Rumah Tempat Kelahiran Rasulullah Dipenuhi Coretan

Beberapa jamaah haji hanya geleng-geleng kepala saat melihat rumah yang diceritakan sebagai tempat kelahiran nabi. Mereka menyayangkan tidak adanya perawatan dan perhatian dari pemerintah sebagai situs sejarah. Pemerintah Arab Saudi sengaja membiarkan rumah ini dan tetap menjadi perpustakaan yang selalu terkunci karena pemerintah Arab khawatir jika rumah ini dibangun rapi akan dijadikan tempat syirik oleh jamaah haji yang tidak mengerti masalah tauhid.

—————————————————————–

    Rumah Tempat Kelahiran Rasulullah Dipenuhi Coretan
    Muhammad Nur Hayid – detikNews
    Jumat, 28/11/2008 07:46 WIB
    (Laporan dari Arab Saudi)

Makkah – Rumah yang berukuran sekitar 10X18 meter ini merupakan bangunan terjelek yang ada di sekitar Masjidil Haram. Rumah yang diceritakan sebagai tempat Rasulullah SAW dilahirkan ini tidak dirawat layaknya situs bersejarah yang ada di Indonesia.

Konon, pemerintah Arab Saudi sengaja membiarkan rumah ini dan tetap menjadi perpustakaan yang selalu terkunci karena pemerintah Arab khawatir jika rumah ini dibangun rapi akan dijadikan tempat syirik oleh jamaah haji yang tidak mengerti masalah tauhid.

“Saya dengar ini dibiarkan begini agar tidak disucikan oleh jamaah haji yang masih belum murni tauhidnya. Begini saja masih banyak jamaah haji dari India, Turki, Bangladesh yang datang berdoa di depan pintu sambil mengusap-usap temboknya,” kata salah seorang petugas kebersihan yang selalu berjaga di sekitar rumah nabi.

Saat wartawan detikcom Muhammad Nur Hayid mendekati rumah tersebut, coretan spidol dan pulpen terlihat di tembok bagian depan rumah yang menjadi saksi lahirnya Rasulullah ini. Berbagai tulisan nama dan doa dari berbagai bangsa dan bahasa terpampang bersama tanda tangannya.

Itulah kondisi rumah tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW, rasul pamungkas dari seluruh nabi dan rasul yang diutus Allah untuk menuntun ummat manusia ke jalan tauhid.

Bangunan sebelah kiri dari rumah ini dijadikan gudang untuk menyimpan barang-barang yang tak terpakai. Sementara batas bagian kanan langsung berhadapan dengan tempat pengambilan air zam-zam yang disediakan pemerintah Arab. Sementara bagian belakang rumah ini berbatasan dengan trotoar jalan yang dilalui masyarakat yang akan berjamaah ke Masjidil Haram dan mengambil air zam-zam dari keran yang disediakan.

Suasana ramai ditambah lagi dari desingan alat-alat berat yang sedang membuldoser daerah yang dulunya disebut pasar seng untuk perluasan halaman Masjidil Haram. Akibatnya debu-debu pun sering mewarnai areal ini jika alat-alat berat itu beroperasi.

Beberapa jamaah haji hanya geleng-geleng kepala saat melihat rumah yang diceritakan sebagai tempat kelahiran nabi. Mereka menyayangkan tidak adanya perawatan dan perhatian dari pemerintah sebagai situs sejarah.

Menurut buku sirah nabawiah, tempat kelahiran Nabi dulunya dikenal dengan lembah Abu Thalib. Ketika Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah, rumah ini ditinggali oleh Aqil bin Abi Thalib yang kemudian didiami oleh anak turunannya.

Selanjutnya rumah itu dibeli oleh Khizran, istri Harun. Kaum muslimin dari seluruh dunia menghormati rumah ini.

Seorang tenaga musiman (temus) mengaku pernah mendengar tempat kelahiran Nabi itu akan dibongkar. Tujuannya untuk perluasan Masjidil Haram. Namun, entah mengapa, niat pemerintah setempat diurungkan.

“Saya dengar, pimpinan negara Islam dunia mengajukan keberatan kepada pemimpin Arab Saudi. Sehingga, ya tempat kelahiran Nabi tetap seperti itu,” kata Anto, temus asal NTB yang sudah puluhan tahun bermukim di Makkah.

Tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW ini kini telah diubah menjadi perpustakaan umum. Namun tak semua orang bebas masuk. Pada tahun lalu juga diberlakukan larangan serupa. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya kerusakan pada koleksi buku yang tersimpan di dalamnya.

Dahulu, di tempat tersebut, dibangun sebuah masjid oleh Al-Khaizuran, ibu dari khalifah Harun Al Rasyid pada Dinasti Abbasiah. Lantas dihancurkan dan dijadikan perpustakaan umum oleh Syaikh Abbas Qatthan pada 1370 H/1950.

Di atas rumah dan bagian depan pintu tertulis huruf Arab Maktabah Makkah al-mukarramah` (Perpustakaan Mekkah al-Mukarramah) . Konon bangunan tempat kelahiran nabi yang sekarang ada tetap berdiri karena atas desakan wali kota Makkah Syaikh Abbas Qatthan yang meminta agar Raja Abdul Aziz mengizinkan ia untuk membangun perpustakaan dan sekarang juga disebut Maktabah Makkah Mukarramah. (yid/nrl)

About these ads

42 Tanggapan

  1. Akhirnya…. sekte non muslim pun tersenyum tertawa… Umat Islam terkesan kumuh… katanya. Kabarnya… bahkan situs…. rumah nabi muhammad saw juga dihancurkan rata dengan tanah oleh pemerintah kerajaan arab saudi… miris… katanya lagi…

  2. ass.syukron kang.dengan adanya blog ini sy yg awam jadi sedikit tau tentang islam. bagaimana hukumya mengamalkan amalan2 yang ada khodamnya.mohon penjelasan

  3. inilah potret negara wahabi yang hanya dengan alasan yang tak masuk akal, mengahancurkan semua situs 2 umat islam, jangan salahkan generasi islam sekarang kalau mereka tak mengerti sejarah islam dan lebih condong kepada budaya dan sejarah barat.

  4. Tanpa bermaksud untuk mengkultuskan beliau Rasulullah SAW, akan sangat bijak bila pemerintah Arab Saudi menjaga keutuhan dan keaslian rumah kelahiran beliau tersebut sehingga ummat muslim dapat mengetahui sejarah nabi panutannya. Meski saya belum berkesempatan untuk mengunjungi rumah tersebut sewaktu pergi haji tahun lalu, namun sebagai seorang muslim saya sangat menyayangkan bila rumah tersebut sampai dibongkar, sebab saya melihat banyak bangunan besejarah di Arab Saudi yang sudah tidak kelihatan lagi alias telah digusur.

  5. dukung hancurkan kuburan wali2 Allah krn dikhawatirkan bisa jadi tempat pemujaan yg gak jelas! Kembalilah ke jalan Allah Ta’ala wahai kaum Quburi!!

  6. Inilah knyatan yg terjadi di saudi,sbagian bsar tempat” bersjrah dihancurkn smentara gdung” pencakar langit dn Kafe milik AS diskitar lokasi harom berdiri dg kokoh,lok scara spintas kita liat kita akn mrsa kagum namun jika kita rnungkan bhw inilah Tanda” kiamat di harom.

  7. Inilah kenyataan wahabi yang sesungguhnya
    Masyaallah dengan dalil syirik dan bid’ah penghormatan kepada Baginda Nabi diharamkan Coba bagaimana dengan guru mereka jika peninggalan mereka dibuat semacam itu pikirkan kawan…….

  8. wahabi lebih bengis dari pada hittler!!!!!!go to hell!!!

  9. Misi dan fisi wahabiesme indonesia ditahun 2030 harus meWAHABI.
    AWAS.!! Parpol wahabi diindonesia mulai brkembang.

  10. coba cari di youtube SAUDIA ARABIA – AMERICA – Slave & Master (Full) http://www.youtube.com/watch?v=jg2XmWGP5qU
    bahwa amerika dan saudi dianggap one nation

  11. Wahabi begitu keras dengan sesama muslim yang tidak sepaham, tapi mereka bersahabat dengan kafir Amerika.

  12. Ckckckckckckck…rumah Rasulullah mestinya dipelihara, bukan dicaorat-coret nggak karuan! -Rudyanto Lay

  13. BETUL SAYA SAGAT SETUJU JIKA RUMAH ROSULLUAH DI BUKA BEBAS&DI KERAMATKAN NISCAYA AHLUL SYIRI/AHLUL BID AH yg tersebar di indonesya pasty MENGERAMATKAN nya ketika haji:kita tahu kan bahwasanya islam indo nesya PENGEMAR SYIRIK&PEMATI SUNNAH

  14. Membaca gerak-gerik wahabi di tanah air, jadi ingat Sekte Khawarij jaman dahulu. Ketika berbicara dengan mereka ini saya terkesan bahwa sepertinya Allah Yang Maha Agung itu telah mempersempit syurga-Nya, sehingga hanya muat untuk mereka-mereka yang gemar bikin gaduh dengan menkafirkan sesama muslim. Mereka telah memonopoli kebenaran dengan mengharamkan segala sesuatu yang tidak dijustifikasi halal/boleh dari sumber-sumber mereka.
    Subhanallah, tapi pengacau-pengacau ini kok beraninya menyebut diri mereka sebagai gerakan pemurni agama yang santun dan sempurna ini…..

  15. Untungnya Ka’bah dan Masjid Nabawi berada di negeri “Wahaby” kalau di negeri yang penduduknya mayoritas NU, kain kiswah sudah ludes jadi jimat, batu ka’bah sudah jadi cincin kanuragan, batu aswad sudah jadi piala bergilir untuk dimandiin kembang, kuburan rasulullah diurug terus setiap minggu, habis tanahnya pada diambil terus buat jimat. Ahlussunnah kok bergantung pada jimat, orang mati, piye iki?

    Orang NU kok dilawan, andai saja Gus “Dajjal” Dur memerintahkan nahdliyin suruh minum air kencingnya aja mau sekali, wong panutannya kiai, bukan Rasulullah SAW. Nanti kalau ada yang protes perbuatan itu mussyrik, senjatanya : “kamu wahabi yah”. Walah walah wonge goublok2 tapi keminter. Ibnu Taimiyah aja dianggapnya wahabi, sangkin goblok dan bencinya, kebenaran tidak dikedepankan, tapi kebencian dikedepankan.

    Mana bukti lurus akidahmuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu???????

  16. dasar wahabi gak punya penghormatan kpd nabi Muhammad….

  17. abu faiq KATA-KATA ANTUM DARI TULISANNYA TERLIHAT SEKALI
    ANTUM SANGAT MEMBENCI ORANG NU
    LAMA-LAMA ANTUM MEMBENCI ORANG MUHAMMADIYAH
    LAMA-LAMA ANTUM MEMBENCI ORANG ISLAM SELURUHNYA

  18. yang jelas wahabi memang kaku, agamanya agama kontekstual tidak memiliki rasa cinta.

  19. Islam sebagai rahmat bagi dunia sudah menunjukan berbagai keteladannya, komentar juga ya di blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: