menjawab:

    Memang saya bukan habib (keturunan Rasulullah) tapi yang nulis ini juga bukan orang yang tahu banyak tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia terkhusus tentang sejarah para Habaib….mas, Surkati kapan masuk ke Indonesia? Siapa yang membonceng Surkati ke Indonesia? Apakah sebelum datangnya Surkati, para Haba’ib bahlul2 (bodoh)? Siapa penyebar Islam pertama di Indonesia? Dan banyak lagi pertanyaan lain yang bisa menjadi hipotesa buat pengayaan keilmuan anda…Ini yang harus anda banyak teliti.

  47. adapun setelah syekh surkati tuntas mengajarkan ilmu dien kpd para jama’ah yg menampungnya bbrp tahun itu,syekh surkati meninggal dunia..adapun perbedaan2 madzab yg sampai saat ini trs terjadi antara SYEKH VS ALAWIYIN adalah krn para alawiyin bagaikan org yg telah sangat tersesat akibat mendurhakai syekh surkati yg telah jauh2 mrk datangkan dari negeri sudan lalu mereka lepaskan begitu saja tanpa bertanggung jawab memulangkan kembali ke negrinya.

    ——————————————————

    Sastro Menjawab:
    Jika Syeikh Surkati benar-benar berjasa dalam tabligh Islam di Tanah Air ini maka semoga Allah merahmatinya…lantas bagaimana Syeikh Surkati menurut sekte Salafy Wahaby Indonesia…ini yang menjadi sorotan kita…

  48. adapun sastro dan konco2nya yg terus dgn semangat membela2 mrk,sebetulnya TDK MENGETAHUI masalah2 ini..lalu merka ini (sastro) telah terkena KUWALAT BESAR yg mengakibatkan TERTUTUP BASIROHNYA dlm memahami agama Islam. sastro dkk hanya bermodal TAQLID kpd ocehan2 guru2nya yg rata2 ahli dusta semua dan suka menakwilkan al-qur’an dgn memakai hawa nafsu saja. sehingga mrk tdk mungkin bisa mengerti makna2 ayat al qur’an dgn benar sebagaimana mengertinya kaum WAHABI.

    ———————————————————————

    Sastro Menjawab:
    Mas, anda tahu khan apa pendapat para pengikut Salafy (Wahaby) atas pribadi Surkati? :P

  49. si hamdi kyk tau aj tentang habaib yang ada di Indonesia…. surkati sapa lagi?? yang ada siti surkati tetangga gua, buat mas sastro, antum ngaji gag ma habaib?

    ——————————————————

    Sastro Menjawab:
    Guru ana banyak mas, mungkin hampir separohnya dari kalangan Haba’ib…:P

  50. Alhamdulillah.. boleh tau sapa nama guru mas Sastro??

    ————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Wah banyak mas, kalau sekedar nama sich gpp…Habib Ali, Ahmad, Hasan, Muhsin, Husein, Umar, dst. Sudahlah untuk ngadepi kaum Wahhaby, gak perlu gurunya, muridnya aja dulu, ya Sastro ini…:P

  51. saya mw tau, jadi anda pengikut yang mana ni? jangan” kagak jlas juga…

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:
    Pertanyaan buat siapa ya? Kalau buat saya maka saya jawab; kalau anda membaca semua artikel yang ada PASTI anda tahu…:P

  52. saya pernah dengar bahwa nasab Muhammad Bin Abdul Wahab sampai kepada Musailamah Al-Kadzdzab. mungkin hal ini yang membuat pemikiran dia bernuansa memecah belah umat Islam. kalau memang demikian adanya….Allahlah yang akan memenangkan Islam yang sebenarnya.

  53. duh katanya Salafi tp kok ada photo mahkluk hidupnya cii, udah tau belum photo mahkluk itu haram hukumnya… yoo weiss liat situs manhad salaf yg asli jgn situs NU yg diliat wong isinya photo semua toh…

    —————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Lha wong ulama anda -yang konon mengharamkannya- itu sewaktu mau difoto malah BERGAYA..tuch kenal khan Bin Baz? Walau gak melihat tapi sempat bergaya…malah para muthowwi’ yang berada disamping juga pengen ngerasain difoto itu rasanya gimana seh…nanti sedikit demi sedikit akan aku pampang foto mereka sewaktu bergaya, ok? Lho terus mana yang namanya haram itu? :P

  54. Sastro Menjawab:

    Semoga Allah sudi mengampuni semua dosa-dosanya yang numpuk itu…terkhusus dosa-dosanya terhadap kelompok muslim non Wahhaby…
    Anda tidak bisa memungkiri bahwa dia buta mata khan…? Itu realita mas…
    Lha kalau hatinya…anda bisa lihat dari fatwa-fatwa bodohnya itu…

    Ashtagfirullah,… apa kalian mau mendengarkan atau belajar dari orang yg kata2nya sangat kasar seperti kata2 diatas ckck sadar mas sastro… Ketahuilah syaikh bin baz itu memiliki pemikiran, ilmu, dan kebaikan sikap jauh jauh jauh jauh jauh jauh lbh baik dr pada anda… baru belajar ilmu segitu aja itupun baru kata gurunya belum punya buku atau pemikiran sendiri aja udah sok tahu dan sok paling benar… eh mas lihat tuh apa ada hadist2 yg shahih dalam artikel2 anda???? huh cuma katanya-katanya-katanya toh

    Tolong donk ganti nama blognya jgn menipu orang lbh banyak lagi dosanya tambah besar tuh dan semoga ALLAH SUDI MENGAMPUNI ANDA DAN GURU2 ANDA YG MENGKLAIM NAMA SALAFY PADAHAL TIDAK TAHU APA ITU MANHAD SALAF… heh dasar penipu…

    ———————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Itu khan versi anda yang berusaha mencari PEMBENARAN dan PENYUCIAN atas syeikh anda? Kalau Muhammad bin Abdul Wahhab menyebut orang ‘Binatang Ternak’, ‘Sapi’ atau sebutan yang jelek lainnya maka anda diam saja…bahkan anda akan membenarkannya dengan berbagai alasan yang dibuat-buat khan?

  55. hajar trus bro….
    biar para wahaby itu tauk…..kaya apa mereka…
    semoga tetap sehat…..dan dalam lindungan Allah swt

  56. Assalamualaikum.
    salam ini buat yang salafi dan nahdliyin. karena saya tidak menganggap kalian kafir.
    menjawabnya juga tidak wajib karena kalian mungkin menganggap saya kafir.

    saya senang masuk islam, di smu aktif di rohis+PK (x-PKS), di kuliah aktif di Muhammadiyah, Hizbut Tahrir, Thareqat Naqsyabandiyah. dan juga di Jama’ah Tasawuf Laduna Ilma.

    cinta ini tak akan beralih lagi menjadi nafsu wahai sahabat-sahabatiku. kampung surga kita bersebelahan (yakinlah) tuduhan kafir hanya akan berbalik kepada penuduhnya. silakan menuduh saya kafir. dan saya akan selalu menganggap sahabat-sahabati kekasih saya. mohon kunjungi http://friendster.com/ariskun dan jadilah sahabat yang jaga silaturahmi. kekasih Allah ada pada Muhammadiyah (saya temui dekat alun-alun malang) pondok NU(mu’tabaroh), Jama’ah Tabligh(maula), HTI (edo), Salafy.(mhs pemalu)
    begitu juga ahlineraka ada pada tiap-tiapnya.

    organisasi tidak pernah salah, islam selalu sempurna. Oknum yang membuatnya jelek.

    Mungkin ini akan membuat kalian semua mengkafirkan saya. “dari wahyu raa’i yang saya dapat teman saya mendapat rumah di surga sedangkan ia adalah katolik” mungkinkah ia akan masuk islam seperti saya atau dalam posisinya sekarang ia tetap ahli surga. kalian??
    aris cuma ahli menulis seperti ini saja, mohon jangan menganggap saya bohong atau sombong sungguh saya menulis karena Allah. pujian atau cacian kalian untukku tidak ada pengaruh. saya tidak belajar islam ke NU jujur karena tidak suka mendengar GusDur dulu. dan tidak belajar ke salafy karena ada teman (di Qolbun Salim) yang frontal tanpa kasih. memang termasuk amal keras kepada orang keras. tapi saya tidak suka. semoga Nuur yang sejuk datang pada kalian. melihat hewan langit, malaikat,anbiya,mursalin. mendengar Allah swt. dan mampu berjumpa Allah di ‘ArsyNya melewati tabir terakhir. jika yang lain mampu, kalian juga harus mampu.
    saya lebih senang istilah sahabat daripada saudara (ikhwan). agar saling mengingatkan dan membantu. bukan saling menjatuhkan.

    NB: malulah pada yang beragama lain.
    Rosul saw=”jika tidak malu, berbuatlah sekehendakmu”
    Wassalam.

  57. Assalamualaikum
    saya juga pernah punya musuh.
    dan musuh menjadi sahabat.
    ketawa ngakak jika mengingat permusuhan kami dulu.
    kenangan itu akan indah dan lucu jika diingat dengan CINTA.

    buat yang Salafy jangan terlalu benci NU, nanti kalian jadi NU.
    buat yang NU jangan terlalu cinta NU, nanti keluar NU.
    “Semua yang berlebihan itu haram” walaupun asalnya adalah halal.
    Wassalam

  58. Abdullah nimbrung lagi ya……

    tentang wahaby….. mang sih merka siapapun itu gak mungkin ngaku deh dengan kewahabiannya……. cuma perlu nte2 tau wahaby bisa dikenali dengan sifat2nya. biasanya mereka suka bicara syirik, bid’ah, yaaa…… pokoknya kaum mustakfirinlah!!!! Sori ana dulu pernah ikut taklimnya Hidayatullah dan muhammadiyah pada tahun 1990-1991, lalu ikut ta’limnya tarbiyah yang akhirnya menjelma menjadi PKS pada thn 1992-1994. pada tahun 2002-2004 ana ikut salafy, waktu itu pada thn 2002 namanya masih laskar jihad atau FORUM KOMUNIKASI AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH. saat itu juga ana j kumpul2 sama JM dan JT. jadi ana tau persis ciri2 wahaby. buat kang sastro nte kalo mau tau siapa itu keparat surkati nte beli buku tentang Sekh surkati tapi afwan ana lupa judul dan penerbitnya. tentang sejarah habaib nte baca buku “PEMBAHASAN TUNTAS Perihal Khilafiyah” KARANGAN H.M.H. Al-Hamid Al-Husaini terbitan PUSTAKA HIDAYAH Januari 2007 hal-= 833-917
    sory banget ana dari kalangan saddah atau alawyyin.

    ohya….. jawaban tentang khilafiyah antara ASWAJA dan WAHABY ada pada buku itu juga.

  59. jawaban buat hamdi.
    nte kok keliatan banget bahlulnya……. emangnya surkati buuuuoooosssss nte itu datng ke jakarta taon brp? lha wali songo yang notabene habaib kecuali SUNAN KALI JOGO datang ke Indonesia itu taon berapa? nte tau gak sih MAULANA MALIK IBROHIM datang ke bumi nusantara ini taon 1300-an masehi? baca buku dong!!!! jangan asal ngebacot aja.

  60. NU hebat!!!!!! Salafy kwalatt!!!!!

    hai…. kalian whabiyun udah pernah nonton VCD “Allah di Langit” belum?

    wahaby percaya bahwa Allah di langit…… betapa bodohnya mereka itu…..
    tahukah nte kaum wahaby bahwa ayat2 Al-Qur’an suci ada Am ada Khos, ada ayat Makkyiyah ada ayat Madaniyah, ada Muhkam ada Mutasyabbih, ada Nasikh dan ada Mansukh. Bukankah kalian harusnya tau juga bahwa diantara ayat2 itu tidak semuanya dipahami secara tekstual. Apakah kalian tetapada pendirian kalian pabila ada ayat2 Metafora (mutasyabbih) ada cara tertenteu buat nafsirin ayat2 itu. Kalo ga tau nih ana ajarin cara nafsirkannya :
    1. menafsirakan ayat dengan ayat
    2. Menafsirkan ayat dengan Sunnah.
    3.Dengan Qoul Ulama2 yang sudah disepakati. (imam rujukan). maaf Ibnu Taymiyah ga masuk dalam kategori ini.

  61. apakah mereka salafy DJAJJAL ?

    Masih baik mana disebut sesat ketimbang di sebut

    Silahkan baca di bawah ini kesesatan Ibnu Taimiyah;

    LAIN-LAIN FATWA SESAT IBNU TAIMIYAH

    Ibnu Taimiyah memfatwakan bahawa talak 3 sekaligus hanya dikira 1
    dan talak dengan sumpah tidak dikira jatuh talak.

    Fatwa seperti ini ditolak oleh keempat-empat Mazhab iaitu Mazhab
    Hanafi, Maliki, Syafie dan Hambali. Menurut kitab Fashlul Aqwaal
    pada muka surat 32, Ibnu Taimiyah telah melanggar 16 ijma’ iaitu
    kesepakatan Imam-imam Mujtahid dalam suatu masa.

    Fatwa-fatwa Ibnu Taimiyah yang melanggar Ijma’ itu adalah:

    1. Bersumpah dengan talak tidak menjatuhkan talak tetapi hanya suami
    diwajibkan membayar kafarah sumpah.

    2. Talak ketika isteri haid tidak dikira jatuh talak.

    3. Talak di waktu suci yang disetubuhi tidak jatuh.

    4. Solat yang ditinggalkan dengan sengaja tidak boleh diqadha /ganti.

    5. Talak 3 sekaligus hanya dikira sebagai 1.

    6. Orang yang junub boleh melakukan solat malam tanpa mandi terlebih
    dahulu.

    7. Syarat si waqif tidak diambil kira.

    8. Orang yang mengingkari Ijma’ bukanlah kafir dan bukanlah fasiq.

    9. Tuhan itu tempat yang hadits (baru), dengan erti Tuhan menjadi
    tempat bagi sifatNya yang baru.

    10. Zat Tuhan tersusun yang satu berkehendak dari yang lain.

    11. Quran itu baru, bukannya Qadim.

    12. Alam ini Qadim.

    13. Tuhan bertubuh, berjisim dan berpindah-pindah tempat.

    14. Neraka akan lenyap dan tidak kekal.

    15. Tuhan sama besar dengan Arasy.

    16. Nabi-nabi tidak maksum.

    Di sini dapat dilihat bahawa Ibnu Taimiyah telah melakukan
    penyelewengan dari 3 jurusan iaitu dari sudut Iktiqad, Tasawuf dan
    Fikh.

    KINI ANDA SUDAH TAHU KESESATANNYA, MASIHKAH ANDA MAHU MENGIKUTINYA,
    MEMPERTAHANKANNYA DAN MENGGUNA IJTIHADNYA?

  62. hahaha mas sastro mas sastro…wong elmu masih cetek kok dah sok tau buat blog beginian cii…ckck mana guru ente cini ane hadepin nanggepin ente mah malah buat perang saraf aja…

    ———————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Yah mbak malu donk…lha wong yang nulis di situs muslimah nt itu paling banyak cuman LC doang koq dah sombong…malu mbak malu…kalau anda masih punya malu lho..:P

  63. Sastro Menjawab:
    Lha wong ulama anda -yang konon mengharamkannya- itu sewaktu mau difoto malah BERGAYA..tuch kenal khan Bin Baz? Walau gak melihat tapi sempat bergaya…malah para muthowwi’ yang berada disamping juga pengen ngerasain difoto itu rasanya gimana seh…nanti sedikit demi sedikit akan aku pampang foto mereka sewaktu bergaya, ok? Lho terus mana yang namanya haram itu?

    heh yg disalahin yg photonya donk kan jelas lah itu photo lg gak bergaya…mau neh ana kasih tau hukumnya photo…
    ckck dangkal bener cii ilmu ente

    Tanya : Apa hukum mengambil gambar para ulama dalam muktamar-muktamar dan muhadharah-muhadharah mereka?

    Jawab : “Gambar adalah perkara yang diharamkan, Nabi Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam bersabda :

    لاَ تَدْخُلُ الْمَلاَئِكَةُ بَيْتًا فِيْهِ كَلْبٌ وَلاَ صُوْرَةٌ

    “ Para malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang terdapat anjing dan gambar di dalamnya”.

    Dan beliau bersada :

    لَعَنَ اللهُ الْمُصَوِّرِيْنَ

    “Allah melaknat para penggambar”.

    Dan dalam J ami’ At-Tirmidzy dari hadits Abu Hurairah dari Nabi Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam bahwa beliau bersabda :

    تَخْرُجُ عُنُقٌ مِنَ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ, لَهَا عَيْنَانِ تَبْصِرَانِ, وَأُذُنَانِ تَسْمَعَانِ وَلِسَانٌ يَنْطِقُ, يَقُوْلُ : إِنِّي وُكِّلْتُ بِثَلاَثٍ : بِكُلِّ جَبَّارٍ عَنِيْدٍ, وَبِكُلِّ مَنْ دَعَا مَعَ اللهِ إِلَهًا آخَرَ وَبِالْمُصَوِّرِيْنَ

    “Akan keluar sebuah leher dari Neraka pada Hari Kiamat, dia mempunyai 2 mata yang melihat, 2 telinga yang mendengar dan lisan yang berbicara, dia berkata : “Saya diberikan perwakilan (untuk menyiksa) tiga (kelompok) : semua yang keras kepala lagi penentang, semua yang beribadah bersama Allah sembahan yang lain dan para penggambar”.

    Dan Nabi Shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam telah enggan untuk masuk ke kamar ‘ A`isyah ketika (kamarnya) ditutupi dengan tirai yang ada gambar-gambarnya. Maka dalil ini membantah orang-orang yang mengatakan : “Tidak ada gambar yang terlarang kecuali yang memiliki bentuk (3 dimensi –pent.)”. Maka beliau telah enggan untuk memasuki ruangan itu sampai tirainya disingkirkan, dan beliau bersabda :

    إِنَّ مِنْ أَشَدِّ النَّاسِ عَذَابًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ, الَّذِيْنَ يُصَوِّرُوْنَ هَذِهِ الصُّوَرَ
    “Sesungguhnya di antara manusia yang paling keras siksaannya pada hari Kiamat adalah orang-orang yang menggambar gambar-gambar ini”.

    Adapun (gambar) yang harus dan tidak boleh tidak, seperti SIM, Pasport dan KTP, maka dosanya atas (baca : ditanggung) pemerintah”.

    Apakah dilukis atau dipotret atau direkam dalam bentuk video, semuanya masuk dalam kategori menggambar. (pent.)

    Sumber : Jurnal Al-Atsariyyah Vol. 02/Th01/2006

    ————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Saya gak mau tanya hukum berfoto ria….yang saya tanyakan adalah, MANA KONSISTENSI ULAMA WAHHABY TERHADAP FATWANYA ITU? Paling gak, mulai dari negara yang nt banggakan itu lah dulu…uang real Saudi jangan pakai foto raja-raja yang haram….foto tong sampah aja, khan keren? :P

  64. Hadist yang mengharamkan membuat gambar atau patung cukup banyak, di antaranya, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya orang yang membuat gambar/patung akan diadzab pada hari kiamat. Lalu dikatakan pada mereka (pembuatnya): Hidupkanlah apa yang kamu buat!” (HR. Bukhari) Rasulullah saw. bersabda, “Malaikat tidak akan masuk ke rumah yang di dalamnya ada anjing dan gambar/patung.” (HR. Bukhari) Di antara ulama ada yang memahami hadits-hadits tersebut secara tekstual (apa adanya seperti tertera dalam teks hadits, tanpa ada penafsiran apa pun). Dengan pendekatan ini mereka menyimpulkan bahwa membuat atau memajang gambar dan patung hukumnya haram, apapun bentuknya. Tapi ada juga yang memahaminya secara kontekstual (memahami hadits dengan memperhatikan konteks sosio-kultural). Dengan pendekatan ini mereka menyimpulkan bahwa tidak semua gambar atau patung itu diharamkan, tergantung jenis dan bagaimana memperlakukan gambar atau patung tersebut. Gambar atau patung yang bernuansa maksiat seperti gambar porno, simbol-simbol agama non-Islam, dan hal-hal lain yang biasa dikultuskan, hukumnya haram, seperti diterangkan dalam hadits-hadits di atas. Hal ini dikuatkan oleh hadits berikut, Aisyah ra. berkata “Sesungguhnya Rasulullah saw. tidak pernah membiarkan palang salib di rumahnya, (kalau menemukan) ia memusnahkannya.” (HR. Bukhari) Namun kalau patung atau gambar itu bukan yang biasa diagungkan oleh agama non-Islam, serta tidak bernuansakan maksiat, maka hukumnya mubah (boleh), hal ini merujuk pada beberapa keterangan berikut ini. Aisya ra. berkata: “Rasulullah saw. masuk (rumah), dan saya telah memasang gorden yang bergambar, lalu Rasulullah menyingkirkannya. Kemudian saya jadikan dua bantal.” (HR. Muslim) Aisyah ra. berkata, “Saya pernah menggunakan gorden (tabir) bergamabar, lalu Rasulullah saw. melepasnya, dan saya menjadikannya dua bantal, kemudian Rasulullah bersandar padanya.” (HR. Muslim) Kedua hadits ini menjelaskan bahwa di rumah orang Islam boleh ada gambar, asalkan jangan dikeramatkan atau dikultuskan (dianggap suci). Buktinya saat Aisayah ra. menjadikan kain bergambar itu sebagai bantal, rasulullah saw. tidak menegurnya bahkan Rasul pun bersandar pada bantal tersebut. Jadi, kita boleh memajang foto wisuda, pernikahan, keluarga, atau patung celengan berbentuk ayam, kucing, kelinci, dan lain-lain, karena bukan untuk diagungkan (dikultuskan), tapi hanya sekedar hiasan dan kenang-kenangan. Kesimpulannya, haram membuat atau memasang gambar atau patung yang bernuansa maksiat seperti gambar porno dan juga simbul-simbul agama non-Islam seperti tanda salib, bunda Maria, dan lain-lain, sedangkan yang tidak mengandung maksiat, bukan simbol agama non-Islam, dan tidak dikultuskan, hukumnya mubah (boleh). Wallahu a’lam.

  65. untuk Abdullah coba baca lebih cermat lagi dalilnya…lihat ke situs http://www.salafy.or.id

  66. Assalamualaikum…

    Wah hebat…saya tau kenapa disini membenci kaum wahabi..
    pasti karena wahabi dengan tegas melarang Yasinan,tahlilan dan sejenisnya yang karena itu bisa membrangus pundi-pundinya para kyai..yang cuma hebatnya doa-doa bathil dan cuma tau hadits-hadist palsu..
    hebat coba kang sastro yang terhebat cari literatur yang lebih ilmiah dan lebih adil..

    ajak kamu wahaby diskusi jangan cuma bisanya fitnah…

    saya mau lihat apakah kang sastro tatap bisa berkomentar seperti ini kl berhadapan dengan mereka….

    ha ha ha dasar kyai kurang ilmu..

    Wallahualam bishowab

    ———————————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Dan ternyata Wahhaby pun kebakaran jenggot dan celana cingkrangnya akibat blog gratisan ini…:P
    Hingga saat ini, tidak kita temukan jawaban yang bagus dari kalangan Wahabi terhadap artikel kami…Namun bagi mereka merasa sok pinter dan sok benernya dulu, bisa berdalil, itu nanti…

  67. Saya gak mau tanya hukum berfoto ria….yang saya tanyakan adalah, MANA KONSISTENSI ULAMA WAHHABY TERHADAP FATWANYA ITU? Paling gak, mulai dari negara yang nt banggakan itu lah dulu…uang real Saudi jangan pakai foto raja-raja yang haram….foto tong sampah aja, khan keren?

    ha ha ha ha seperti ini toh akhlaqnya orang Sastro

    ————————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Ha ha ha ha ini toh jawaban orang Wahhaby kalau sudah kepepet dengan realita yang ada?

  68. Sastro Menjawab:

    2- Kalau foto makhluk hidup haram, kenapa uang Saudi bergambar raja-raja Saudi, kok gak pakai gambar gunung saja…kenapa para ulama Wahaby diam saja? Apa hukum haram ada pengecualian, atau takut tekanan sang Raja?

    jawaban:
    kepada Mas sastro, kerajaan saudi jangan dijadikan patokan untuk tidak /bolehnya tentang gambar mahluk hidup. jadi semua permasalahan kita kembalikan ke kitabullah dan sunnah Rasullulah, dan untuk para ulama saudi kita semua tidak tahu apakah mereka sudah menasehati pemimpin mereka yaitu kerajaan saudi, tapi saya yakin para ulama tidak mungkin diam, karena para ulama ahlusunnah berprinsip sesuai dalil

    خِيَارُ أَئِمَّتِكُمْ الَّذِيْنَ تُحِبُّوْنَهُمْ وَيُحِبُّوْنَكُمْ وَتُصَلُّوْنَ عَلَيْهِمْ وَيُصَلُّوْنَ عَلَيْكُمْ وَشِرَارُ أَئِمَّتِكُمْ الَّذِيْنَ تُبْغِضُوْنَهُمْ وَيُبْغِضُوْنَكُمْ وَتَلْعَنُوْنَهُمْ وَيَلْعَنُوْنَكُمْ. قُلْنَا: يَا رَسُوْلَ اللهِ، أَفَلاَ نُنَابِذُهُمْ بِالسَّيْفِ عِنْدَ ذَلِكَ؟! قَالَ: لاَ، مَا أَقَامُوْا فِيْكُمُ الصَّلاَةَ. لاَ، مَا أَقَامُوْا فِيْكُمُ الصَّلاَةَ. أَلاَ مَنْ وُلِيَ عَلَيْهِ وَالٍ فَرَءَاهُ يَأْتِيْ شَيْئًا مِنْ مَعْصِيَةِ اللهِ فَلْيَكْرَهْ مَا يَأْتِيْ مِنْ مَعْصِيَةِ اللهِ، وَلاَ يَنْزِعَنَّ يَدًا مِنْ طَاعَةٍ ﴿رواه مسلم ۳/١٤٨٢﴾
    “Sebaik-baik pimpinan kalian adalah kalian mencintai mereka dan mereka mencintai kalian. Kalian doakan kesejahteraan bagi mereka dan mereka doakan kesejahteraan buat kalian. Dan sejelek-jelek pimpinan kalian adalah kalian membenci mereka dan mereka membenci kalian. Kalian melaknati mereka dan mereka melaknati kalian.” Kami, para shahabat, bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah mereka boleh kita perangi ketika terjadi demikian?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak, selama mereka masih shalat bersama kalian. Ketahuilah barangsiapa urusannya diurusi oleh Ulil Amri (sulthan) kemudian dia melihatnya berbuat maksiat kepada Allah, maka hendaklah dia benci terhadap maksiat yang dia perbuat dan sungguh jangan cabut tangan ketaatan padanya.” (HR. Muslim 3/1482),

    jadi jika adanya kesalahan pada pemimpin kita sebagai ahlusunnah cukup dengan menasehatinya.

    —————————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Baca lagi artikel tentang “Pengakuan Profesor Saudi” berkaitan hubungan antara Wahabisme dengan Klan Saud…

  69. assalamu’alaikum wr.wb wahai para saudara2ku
    Sohibul bait kang sastro dkk…para tamu kaum wahhabi or bukan wahhabi, thasawuf or bukan thasawuf, salafy or bukan salafi dsb.
    Mohon maaf kami mau urun rembug disitus ini….sekali lagi bukan karena kami bisa dan lebih tahu dan lebih paham tidak..karena kita semua sejatinya memang lemah, bodoh, dan tidak mampu apa2… Tanpa kekuatan dan Allah SWT, Tanpa petunjuk dari NYA dan bahkan tubuh ini akal ini semuanya milik Allah..dan dijalannkan dalam mekanisme Sunatulloh.
    ISLAM SUDAH SEMPURNA ndak perlu lagi kita saling menghujat dan saling menghina silakan beragumen dan saling mempunyai dasar namun kita tetap saudara…bukaknkah Sahadat kita masih sama..dan Quran kita juga masih sama dan Nabi kita juga masih sama…ayo poro sedulur2 semua…jangan saling mengumpat dan mengejek opo lali (lupa) nanti kena neroko Weil…
    MUSUH KITA HANYA SATU KAUM IBLIs LAKNATULLOH dan Balatentaranya…dan hanya orang yang Ikhlas nyang kagak kegoda ame IBLIS…
    Lha jika kita merasa paling bener tentunya sehingga membanggakan diri dan kaum kita sendiri..kan sudah terjebak tidak Ikhlas…lha mudah digoda IBLIS..jadi wajar saling mengejek dan saling bertengkar..mari kita tutupi segala kekurangan dan kekhilafan para pendahulu kita..dan ingatlah segala kebaikannya….
    sementara ini saja dulung kang sastro….mohon maaf jika ada kesalahan dan sekali lagi mari saling mencintai karena ALLAH
    wss.wr.wb

  70. salam kenal semuanya,
    kok sepertinya komentar2 yg ada kebanyakan memakai kata2 kasar, baik yg wahabi maupun anti-wahabi. apa tidak sebaiknya pemilik blog melakukan sensor yg ga pandang bulu (wahabi atau anti-wahabi)? saya sendiri sama sekali tidak sependapat dg wahabi. tapi kata2 dlm komentar2 yg dilontarkan anti-wahabi, saya juga tidak setuju (bukan pahamnya tapi kata2nya). jadikanlah Islam itu benar2 RAHMATAN LIL ‘ALAMIN. tunjukkan melalui perbuatan dan lisan kita.

    utk pak sastro, tidak usah terlalu diikuti komentar mereka2 yg wahabi. apapun yg anda sampaikan mungkin sulit utk mengubah pandangan mereka sekalipun anda mengutarakan dalil2.

    wassalam

  71. Mas Sastro saya mau baca artikel aslinya tentang “pengakuan profesor saudi” kok tidak bisa, situs maupun artikelnya, Apakah situs tersebut ADA ???? Atau!!!????

    ———————————————————

    Sastro Menjawab:
    Cari di situs “Saudi Debate” (saudidebate.com) di karya-karya prof ad-Dakhil itu…Jelas, jangan nyari dengan judul itu mas, itu judul dari saya sendiri…tenang, kalau anda bisa bahasa Inggris dengan baik, banyak koq tulisannya di situs itu…tinggal pilih!

    Kalau gak anda temukan coba search di google dech…! Selamat mencoba!

  72. Bin Thaleb itu agen wahabi dan pecundang ga bakal berani beradu argumen dengan alawiyyin secara langsung, ayo mana ada para masyaikh salafy berani perang doa dengan pengikut sunni dan syi’ah karena mereka salafy adalah pembajak makanya tidak pernah dapat simpati dari dunia Islam, Allahu Akbar kibarkan terus panji2 Ilahi dan kecintaan kepada Nabi Saaw dan Ahlul Baitnya agar Kaum wahabi/salafy/irsyadi tidak bisa merusak Islam dari dalam

  73. Assalamualaikum,

    Mas-mas,

    Artikel yang antum buat itu jauh dari yang sebenarnya. Hukum pengkafiran dalam pandangan ulama2 salaf tidak semena2 seperti makan lalaban. sebab mereka tahu hukumnya apabila seseorang menuduh orang lain kafir maka kekafiran itu akan kembali pada salah seorang dari keduanya. Jadi apabila yang dituduh itu tidak kafir maka yang menuduh itu terkena akibat dai ucapannya.

    Bagaimana kalau yang memeberi komentar2 sesat terhadap syekh Muhammad bin Abdul wahad itu ikut mengaji and pelajari islam sesuai dengan pemahaman sahabt!!!!

    Coba buka sedikit2 diri kita dan jauhkan sikap taklid buta dalam belajar agama. Apabila sesuatu sudah terbantah dengan sebuah dalil baik itu alqur’an ataupun hadits maka jangan bersikap berpegang teguh pada ajaran kelompok atau guru atau tata cara ber islam ala di kampung halamannya.!!!!!!!!

    Wassalam

    Bagusnya,

    ——————————————————————————

    Sastro Menjawab:
    Anda mengatakan: “syekh Muhammad bin Abdul wahad itu ikut mengaji and pelajari islam sesuai dengan pemahaman sahabt”….buktinya mas? yang penting bukti!

  74. he…he.. begitu besar kebencian antum semua kepada Wahabi. ini menunjukkan hati antum tertutup melihat kebenaran, masya ALLAH.
    takutlah kepada ALLAH kalau bicara, sebab hati dan lidah akan dimintai tanggung jawab.
    tapi, “sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman”
    he..he.. lagi, ane numpang untuk mengundang ikhwah berkunjung ke blog ane, di http://al-firqotunnajiyyah.blogspot.com
    syukron.

    ————————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Semudah itu anda mengaku sebagai firqotunnajiyah (kelompok yang selamat) dengan tidak melihat dan menganggap kelompok lainnya…aneh anda ini?!:D

  75. @abu Hasan
    Dulu saya toleran dengan yang namanya wahabi. Namun setelah makin tahu,,,, walah bahaya, sesat menyasatkan….. dengan fatwa aneh-aneh..
    dan yang menyesakkan adalah mudahnya mengkafirkan, syirik, bid’ah… lah dirinya sendiri itu ya yang begitu…
    Namun g aneh karena Tuhannya Wahabi tuh naik turun, ke langit dunia. Cuma sayang setelah diketahui bumi bulat, Tuhannya jadi diem di langit dunia aja… kursinya kosong…huahahahaha.

  76. wah – wah rame banget ini blog. mas sastro, saya yang orang awam ini mau nanya apa sih wahabi itu ? artinya apa ? apa itu organisasi yang menakutkan kok kayaknya sampeyan begitu benci banget sama wahabi ini.kapan wahabi ini lahir? trus pendirinya siapa?. matur nuwun

    ——————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Silahkan baca artikel2 sebelumnya mas….monggo!?

  77. Hujjatul Islam, Imam Al-Ghazali menulis di dalam ARBA’IN, yg maknanya kurang lebih :
    “Allah bukanlah jasad yg dapat diabstraksikan. Bukan substansi (jawhar) yg terukur. Ia tidaklah menyerupai jasad yg dapat terukur maupun terbagi. Ia bukan substansi dan tidak ada subtansi yg menempel pada-Nya. Ia bukan aksiden (‘ard) dan tidak ada aksiden yg bersandar dengan-Nya. Ia tidak menyerupai sesuatu yg maujud dan demikian pula sebaliknya. Tidak ada sesuatu pun yg menyerupai-Nya, karena Ia tidaklah serupa dengan sesuatu. Tidak ada ukuran yg membatasi-Nya. Arah tidak melingkungi-Nya, tidak ada sisi yg mengurung-Nya. Langit tidak melingkungi-Nya. Ia bersemayam (mustawi) di atas ‘Arsy seperti yg dikatakan-Nya dan dengan makna yg dimaksudkan-Nya. Bersemayam-Nya benar-benar steril dari sentuhan, ketetapan dan transformasi. ‘Arsy tidak memangku-Nya, tetapi ‘Arsy dan semua yg “memikul”-Nya berdiri di atas kelembutan kekuasaan-Nya, dan terkendali di atas “genggaman”-Nya.

    Namun demikian, Allah juga Maha dekat dengan segala yg maujud. Kedekatan-Nya kepada hamba lebih daripada urat leher. Ia menjadi saksi atas segala sesuatu, sebab tidak ada kedekatan jasad yg menyerupai kedekatan-Nya, sebagaimana tidak ada dzat jasad yg menyerupai-Nya. Ia tidak bersemayam di dalam sesuatu dan tidak sesuatu pun yg tinggal dalam diri-Nya. Maha suci Allah dari kungkungan ruang dan batasan waktu. Ia ada sebelum penciptaan waktu dan tempat. Keberadaan Allah swt saat ini seperti keberadaan-Nya sediakala. Maha suci Ia dari segala perubahan dan pergeseran. Tidak ada peristiwa yg mempengaruhi-Nya. Ia diliputi oleh sifat-sifat keagungan yg menyucikan-Nya dari kebinasaan. Sifat-sifat sempurna-Nya tidak memerlukan penambahan dan penyempurnaan.”

    Dengan segala kerendahan dan kekurangan, saya mohon maaf apabila ada kata-kata yg kurang tepat dalam penerjemahan ini, sehingga maksud yg sebenarnya tidak tersampaikan. ‘Afwan.

  78. “sebaik-baik umat adalah para sahabat yang hidup sejaman Rasul”?????????

    bukankah diantara para sahabat (versi wahabi) rasul,
    1) sering terjadi perang/fitnah antar sahabat
    2) sering ribut didepan rasul antar sahabat
    3) sering berselisih paham sampai-sampai terjadi perang yang menewaskan ribuan umat….????????????

    Pantas saja WAHABI sering menfitnah, membunuh yang tidak sependapat dengan WAHABI, karena dicontohkan oleh para sahabat (versi mereka)????

    sejarah telah terbukti mas, Bahwa diantara ‘sahabat’ (versi wahabi) pun banyak peperangan, fitnah,pembantaian,pembunuhan.
    Janganlah kalian Wahabi hanya mengandalkan hadist ini, maka ‘sahabat’ yang munafik juga kalian ikuti dan jadi panutan.

    DASAR WAHABI BODOH

  79. Assalamu alikum, salam ukhuwah
    sebelum nya ana mohon maaf kalau komentar ana kurang berkenan, ada baiknya jika kita beramal harus sudah memiliki ilmu, begitupun jika kita berilmu harus di amalkan, kebenaran hanya milik Allah ya mas sastro juga yg mengaku wahabi atau salafi. kita tidak tahu apakah amalan atau ibadah yg kita lakukan akan diterima oleh Allah ? Wallahu alam tapi ada baiknya kita saling menasehati apabila ada saudara atau ikhwan seiman kita melakukan penyipangan dalam ibadah atau berprilaku. semoga Allah mengampuni kita semua. ingat!!!!!
    kita tidak tahu apakah kita merupakan firqotunnajiyah (kelompok yang selamat)maka dari itu coba pahami Firman Alla yg artinya: ” hai orang-orang yang beriman taatlah kepada Allah dan rosul-Nya dan ulil amri diantaramu, kemudian jika kamu berselisih paham , maka kembalikanlah kepada Allah(Al-Qur’an) dan rosul-NYa (hadits)jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kiamat yg demikian itu lebih baik akibatnya(Qs. An-Nisa: 59)

  80. Kepada kaum muslimin kalau ingin menyumbang bukau agama di perpustakaan masjid hati-hati bila pengurusnya ada yang ikut salafy wahabi pasti buku agamanya tidak akan di terima atau akan hilang

  81. wahabi cuma jenggotnya aja yang panjang.coba tanyakan pada antum yang ikut salafi antum dah pada kenal belum sama gusti alloh dan muhammadurrosululloh.kalau antum gak kenal antum sujud sampai jidad gosongpun gak bakalan antum di beri pahala olrh alloh.coba antum yang ikut wahaby belajar ilmu tauhid lalu bandingkan dengan paham yang di yakini wahabi dan antum berpikirlah dengan akal sehat.insya alloh antum akn mendapat hidayah dari alloh dan antum parta pengikut wahabi akan sadar bahwa selama ini apa yang antum kerjakan tidak sesuai dengan pokok2 ajaran ahlussunah wal jamaah

  82. Kajian kang Sastro:
    Bukti Lain Pengkafiran Wahhaby;
    Muhamad bin Abdul Wahhab Menganggap Para Ulama Musyrik (1)

    Ahmady komentar:
    Ya nggak lah…
    Kalau disebut para Ulama, itu artinya semua Ulama…
    Tapi kan nyatanya hanya Ulama tertentu saja….
    Setahu saya yang dikoreksi itu tauqid/aqidahnya, bukan orangnya….
    Kalau tauqid/aqidahnya, siapa saja yang mempunyai tauqid/aqidah yang dikoreksi itu ya terkena semua.
    Dan kita maklum, siapapun bisa salah, kita tidak ma’sum (mesum kali)
    tapi yang ma’sum hanya Rasulullah.

    ———————————————-

    Sastro Menjawab:
    Wah anda ini kok bermain kata-kata doang, demi membela si Imam asal Najd tempat munculnya sekte setan versi hadis Rasul yang sahih lho….

    Para itu menunjukkan arti ‘plural’ yang berarti ulama-ulama, bukan mesti berarti ‘semua’…kapan saya katakan “semua ulama”? DAn terbukti pula, selama ulama -dari mazhab manapun- yang tidak mengikuti ajaran sektenya maka akan ia sesatkan….ya gak?

    Trus gak maksum…apakah Muhammad binAbdul Wahhab maksum? Kalau ya berarti dia anda anggap nabi, trus apa beda Ahmadiyah dengan Wahhaby? Kalau anda anggap gak, maka jangan salahkan kami mengkritisi ajaran sektenya yang dinyatakan sesat oleh Rasul dalam hadis Sahihnya…silahkan pilih!

  83. Assalamualaikum Warahmatullah…….

    memang susah ngobrol sama orang2 bodoh,makanya semua ulama Ahlussunnah memfatwakan untuk dilarang duduk dengan orang2 bodoh seperti mereka.karena kita pasti akan jadi ikut bodoh…..

    beberapa waktu yang lalu ada teman2nya bang sastro ini khuruj di masjid deket rumah,tapi ga ada ilmunya semua.bisanya cuman geleng2 kepala tok,ga jelas umed2 apa.ha2…
    dasar tukang tipu loe….

    ——————————————-

    Sastro Menjawab:
    Anda kira saya JT? JT jauh lebih baik dari Wahabiyah dukungan kaum kafir Inggris…

  84. Kuburan para wahaby disini tempatnya “RIP” ya….. Wahabiesssss Wah….Habiessss.
    Maju Truss Mas Sastro.

  85. udah cukup deh celotehanmu ini SASTRO!! , tau ga KAMU ini makin banyak KOMEN makin keliatan sekali keBODOanmu itu !!! ngOMONGin agama seenaknya, udah BODO sok TAHU lagi. dasar kamu ini JAHIL MUROKKAB!!!!!!

  86. Silahkan bandingkan wahai umat…
    Judul Edisi Terjemahan:
    Membersihkan Salah Faham Terhadap Dakwah
    Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab (Buku ke 2)

    Persoalan kafir-mengkafir (al-Takfir) serta peperangan
    (al-Qital), beserta jawapan dan bantahan ilmuwan Islam
    terhadapnya.
    Secara realiti, kekeliruan besar yang memberi kesan terhadap dakwah al-Syeikh al-Imam Muhammad bin ‘Abd. al-Wahhab rahimahullah ialah persoalan kafir-mengkafir (al-Takfir) serta peperangan (al-Qital). Amat sesuai bagi kami menyatakannya secara terperinci berasaskan hasil karya para penentang dakwah al-Salafiyyah, diikuti jawapan dan bantahan para ilmuwan Islam terhadapnya. Antara perkara yang perlu diberikan perhatian sehingga bab ini dianggap amat penting berbanding bab-bab lain adalah
    http://hafizfirdaus.com/ebook/PDFeBooks/muhd_ab_wahab/SMAW_Buku_2.pdf

  87. Mas Sastro, selama ini yang kita pahami, “Laailaaha Illallah” maknanya tidak ada Tuhan selain Allah.

    Dalam suatu kitab yang baru saja saya beli, saya baca ada kalimat seperti tersebut dan ternyata batil.
    Saya jadi bingung, ini salah tulis apa salah komentar. Tak putar-putar otak saya nggak nyambung-nyambung.

    Nah sekarang kalau Mas Sastro seorang Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, bantu aku apa dong makna yang benar (menurut ulama ASWAJA) dari kalimat “Laailaaha Illallah” tersebut. Tak tunggu mas

    ———————————————-

    Sastro Menjawab:
    Jelaskan dulu kebatilannya, baru kita jawab.

  88. ass.wr.wb.bentheleb kurang ajar apa nt gak pernah belajar tasawuf.akhlak anda ditaruh dimana seolah2 anda ini gak menerima apa yang di katakan kang sastro.siapa yang gak mengakui muhammad bin abdul wahab.dia hafidz qura’an,muhaddisin,cerdas.tapi dia itu sinting ilmunya di bikin alloh gak berkah.ajaran ahlusunnah sdh jelas,ajaran muhammad bin wahab jelas dah jauh beda dgn ahlussunah wal jama’ah.apakah bin wahab lebih cerdas dengan al imam assafii’i.maka belajarlah ilmu tauhid wahai yang mengaku salafy/wahaby.belajar ilmu tauhid hukumnya wajib ‘ain.kita gak ngerti tauhid apa yang kita kerjakan tertolak.wassalam

  89. Laa haula wala quwwata illa billah. mbah sastro ini selalu punya jawaban dari semua komentar….meski semuanya semakin menunjukkan tertutupnya hati anta. a’udzubillahi an akuuna minal jaahiliin.

  90. komala ga liat vonis kafir , yg ada vonis syirik.mungkin yang dimasud oleh Muhamad bin abdul wahab adalah kesyirikan yang tidak mengeluarkan pelakunya dr agama . bisa saja seseorang itu syirik krn harta , tahta, atau hukum, yg termasuk syirik kecil. seperti yang diucapkan Ibnu Abbas ra :
    ‘Bukan kekufuran yang kalian pahami itu! Maksudnya bukan kekufuran yang mengeluarkan pelakunya dari agama, namun maksudnya adalah ‘kufrun duna kufrin’ (yaitu kekufuran yang tidak mengeluarkan pelakunya dari agama)

    —————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Selain anda salah, ternyata ada kata kafir, juga ada kenyataan yg tertulis bahwa Muhammad bin Abdul Wahhab memerangi secara fisik kaumyang dianggap kafir tadi…kalau syirik dan kafir biasa (bukan keluar dari agama) l;antas kenapa diperangi secara fisik? Apakah Rasul mengajarkan hal itu?

  91. Salam kenal kang sastro..
    ana salut sama antum, antum selalu menyempatkan diri menjawab hampir setiap komentar.

    ana ada masukan sedikit kalo boleh…

    lain kali tolong jangan minta dalil kalo ada yang menyebut tentang bid’ah, karena bid’ah itu sendiri disebut bid’ah justru karena gak ada dalilnya.
    Itu aja kang sastro… ana pikir antum cukup pintar untuk memahami kebenaran, tinggal menunggu kehendak Allah, apakah antum akan diberi hidayah atau tidak.
    wassalam

    ———————————–

    Sastro Menjawab:
    Waalaikumsalam
    Maksih masukannya..
    Mas, kadang, karena mereka gak menemukan dalil maka lantas bilang ini dan itu bid’ah…padahal ada dalilnya. Kadang juga karena kebodohan mereka dalam mendefinisikan bid’ah alkhirnya mereka berhoby ria dalam mengatakan bid’ah…makanya nanti akan kita bahas ttg definisi, batasan dan contoh konkrit bid’ah…setelah selesai isu-isu syirik..
    Wassalam

  92. mas, tolong jelaskan islam ideal menurut pemahaman mas sastro… ringkas dan padat ya mas, aku orang bodoh, dan malas baca yg ruwet2.
    karna sy bingung harus ikut islam yg campur budaya, spti di indonesia ini atau belajar islam dari negeri saudi tmpat turun nya islam.

    ———————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Saudi tempat turunnya Islam, anda benar….tetapi di situ juga tempat lahirnya Abu Jahal, Abu Lahab, Musailamah al-Kadzab, Khawarij, Muhammad bin Abdul Wahhab dan kaum menyimpang lainnya khan?

    Islam yang benar adalah yang sesuai dengan al-Quran dan as-Sunnah as-Shohihah Rasul al-A’dzam, sesuai dengan pemahaman Salaf Saleh….bukan Khalaf Thaleh seperti Muhammad bin Abdul Wahhab. Itu ringkasnya.

  93. ana numpang komentar
    kayaknya ant bukan salafy deh soalnya bahasa ant aja menandakan ketidak mengertian ant ttg dakwah salafy
    dakwah salafy itu disampaikan dengan santun

    buat yang laen blog kayak gini jangan dimasukin..nambah syubhat buat ant2 sekalian

    masukin ya komentar ana kalo ant akh satro org yang adil

    ————————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Kalau yang anda maksud dengan Salafy adalah Wahaby maka anda benar bahwa saya bukan Salafy…tapi kalau yang anda maksud dengna Salafy adalah pengikut Salaf Saleh maka anda lihat argumen kami apakah bertentangan dengan ajaran Salaf Saleh? Kini giliran anda yang menjawab pertanyaan kami, plus artikel kami jika gak setuju…..

    Jika anda merasa benar kenapa mesti takut masuk ke blog ini? Bukankah anda percaya denga ungkapan BERANI KARENA BENAR DAN TAKUT KARENA SALAH….kalau anda takut berarti…(jawab sendiri)

  94. Kang Sastro..
    Kok nggak di update2 sih artikelnya…tanggung jadinya..ok ane tunggu…salam

  95. salaf adalah kata yang merujuk tiga jaman yaitu generasi setelah Rasulullah SAW,Tabi’ tabi’in, dan Tabi’ tabi’it.Jadi jika ada perilaku dari salafi yang tidak cocok dengan perilaku tiga generasi tersebut maka mereka bukan salafi yang sebenarnya.Salafi yang sebenarnya adalah yang mengikuti Rasulullah saw,Para sahabat Abu Bakar,Umar,Usman,Ali bin Abi thalib, dan generasi setelah mereka yaitu tabi’ tabi’in dan tabi’ tabi’it.Dan para kekasih Allah yang bergelar Rahimahullah Rahmatullohi Alaihi.Sudah jelas bukan.Salafi yang asli juga tidak suka mengata-ngatai yang buruk2.Apalagi kepada saudara nya yang seiman.Naudzubillahi hi mindzalik.Semoga seluruh ummat Islam didunia diberi hidayah dan taufik dari Allah SWT.

  96. Yang benar adalah kita mengikuti ulama salaf bukan mengaku diri sebagai salafi karena salafi itu sendiri sudah tidak ada yang ada kaum sempalan 2 yang mengaku benar sendiri.Hal itu didasari kesombongan padahal tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada sebiji kesombongan.naudzubillahi min dzalik.Siapakah ulama salaf itu yaitu Seperti Imam besar pada masa kejayaan Islam contohnya Imam Malik,Imam Ahmad bin Hanbal,Imam Abu Hanifah,dan Imam Asy-Syafi’i.Dan para ulama yang mengikut mereka.Mereka itulah yang kita jadikan panutan,contoh dan lain sebagainya.Kalau sudah berani mengkafirkan ulama maka hal itu perlu dipertanyakan apanya yang dipertanyakan yaitu imannya.
    Yang secara syaria’at saja kita belum tentu becus kok sudah berani mengakafirkan para ulama,sinting kali ya.Padahal dalam hadits Rasullullah telah bersabda ulama adalah para pewarisku.

  97. kita ini ka mengikut para ulama jaman dahulu aja. aku sendiri malah tidak memperdulikan penilaian syaikh bin baz terhadap tingkat keshahihan sebuah hadits.
    karena tak mungkinlah syaikh bin baz lebih alim pula dari para ulama terdahulu yg belajar bahkan dari ratusan guru.
    tp karena kebanyakn buku islam yg tersebar hanya karya syaikh bin baz maka itulah yg dibaca

  98. KENAPA SALAFI GAK BIKIN ORDO ISLAM PROTESTAN AJA KAN KERJANYA MEMPROTES 2SESAMA SDR MUSLIM DAN SELALU MENGOBRAL BID AH YG DILUAR KELOMPOK KAJIAN NYA DIVONIS JADI AHLI NERAKA SEMUA KAYAK KLOMPOK NYA AJA YG MENENTUKAN SURGA NERAKA SESEORANG .NAUZUBILLAH MINZALIQ

  99. orang yang mengkafirkan orang lain berarti dia telah mengkafirkan dirinya sendiri

  100. Subhanallah mudah2an pade sadar tuh WAHABI…
    Bang Sastro MAJU TERUSSSS… muannntttaaaffff….

    Sekarang gini aje deh…
    Kite bongkar kuburan2 syeikh WAHABI masih utuh kaga ?? Klo cm tulang belulang Nah apakah artinya ??
    Biar pade puas tuh pengikutnyee…
    Yang ane tau orang2 yg suka MAULID, TAHLIL, ZIARAH KUBUR dll g pernah mensyirikkan orang2 yg gak suka MAULID, TAHLIL dll…Lah knp sih WAHABI Nafsu banget….???

    Nah ane ad IDE gmn kalo WAHABI ngebongkar kuburan2 Syeikh mereka sendir sbg tanda bukti kebenaran…??
    Klo kuburan2 Para Habaib and Kiyai2 jgn d tanya lg…Lah wong d CONDET byk banget kuburan murid2 dari Para Hababib & Kyai masih pade utuh…salah satunye kuburan Tetangge ane yg ngajinye d Habib yg sama…dah 6 Tahun d kubur masih utuh, trz kmren di pindahin k pasar minggu karena tanah di bantaran kali dah mulai terkikis…SUBHANALLAH…masih utuh…beliau seorang Haji dan sangat cinta ama para Habaib and Kyai…
    Nah skrang WAHABI bisa gak ngasih bukti ke kite2 klo kuburan2 WAHABI jasad d dlm nye masih pada utuh…???
    Ane tunggu !!!

  101. kang sastro …..salut buat anda…
    Hajar habis kang satro para wahabyun keras kepala yg ga punya toleransi sedikut pun….mau menang dewe si katro wahabyun…yg semua orang yg ga sesuai dgn fahamnya di bilang sesat,kafir,bid’ah…kayaknya surga mau untuk kalangannya sendiri….kacian dee loh wahaby….

  102. Hadirilah Da’wah Indonesia 1433 H/ 2011 M bersama :
    Al-Musnid Al-‘Allamah Al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidh (Ulama Hadhramaut-Yemen)
    di Komplek Hankam, Cidodol- Kebayoran Lama
    Hari Ahad, 18 Desember 2011 jam 06.00 WIB s/d Selesai
    “Ketahuilah Pendapat Beliau Tentang Wahhabi/Salafy di Majelis Beliau ini”

  103. Kang Sastro,
    Wahabi ini kan upaya propaganda dari Arab Saudi yang ingin fahamnya menyebar di Indonesia, karena kita semua maklum kalo orang Indonesia itu terbanyak kehadirannya di Arab Saudi, terlebih dengan benturan yang sering terjadi itu umumnya berasal dari faham umat islam Indonesia, jadi mereka mencoba membuat gerakan dengan menciptakan suatu organisasi boneka agar ummat islam Indonesia bisa menerima faham Wahabi mereka.
    Lihat saja perkembangan kelompok mereka semakin banyak, semakin kuat, padahal dari setiap ‘Play Maker’ mereka bukan berasal dari Pebisnis Sukses, atau orang kaya, tetapi betapa mudahnya mereka membebaskan lahan, membangun gedung, merekrut pengurus/aktivis yang digaji menggiurkan. (Lihat aja aktivisnya umumnya berlebel ‘Lc’)
    Ada ustadz yang kerjaannya cuma mengajar satu mata pelajaran tapi sudah bisa memiliki rumah bagus, kendaraan roda empat, bahkan selera konsumtipnya pun level menengah keatas, padahal bisnis lain nggak ada, paling banter disuruh menjadi agen penyaluran buku-buku propadanda mereka dengan memuliakan tokoh-tokoh mereka.
    ini semua karena mereka didanai tanpa limit dari sononya,
    emang kita-kita?
    Mau bikin jam’iyahan aja mesti ngumpulin duit cukup lama, bahkan mengajukan proposal kesana-kemari, itu juga dapatnya nggak seberapa.
    Emang enak kalo sudah mau masuk ke kelompok Wahabi, karena hidupnya terjamin (katanya dunia akhirat)
    Kita mau bikin Mushalla kecil aja butuh waktu sampai 7 (tujuh) tahun mulai dari beli lahan sampai membangunnya, tapi mereka bisa secara Tiba-tiba, Bim-Salabim, Abra Kadabra, nggak tau kapan beli tanahnya, tiba-tiba sudah ada macam-macam bangunan mulai dari Madrasah, Gedung Ta’lim, Masjid, Perumahan Pengurus & Asatidz, bahkan Stasiun Pemancar Radio….. duit siapa tuh ?
    Kang Sastro saya jamin nggak bakal sanggup kan ?

  104. Sesungguhnya kita semua gak ada yang tahu pasti bagaimana sih mengamalkan Islam yang sebenar-benarnya seperti yang dicontohkan oleh Rasululloh Muhammad SAW.
    Yang pasti adalah,umat Islam saat ini telah kehilangan “panutan” kehilangan tauladan , kebingungan amalan.
    Ketika ada seorang muslim mengamalkan sebuah amalan. Di satu pihak ada yang mengatakan ini amalan baik dan boleh diteruskan, di pihak lain ini amalan sesat, bid’ah jangan dikerjakan, pihak lain lagi mengatakan itu amalan meragukan sebaiknya ditinggalkan dulu sampai ada kepastian. Dan masih banyak komentar/pendapat lainnya.
    Apa hasilnya ? hasilnya adalah semakin banyak umat muslim yang lebih memilih tidak mengamalkan apa-apa, karena takut ini salah, bid’ah, haram, makruh dll.
    Harapan terbesar umat Islam saat ini adalah, adanya satu sosok panutan/ satu tauladan dalam mengamalkan ajaran Islam. Mungkinkah ????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: