Wahabisme; Premanisme Berkedok Agama

stop-wahhabisme.jpg
Sekalipun berganti-ganti nama, ada satu ciri khas yang tidak akan bisa mereka ubah: pengkafiran terhadap salah satu kelompok di dalam tubuh umat. Ciri-khas ini sebenarnya adalah konsekuensi alamiah dari kerancuan berpikir dan kesempitan pandangan mereka tentang Islam, bahkan tentang Tuhan, manusia dan alam semesta. Mengkafirkan kelompok lain adalah raison d’etat bagi ajaran mereka. Tanpa ciri ini mereka tidak akan mempunyai sensasi atau keunggulan apapun dari mazhab-mazhab lain dalam Islam. Dan cara paling mudah untuk berkuasa di tengah umat adalah menciptakan gesekan dan perpecahan di tengah umat Islam, sehingga umat akan sibuk bertikai. Pada saat itu, mereka akan dengan mudah melakukan rekrutmen, membangun jaringan, menghancurkan landasan legitimasi tradisional, merangsek ke pusat-pusat kekuasaan sosial, politik dan ekonomi.

————————————–

Wahabisme; Premanisme Berkedok Agama

    Pada tragedi 11 September 2001, dunia dikejutkan dengan keganasan kelompok Salafy (Wahaby). Masyarakat AS sangat terkejut karena mendengar kabar bahwa 15 dari 19 pelaku teror itu adalah warga Arab Saudi, negara Arab yang paling dekat dengan AS selama 4 dekade belakangan ini.

    Pada 11 September itu, rakyat AS baru merasakan langsung kegilaan Wahabisme – ideologi yang telah lama dibesarkan oleh rezim yang berkuasa di Gedung Putih. Penyebaran Wahabime ke seluruh dunia Muslim berlangsung cepat lantaran dukungan dana kerajaan Arab Saudi dan sebagian besar negara Teluk. Ada begitu banyak bukti yang menunjukkan simbiosis antara agenda rezim-rezim korup Arab, kekuatan kolonial Barat dan kelompok Wahabi. Kelompok liar seperti ini memang sengaja ditanam sebagai bom waktu di tengah masyarakat Muslim. Begitu terendus adanya kebangkitan Muslim untuk melawan kolonialisme, rezim korup Aran dan kekuatan kolonial yang menyokongnya tinggal memencet tombol detonator gerakan ini. Euforia ekstremisme gaya Wahabi akan mencegah kemungkinan bersatunya langkah umat demi perbaikan bersama.

    Ditinjau dari sudut pandang sejarah Islam, mereka sebenarnya bukanlah fenomena baru. Sudah sejak lama (cikal bakal) mereka bercokol di dalam tubuh umat Islam. Hanya saja, nama dan identitas mereka terus berganti. Di zaman Khalifah Ali bin Abi Thalib, mereka ingkar pada bait, mengkafirkan Sang Khalifah dan menghalalkan darahnya. Para ahli menyebut mereka sebagai khawarij (kelompok yang memberontak atas pemerintahan yang sah). Pada awal abad lampau, kelompok dengan ideologi serupa kembali mengangkat senjata untuk melawan penganut Ahlusunah wal Jamaah di bawah kekhalifahan Usmaniyah yang memerintah jazirah Arab waktu itu. Dibantu oleh kekuatan imperialis Inggris, kelompok penganut Muhammad bin Abdul Wahab ini akhirnya berhasil mendepak pasukan Usmaniyah.

    Setelah pembentukan kerajaan Arab Saudi, ajaran-ajaran Muhammad bin Abdul Wahab yang lebih dikenal dengan sebutan Wahabi ini menjadi ideologi resmi Kerajaan. Sejumlah negara Teluk lain yang berada dalam lingkaran pengaruh Suadi juga mengadopsi ideologi yang sama. Sejak itu, kelompok ini tanpa ampun membasmi basis sosial, politik dan budaya Ahlusunah wal Jamaah di jazirah Arabia. Sekalipun masyarakat tetap pada mazhab mereka semula, tapi kebanyakan rezim yang berkuasa sudah berkolusi dengan para ulama Wahabi untuk menghabiskan jejak-jejak “Islam lama” dan menggantikannya dengan “Islam ala Wahabi”.

    Sekalipun berganti-ganti nama, ada satu ciri khas yang tidak akan bisa mereka ubah: pengkafiran terhadap salah satu kelompok di dalam tubuh umat. Ciri-khas ini sebenarnya adalah konsekuensi alamiah dari kerancuan berpikir dan kesempitan pandangan mereka tentang Islam, bahkan tentang Tuhan, manusia dan alam semesta. Mengkafirkan kelompok lain adalah raison d’etat bagi ajaran mereka. Tanpa ciri ini mereka tidak akan mempunyai sensasi atau keunggulan apapun dari mazhab-mazhab lain dalam Islam.

    Agenda utama mereka adalah menyusun strategi di bawah tanah, dan membangun radikalisme di kalangan remaja yang minim pemahaman agama. Begitu mendapatkan momentum, mereka akan bergerak menekan kelompok penganut mazhab Islam lain yang paling lemah dan sedikit. Gerakan semacam itu sama sekali bukan untuk memurnikan Islam dari kesesatan sebagaimana yang mereka gembar-gemborkan, tapi justru untuk menggalang opini dan memobilisasi massa. Ujung-ujungnya tak lebih dan tak kurang adalah keinginan menguasai umat Muslim. Dan cara paling mudah untuk berkuasa di tengah umat adalah menciptakan gesekan dan perpecahan di tengah umat Islam, sehingga umat akan sibuk bertikai. Pada saat itu, mereka akan dengan mudah melakukan rekrutmen, membangun jaringan, menghancurkan landasan legitimasi tradisional, merangsek ke pusat-pusat kekuasaan sosial, politik dan ekonomi.

    Begitulah kerja mereka selama 3 dekade terakhir ini di Pakistan, India, Afghanistan, Somalia, Sudan, Nigeria, Aljazair, Mesir dan negara-negara Muslim lainnya. Di Mesir, mereka sempat berhasil memecah gerakan Ikhwanul Muslimin dan menguasai kalangan pelajar muda universitas- universitas Islam, terutama Al-Azhar. Pada pertengahan tahun 70-an sampai 90-an, mereka meraup legitimasi dan kredibilitas besar di tengah umat. Namun, berkat konsolidasi internal para penganut mazhab Ahlusunah wal Jamaah, kelompok ini lantas terusir dan terkucilkan. Mereka akhirnya hanya dikenal dengan sebutan jama’ah at-takfir wal hijrah (kelompok yang mengafirkan dan berhijrah).

    Untunglah, gerakan Wahabi tidak pernah mendapatkan momentum di kalangan umat Muslim Indonesia. Sejak lama ulama Indonesia memperingatkan umat agar jangan sampai kelompok ekstrem ini membajak Islam demi kepentingan- kepentingan sempit dan gila mereka. Akibatnya, dengan segala dukungan dana besar dan akses luas di Timur Tengah, mereka tidak menemukan celah masuk ke negeri ini. Lebih-lebih, masyarakat Indonesia pada dasarnya tidak akan menerima ajaran kering spiritualitas yang mereka sodorkan itu. Menangisi orang yang mati, ziarah kubur, mendoakan orangtua yang sudah wafat, meminta doa pada orang suci, membawa bunga untuk orang sakit dan sebagainya adalah beberapa aktivitas manusiawi yang mereka anggap sebagai menyekutukan Allah. Jelas ini kegilaan yang tidak akan mungkin bisa diterima kecuali oleh masyarakat yang secara genetik cenderung skizofrenik—kehilang an hubungan dengan realitas.

    Namun demikian, akhir-akhir ini, seiring invasi Irak, kelompok ini kembali melihat peluang menguasai opini publik di dunia Muslim. Mereka kini mencoba bangkit dari siksa kubur untuk berdiri di antara puing-puing pertikaian satu kelompok Muslim dengan kelompok Muslim lain. Kelompok ini mengirim para pelaku bom bunuh diri yang bekerja sepenuhnya acak untuk membunuh ribuan kaum Muslim Syiah di Irak. Lalu, mereka menghasut mayoritas Muslim Sunni, seperti di Indonesia, untuk bangkit dan melawan saudara Muslim Syiah mereka.

    Demikianlah, umat Muslim harus segera disembuhkan dari kegilaan ideologi Wahabi ini. Demi kepentingan agama dan bangsa, kita mesti bangkit bersama-sama untuk mengikis mazhab skizofrenik yang anti segala norma kemanusiaan ini. Umat Muslim Indonesia dituntut untuk bisa menetralisasi ideologi barbar ini. Semangat di balik konferensi ulama Islam yang baru-baru ini diadakan di Bogor untuk merekatkan hubungan antar penganut mazhab Islam sebenarnya terletak di sini: menyingkirkan syakwasaksa dan kecurigaan di antara sesama umat Muhammad. Dan agenda ini jelas bertentangan dengan hakikat Wahabi.

89 Tanggapan

  1. Alhamdulillah………saya,istri dan anak2, ENGKAU beri hidayah dan istiqomah serta diwafatkan kelak (InsyaALLAH ) sebagai Salafy…………

  2. mari kita bantai pemikiran-pemikiran wahabi yg slalu menimbulkan keresahan umat

  3. Qulta : “Setelah pembentukan kerajaan Arab Saudi, ajaran-ajaran Muhammad bin Abdul Wahab yang lebih dikenal dengan sebutan Wahabi ini menjadi ideologi resmi Kerajaan”
    dari pernyataan ini saya jadi tahu antum menisbatkan wahabi ke Muhammad bin Abdul wahhab.
    “ada satu ciri khas yang tidak akan bisa mereka ubah: pengkafiran terhadap salah satu kelompok di dalam tubuh umat”
    dari prkataan antum ini bisa tidak antum tunjukan satu saja nukilan dari buku2 atau kitab2 karangan Muhammad bin Abdul Wahab yang mendukung perkataan antum !!.
    Kalo antum maksudkan penyebaran tulisan ini untuk pencerahan coba lah sandarkan semua tulisan antum dengan bukti yg bisa dipertanggung jawabkan.

  4. 1.Akhi,kenapa antum memuat foto 3 ulama Ahlus Sunnah kemudian di coret, dan dijadikan background tulisan Al Wahabiyah,tidakkah antum tahu-hadakumulloh-itu adalah tindakan tidak terpuji,saya yakin,antum sudah pernah mendapatkan pelajaran adab terhadap para ulama,satu musibah besar kalo antum belum tahu bagaimana adab terhadap Ulama, sedangkan keponakan saya yang baru berumur 10 tahun sj sudah mengetahuinya. penyakit apakah gerangan yang menghibggapi hati dan diri antum sehingga berbuat seperti itu???
    2. Kenapa posting ana yg pertama tidak antum muat, apakah antum lagi pusing belum mendapatkan satu nukilan pun dari kitab2 syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab_Rohimahulloh_kalo ciri dakwah beliau adalah mengkafirkan orang lain yang diluar kelompoknya. “Qul Haatu Burhanakum ,Inkuntum shodiqin”
    3.Semoga Alloh memberikan hidayah untuk kami dan antum.

    —————————-
    Sastro Menjawab:

    Ulama Wahaby atau Ahlusunah? Beda lho…?
    Postingan pertama anda yang di atas itu khan?

  5. dari dulu sampe sekarang saya masih merasa hormat dengan tokoh2 NU yg ikhlas. karena memang latar belakang keluarga saya NU. dan beliau2 ini sy anggap sebagai ‘guru’ islam.
    namun akhir2 sy agak menyayangkan pernyataan dari KH Hasyim Muzadi (yg sy hormati, kalo ketemu pengen nyium tangannya sich). bahwasannya masjid2 telah dikuasai oleh gerakan islam transnasional. dari sini sy merasa khawatir akan terjadi perpecahan umat di indonesia. maka akan timbul rasa saling curiga dan saling tuduh. apalagi didaerah-daerah, kuatirnya timbul tindakan kekerasan.
    padahal tidak semua gerakan islam transnasional itu bertujuan untuk memecah belah umat, justru ingin menyatukan kembali segala perbedaan.
    saya lebih setuju segmentasi dalam mempelajari islam. sebagai contoh untuk masalah fiqh ibadah saya prefer belajar ke NU. terus kalo ingin yang dikaitkan dengan edukasi saya prefer ke muhammadiyah. kalo ingin menumbuhkan semangat ya baca2 buku kebangkitan umat karyanya Hasan Albana (Ikhwanul Muslimin). kalo ingin melembutkan hati ya ke tasawuf ato jama’ah tabligh. semuanya bagus asalkan nggak saling nyalahin. la wong ngatain orang secara langsung ‘kamu salah!’ aj dianggap kurang beretika. karena manusia tempatnya ‘gak tau’ n ‘lupa’.
    tanya semua ust, kyai, syeikh yg soleh, apa hukumnya berukhuwah? jawabannya pasti WAJIB…

  6. Untunglah, gerakan Wahabi tidak pernah mendapatkan momentum di kalangan umat Muslim Indonesia. Sejak lama ulama Indonesia memperingatkan umat…….

    Assalamu’alaikum wrwb.
    Rupanya bung Sastro salah memetakan. Justru sebaliknya, sebagian besar masyarakat kota, pemuda, pelajar, dan kaum intelektual telah terpengaruh ajaran ini. Besar kecilnya pengaruh tergantung pada latar belakang pendidikannya masing-masing.

    Lihatlah pendapat mereka tentang tawasul, madzab, ziarah wali, rakaat tarawih, dll. Sebagian besar kaum terpelajar, masy. kota, dll lebih banyak yang setuju dengan pendapat yang berwarna wahaby, bukan ke ulama-ulama madzab. Walaupun mungkin pendapatnya tidak sekeras wahaby yg asli.

  7. salafy itu agama baru yach… ?

    Klo sy dan keluarga seh ingin diwafatkan dalam keadaan muslim (islam) s, sebagaimana firman Allah SWT :

    “Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (QS. 2:132)

    “Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. “(QS. 3:19)

    “Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah berserah diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan. “(QS. 3:83)

    “Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. 3:85)

    “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. 3:102)

    “Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. 5:3)

    “Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Qur’an) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.” (QS. 22:78)

    “Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.” (QS. 39:22)

    “YA ALLAH, LINDUNGILAH AKU DAN KELUARGAKU DARI FITNAH SALAFI(WAHABY)……!!!!!

  8. setuju kampanye menentang sifat salafi wahabi yang mengkafirkan orang sana sini demi kepentingan politik kelompok saud

    tapi kita harus juga menjaga posisi di tengah, jangan mengkritik kelompok ekstrim tapi terbawa kepada ekstrim yang lain….menisbatkan peristiwa 911 kepada muslim adalah sikap keliru…kita harus berpijak kepada baik sangka kepada muslim dan berburuk sangka (teori konspirasi) kepada nonmuslim…bahkan berdasarkan bukti2, lebih dari setengah warga amerika percaya bahwa peristiwa 911 adalah rekayasa

    —————————
    Sastro Menjawab:

    Kita juga harus akui bahwa ada dari saudara-saudara kita sesama muslim yang karena kepolosan dan kedangkalan ilmu mereka tentang Islam, dan hanya berbekal keislaman yang amat kuat tanpa didukung strategi yang bagus, akhirnya dimanfaatkan oleh musuh-musuh Islam…kita lihat, betapa gerakan al-Qaedah dan Thaliban telah dibesarkan dan didukung oleh USA untuk membuka jalur-jalur atas kepentingan USA, terkhusus di wilayah-wilayah Tim-Teng. Tetapi konon, kini anak itu (al-Qaedah dan Thaleban) telah berkhianat kepada bapak angkat yang selama ini membesarkannya (USA). Itu kemungkinan pertama. Kemungkinan kedua, antara USA dan al-Qaedah juga Taleban lagi bermain sandiwara di hadapan masyarakat dunia, saling bermsuhan di depan publik tapi mesra di balik layar. Kedua analisa dan kemungkinan itu memiliki dasar-dasar dari fenomena-fenomena yang terjadi di dunia selama ini. Makanya 9-11 itu adalah rekayasa antara CIA-Mossad-Al-Qaedah (anak angkat USA).

  9. TALBIS IBLIS……..TALBIS IBLIS…TALBIS IBLIS…………….
    Orang kafir dan munafik akan menggunakan segala cara untuk menyerang ISLAM yang HAQ, gambar penghinaan diatas diambil dari situs negeri tetangga. Orang kafir,munafik akan bahu membahu memadamkan TAUHID dan SUNNAH………
    Situs ini adalah TALBIS IBLIS untuk menggelincirkan umat menjadi quburriun ( Pemuja Kubur ).

  10. Assalamu’alaikum

    Alhamdulillah artikel ini dikeluarkan kang Sastro, sehingga terungkaplah ketidak-tahuan kang Sastro atas apa yang beliau sebut salafy/wahaby. Karena yang beliau sebut Usamah, Taliban, tidak bermanhaj Salafy, karena Salay tidaklah mengkafirkan orang yang sudah mengatakan kalimat syahadat. Dan tentu saja tidak akan membom, membunuh orang-orang yang jelas muslim.

    Dan posting saudaraku orang awam juga menunjukkan ketidak-tahuan tentang manhaj ini (Salafy). Beliau mengatakan:

    “Lihatlah pendapat mereka tentang tawasul, madzab, ziarah wali, rakaat tarawih, dll. Sebagian besar kaum terpelajar, masy. kota, dll lebih banyak yang setuju dengan pendapat yang berwarna wahaby, bukan ke ulama-ulama madzab. Walaupun mungkin pendapatnya tidak sekeras wahaby yg asli.”

    Ini menunjukkan ketidak-tahuan beliau juga tentang ilmu agama, tentang madzab yang empat, yang beliau ketahui hanya taklid, hanya ikut kyianya, tanpa ilmu. Perlu anda ketahui dalam mengambil hukum Salafy selalu mengikuti generasi ulama terdahulu, sesuai dengan namanya Salaf yang berarti terdahulu. Jadi termasuk yang diambil adalah pendapat Imam yang empat. Kalau perkataan beliau ini benar maka saya mohon beliau memberikan pendapat Salafy yang bertentangan dengan pendapat ulama terdahulu. Jika tidak maka saya anggap beliau mengakui ketidak-tahuannya akan agama ini.

  11. ass. buat semua pembaca bloq ini.
    ana buat dari nu dan memang ana tidak suka sama gusdur tapi ana tidak benci sama nu dan sama sekali masih suka. ana masih bisa tentukan mana kiyai yang pantas atau tidak. jadi buka nu yang pantas disalahkan.

    buat mas sastro ana doakan tetap berjuang, karena bagaimanapun salafiyun itu dikasih pemahaman dan pengertian tetap saja tidak mempan(tidak mau).
    Sama seperti Muhammad bin Abdul Wahab ketika diingat oleh ayahnu\ya Syeikh Abdul Waham Al-Hambali dan juga saudaranya Syeikh Sulaiman bin Abdul Wahab tidak mau dan tertutup hatinya untuk diingatkan. (Nauzubillah).

    abu fatih – anak medan

  12. “Menangisi orang yang mati, ziarah kubur, mendoakan orangtua yang sudah wafat, meminta doa pada orang suci, membawa bunga untuk orang sakit dan sebagainya adalah beberapa aktivitas manusiawi yang mereka anggap sebagai menyekutukan Allah.”

    JADI CURIGA… YG NULIS ARTIKEL INI TAU “WAHABI APA GA YAA..”

  13. Apa yang didapat oleh pihak-pihak tertentu pasca WTC 9/11?

    1. Amerika mendapat rasa malu karena securitynya kebobolan

    2. Zionis mendapat asuransi yang luar biasa banyak dari runtuhnya WTC

    3. Wahabi selaku eksekutor mendapat “firdaus” kata muthowik mereka padahal sebenarnya muthowik ini mendapat dollar dari panitia penghancuran WTC yang notabene wong Yahudi, kalo diibaratkan demo muthowik ini korlapnya

    4. Islam mendapat stigma buruk di mata Amerika dan dunia

    5. Pemilik gedung tidak usah repot-repot mengeluarkan biaya ekstra untuk merobohkan bangunan tersebut

    Dengan logika dakwah rahmatan lil alamiin seharusnya mereka sebagai muslim menyebarkan ajarannya ke tengah-tengah masyarakat Amerika yang banyak sudah tidak beragama. Namun apa lacur Banu Qinanah modern dan Zionisme sudah berkolaborasi

  14. @Abu Abdillah
    ente jangan taqiyyah ya…!
    Ushul wa Dhawabith fi At Takfiir (Kaidah Memvonis Kafir)
    karya: Syaikh Abdul Lathif bin Abdurrahman bin Hasan Alu Syaikh
    (ini ana ambil dari mailist/web anda dan pasti ente tahu dengan pengarang buku tersebut)

    Buku ini adalah juklak (petunjuk pelaksanaan) pengkafiran yang dilakukan jamaah Salafy terhadap firqoh-firqoh laen yang dipandu oleh senior-senior Anda.

    Masya Allah…! Itukah ajaran Rasulullah Saww??????
    syaikh ente sudah bermuka dua dalam hal ini

  15. Sebenarnya banyak yg salah memahami tujuan kerja dari gerakan Salafy Wahabi selama ini,,,,,Tidakkah Kita ingat dulu juga ada Makhluk Allah yg sangat tinggi pemahamannya tentang Ilmu Ketauhidan bahkan di aplikasikan dalam kehidupannya,,..Untuk menjaga diri dari sifat Syiriknya itu Perintah Allah Ta’ala sendiri untuk Sujud kepada Nabi Adam Dia tak mau,,,,,Disini Kita salah paham lagi kepada makhluk Allah itu,,,..Mempertahankan Tauhid atau apa namanya ya??? Oleh kerna sifat Sombong dari Makhluk tersebut sehingga Allah Murka dan dicampakkanlah Ia ke dunia,,,semenjak itu Dia berIkral untuk membenci yang namanya Nabi (kerna kerja Nabi berlawanan dgn kerja Makhluk itu), dan juga menyesatkan seluruh Manusia. Sehingga Makhluk Allah itu mencari Pengikut dan Antek2nya untuk sama2 menciptkan kebencia kepada Nabi,…Sehingga jangan heran kalau sekarang ada gerakan yang membenci semua yang ada kaitan dengan puji2an kepada Nabi tentu Kita tau kenapa membenci karna Musuhnya Makhluk itu telah dipuji,,,,Dengan Alasan menjauhkan Syirik maka ianya tak mau Sujud,…

  16. Alhamdul4jjI saya sekarang sudah lepas dari da’wah hizbi dan haraki dan berpihak kepada manhaj salaf..ya 4jj berikanlah pemahaman dan kehati hatian saudaraku dalam mengomentari da’wah yang haq ini..tapi seandainya mereka sengaja untuk memadamkan sunnah ini,,maka Engkaulah yang lebih tahu balasan kepada hamba2 yang menentang manhaj yang mulia ini..jadi saya semakin yakin memang yang haq itu banyak jalan yang merintanginya..termasuk dari kaum muslimin sendiri..tetap berjuang saudaraku!

  17. @Abu Abdillah
    Anda benar, sampai saat ini kami hanya bertaklid, karena keterbatasan kami. Kami bertaklid pd guru-guru kami, ustad-ustad kami.. ulama-ulama yg insya Allah benar-benar salafy.

    Jadi tidak benar kalau tanpa ilmu.

  18. sedikit bicara banyak kerjanya….
    tong kosong bunyinya nyaring…..
    becik ketitik, olo ketoro….
    koar-koar malah kebakar
    jaga lidah jaga lisan
    lidah itu ujungnya tajam
    hati-hati mas, jangan sampai kita teriris
    sssttt…
    kalo kita nggak tahu, ya lebih baik diam
    barakallaahu fiikum

  19. Salam,
    Saya baca banyak komentar dari kalangan wahabi yang mengatakan bahwa mereka (pengikut setia wahabi) setia dan konsis menjaga tauhid dan sunnah sedang kang Sastro dan kawan-2 seolah-olah menentang Tauhid dan Sunnah. ack.. yang bener aja
    tapi lama-lama saya pikir mulai setuju dengan mereka, kita telah meninggalkan sunnah Ibnu Taymiah dan Abd Wahab dan kembali ke Sunnah Nabi Saw.
    Oleh kerena itu mari beramai ramai dengan sadar:
    Kita tanggalkan keimanan kita kepada Ibnu Taymiah dan Abd Wahab
    Wassalam.
    dan kembali ber iman kepada Rosul Saw.
    Kita lemparkan ke tembok ocehan dari Ibnu Taymiah dan abd Wahab yang tidak bermoral itu dan kembali kepada naseha Nabi Saw dan para ulama yang berakhlak mulia berakal sehat dan penuh pengertian.
    Terima kasih

  20. Assalamu’alaikum

    @ Abu BH,

    Bisakah anda nukilkan dalam tulisan tersebut yang mengatakan bahwa Salafy mengkafirkan golongan selainnya? Golongan yang mana? Kalau Syiah Rafidhah, Ahmadiyyah, memang. Atau anda hanya membuat fitnah. tunjukkan bukti anda kalau memang anda orang yang benar….

    Dan ingat mengatakan sesat bukan berarti mengkafirkan. Ini yang sering orang-orang salah sangka.

  21. Ralat tulisan ‘wassalam’ seharusnya terletak diatasnya ‘Terima kasih”

  22. hmmmmmmmmmmm sebenarnya banyak kesamaan antara aswaja dengan mereka wahabi but paham yang gampang membiadahkannya saya tak habis pikir padahal untuk mengatakan bidah tidaklah segampang membalikkan telapak tangan untuk hal hal yang bersifat khilafiyah tentunya

  23. ass..mas sasro mau tanya …apa perbida’an wahabbi dan muhamadiyah trims

    ———————-
    Sastro Menjawab:

    Wahaby adalah ideology baru hasil inovasi Muhamad bin Abdul Wahab diambil dari ajaran kakek gurunya, Ibnu Taimiyah. Sedang Muhammadiyah adalah ORMAS di Indonesia yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial keagamaan. Hubungannya apa? Ya, sebagian besar pengikut Muhammidiyah terdidik dengan ideology Wahaby, tetapi Wahaby yang sudah mengalami perubahan kultur keindonesiaan sehingga lebih sangat lunak (moderat), jauh dibanding dengan Salafy yang Wahaby tulen made in Arab yang sama sekali gak cocok dengan budaya lokal Indonesia.

  24. Ya…ya…
    telah lahir agama baru namanya :
    AGAMA SALAFY
    NABINYA : MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB
    PENERUS AJARAN HAMBA ALLAH YANG SANGAT SALEH YANG TELAH BERSUJUD KEPADA ALLAH SELAMA 6000 TAHUNNNNN….

    neh contoh pengikutnya :
    abu_amr Says:

    Juli 24th, 2007 at 3:14
    Alhamdulillah………saya,istri dan anak2, ENGKAU beri hidayah dan istiqomah serta diwafatkan kelak (InsyaALLAH ) sebagai Salafy…………
    ———————————————————————————–

  25. ANA MAU NANYA APA HUKUMAN BAGI ORANG-ORANG YANG MENCELA ULAMA’ AHLU SUNNAH????????????????????????????????????????????TAUBATLAH WAHAI MANUSIA BODOH???????????????????????????????????????????????????????????

    ———————
    Sastro Menjawab:
    Ahlusunah atau Wahaby, beda lho…..he he he

  26. Ya Ya banyak orang merasa paling benar… seolah-olah dialah Rasul sesungguhnya… Menyalah-nyalahkan orang lain… Bahkan Orang Ini lebih toleran dengan Umat Nasrani atau Yahudi… bahkan kesahariannya mengikuti cara-cara kaum kafir tersebut… Kalau mau mengetahui ajaaran orsang masuklah dan tanyalah kepada mereka.. jangan lihat kulitnya saja langsung vonis… si M salah si S alah yang benar gue aja.. Surga neraka milik gue..

  27. Buat Abu Amr,

    Anda nampaknya memiliki kitab suci tersendiri ( nampaknya tidak/belum beredar ).

  28. Hmmm mudah-mudahan para Abu itu…” tidak kebakaran jenggot.
    Mas Sastro nyuwun dicopas buat di sini yaa

    ———————-
    Sastro Menjawab:

    Iya semoga para abu yang temannya abu jahal, abu lahab, abu gosok dan sebagainya itu gak pada kebakaran jenggot aja…tapi semua bulunya kebakar…he he he

    Silahkan mas…

  29. Assalamu’alaikum…
    Ustadz Sastro yang saya hormati..saya ingin belajar tentang Islam yang bener tapi pusing harus baca buku siapa atau berguru kepada siapa. Tolong Ustadz beritahukan..
    Terimakasih.
    Wassalam

    ————————-
    Sastro Menjawab:

    Waalaikum salam
    Silahkan belajar kepada siapapun yang mengajarkan al-Quran dan as-Sunnah dengan cara yang baik dan benar tanpa didasari jiwa fanatisme dan merasa benar sendiri, hal itu terjelma dengan adanya rasa tenggang rasa terhadap kelompok lain, tanpa harus mudah membid’ahkan apalagi mensyirikkan kelompok lain yang belum tentu mereka ahli bid’ah ataupun musyrik, karena boleh jadi mereka punya dalil dari al-Quran dan Sunnah juga. Dalam arti, obyek yang mereka tentukan bukanlah obyek bid;ah atau syirik dalam prespektif Islam (al-Quran dan as-Sunnah) yang sesungguhnya.
    Wassalam

  30. Ternyata ajaran Islam dan ajaran Islam Indonesia lain ya….
    Kalau ajaran Islam ya Qur’an dan Hadits…..
    Tapi ajaran Islam Indonesia, selain Qur’an dan Hadits ternyata ada tambahan Barjanji…. dll….

    Kok bisa ya ??? Rasulullah dulu nggak ngajari Barjanji tuh…
    Apakah yang dibawa Rasulullah kurang sempurna…???

    Gimana nih mas Sastro njawabnya….

    ———————–
    Sastro Menjawab:

    Kok ip id-nya sama seperti bang maulana mbak, satu orang ya?
    Islam ya satu mbak, nuansanya yang berbeda…kalau dulu Rasul makan pakai jari tiga karena di Arab gak ada soto. Coba mbak makan soto yang banyak kuahnya pakai jari tiga, kapan selesainya?

    Barjanji itu kumpulan syair pujian untuk Rasul. Apakah ada larngan bikin pujian melalui sajak, puisi, pantun atau apapun yang dibaca untuk mengenang Rasul? Apakah Islam melarang seni? Dalilnya apa? Tidak semua yang tidak diajarkan Rasul lantas otomatis harus dilarang. Sebagaimana tidak semua yang dilakukan Rasul harus (wajib) dikerjakan. Rasul tidak mengajarkan dakwah via internet, lantas apa dilarang? Rasul makan pakai jari tiga lantas anda makan bakso atau soto pakai jari tiga juga, silahkan aja coba? toch Rasul juga gak (tidak pernah melakukan dan mencontohkan) makan soto dan bakso , kenapa mesti anda makan?

  31. ngawur…bicara tanpa ilmu…laahaulawalaa quwwata illabillah…bodoh amat dikau ini…

  32. Ada aliran yang menyatakan selain yang diperintah semua-nya dilarang.
    Sementara yang lain menyatakan selain yang dilarang semuanya diperbolehkan.
    Aliran Wahabi ikut yang mana?
    Saya kira mereka ikut yang pertama sehingga orang bersholawatan, memperingati maulid, , ziarah kubur termasuk membaca surat yasin waktu ada orang meninggal dll tidak diperbolehkan karena memang tidak diperintahkan oleh Al Qur’an dan Hadist sehingga di bilang bid’ah.
    Kalau begitu ketika khotib khutbah atau imam mebaca Al Aqur’an memakai speaker juga bid’ah karena tidak ada rujukan terhadap ulama terdahulu yang memakai speaker atau lampu listrik dalam membaca Al Qur’an ataupun perintah dalam Al Qur’an dan Hadist yang menyatakan bahwa membaca Al Qur’an harus memakai Speaker atau Lampu sehingga apabila kita membaca Al Qur.an mamkai spekaer atau lampu listrik dianggap bid’ah juga karena memang tidak ada rujukannya.

  33. sudahlah jangan banyak berdebat! kalau Allah belum membuka pintu hidayah meski ditunjukan dalil dan referensi tidak akan pernah percaya. kata rosulullah ikutilah assawadul azam ( golongan mayoritas ) mereka golongan minoritas yang fahamnya baru berdiri abad 18-an itu juga hasil merebut kekuasaan dari syarif husein penguasa daerah mekah dan sekitarnya pada waktu itu (bukan saudi arabia karena itu kerajaan baru yang dibentuk M Abdul wahab dan Abdullah ibnu SAUD) dan membunuh kurang lebih 300 keturunan Rosulullah dan ribuan umat islam lainnya. se enaknya aja mengkafirkan orang. somboooooooooooooong/takabuuuuuuur dan tak beradab. Ingaaaaaat ucapan pengkafiran akan kembali kepadaaaaaa pengucapnya. Wallahu alam

  34. ajaran yang dibawah oleh muhammad bin abdul wahab paling banyak menjelaskan tentang tauhid ( pemurnian aqidah ) serta penjelasan syirik dan macamnya. seharusnnya kita bersyukur kepada Allah yang telah menghidupkan para ulama. karena dengan para ulama, maka umat manusia menjadi terjaga dari penyimpangan. apalagi di Indonesia ini banyak syirik yang tersebar, bahkan pondok-pondoknyapun banyak yang menyebarkan kesyirikan. seperti menjual cincin untuk kebal, suka mendatangi kuburan untuk berdo’a pada para wali bukan kepada Allah atau suka menyebarkan bid’ah yang tidak ada sama skali dari nabi shalallahu alaihi wassalam. sedangkan dakwah beliau membersihkan umat dari syirik.
    walaupun begitu kita memang tidak boleh bertaqlid secara mutlak pada saorang ulama akan tetapi kita menerima kebenaran apa yang meraka sampaikan. sedangkan penyebutan wahabi yang sering dilontarkan oleh sebagian yang tidak mengerti tentang dakwah beliau, cenderung menjauhkan umat dari dakwah tauhid yang mulia ini

    ———————-

    Sastro Menjawab:

    Apakah benar semua yang anda sebutkan tadi adalah perbuatan syirik? Siapa bilang orang yang datang ke kuburan para wali tidak berdoa kepada Allah? Ini bukti bahwa akidah dan pemahaman anda masih terlampau dangkal tentang hakekat tawassul dalam ajaran Ahlusunah wal jamaah.

  35. ingatlah semua yang antum lakukan akan dipertanggungjawabkan,

    ——————————–
    Sastro Menjawab:

    TENTU, Kami melakukan ini dengan kesadaran penuh…

  36. Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    Sudahlah yaa akhi
    sungguh benar sabda rosulullah
    barang siapa yang diberi hidayah oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkanya dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk…..

    karena itu biarkanlah mereka bersikeras dgn apa yang diyakininya,karena sekuat apapun kita mencoba untuk mengingatkan mereka maka mereka tidak akan mejadi muhtadin jika memang Allah tidak menghendaki.

    dan kita tidak akan ditanya apa yang mereka laukan namun akan ditanya apa yang kita lakukan,karena kalau mereka memang salah maka ingatkanlah mereka,dan jika mereka tidak mau menerima nasihat kita maka do’akan mereka agar mendapat petunjuk.

  37. Wahabi??emang sekarang mulai getol2nya nih. Yang saya heran dari pengikut wahabi apa mereka ga pernah baca sejarah?apa jangan2 mereka berpendapat membaca sejarah yang di luar karangan kelompok mereka sendiri adalah BID’AH?
    Sejarah mencatat saat fatkhul mekkah Rosulullah SAW tidak meneteskan darah setetespun padahal yang mereka hadapi kaum musyrik dan musuh bebuyutan kaum muslim malah mengampuni mereka. Bandingkan dengan waktu Muhamad bin abdul wahab dan bani saud merebut haramain berapa ribu orang yang di bunuh?padahal kebanyakan mereka muslim dan haramain merupakan dua kota suci umat islam. inikah pemimpin yang harus diikuti?saya rasa anak kecil pun tahu jawabannya. Terus berapa banyak peninggalan sejarah islam yang mereka hancurkan dengan alasan dapat menyebabkan sirik sedangkan peninggalan yahudi (yaitu sebuah benteng saya lupa namanya) malah dibiarkan bahkan di beri tulisan “dilindungi negara”. Mana rasa hormat anda terhadap peninggalan orang terdahulu?bagaimana bisa orang yang ga punya hormat terhadap peninggalan orang-orang terdahulu (lebih2 itu peninggalan rosulullah saw) mengaku hanya dirinya yang “salafy”.
    (mungkin bagi orang wahabi sejarah ini ga akan di buka karena ini aib terbesar kaum wahabi).
    Coba perluas pola pikir kita dalam beragama jangan seperti “katak dalam tempurung” yang menganggap hanya kelompoknya saja yang benar. Ingat manusia tempatnya salah dan lupa jadi jangan bertaqlid buta dalam belajar, gunakan akal anda dalam memahami sesuatu. rosulullah bahkan bersabda “tuntutlah ilmu walau sampai negeri cina”.

  38. salafi itu merasa paling benar, picik, kaku, dogmatis, anti kritik, tidak bilhikmah dalam dakwah,…………dan menebar perpecahan ummat

  39. akhi bahlul salah dalam mengartikan tulisan abu amr. seharusnya akhi bahlul berkhusnuzzon terhadap sesama muslim. pengertiannya adalah abu amr dan keluarganya semoga diwafatkan kelak sebagai salafy yaitu mengikut ajaran rasulullah SAW. bersama sahabatnya dan generasi tabiin bukan seperti yang akhi syakwa bahwa akhi abu amr telah mengucap syahadat dengan mengganti nama rasul menjadi nama mhd. bin abd wahab. istighfarlah akhi ! semoga Allah SWT mengampuni.
    wassalam.

  40. hai dengarlah pengelola situs ini. apakah kalian mau melecehkan orang yang senantiasa berjuang dalam menegakkan kalimat tauhid dimuka bumi ini?
    apakah kalian mau meleceh orang yang selalu menganjurkan untuk beribadah hanya kepada ALLAH?
    apakah kalian mau menganjurkan orang untuk beribadah kepada selain ALLAH dengan meyembah ataupun berdoa dikuburan para wali yang adakalanya tidak jelas status kewaliannya akan tetapi sayang sekali hal itu sangat dilarang oleh Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam.
    pikirkanlah hai orang-orang yang berakal sebelum kalian berucap karena sesungguhnya lisan kita ini akan dimintai pertanggung jawabannya.
    kami akan senantiasa mencintai Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab Rahimahullah dan akan mengenang perjuangannya dalam memerangi kesyirikan dan kebid’ahan pada zamannya.
    sekali lagi pikirkanlah wahai orang yang berakal.

    ——————–
    Sastro Menjawab:

    Jelaskan dulu apa itu konsep Tauhid dan Syirik baru berkomentar semacam itu…jika anda tidak mempelajari betul sehingga paham bahwa konsep Wahabi tentang tolok ukur tauhid dan syirik yang gak jelas, maka anda tidak berhak menyatakan hal itu. Itu namanya taklid buta…

  41. INI WEBSITE EDAN!!! HAI UMAT MUSLIM INI WEBSITE GILA

    ———————
    Sastro Menjawab:

    Rasul beserta para Sahabat mulia beliau dulu juga dikata-katain dengan gila oleh orang jahiliyah…

  42. WEBSITE INI SEBAIKNYA DIMUSNAHKAN SAJA….TIDAK ADA DALIL YANG KUAT TIDAK, SEMUANYA BERDASARKAN NAFSU….

    —————–
    Sastro Menjawab:

    Mana buktinya? Lha wong anda sendiri komentarnya penuh nafsu…jawab donk kalau mampu?

  43. aneh juga…oknum – oknum salafi (masih banyak kok orang salafi yang baik) gak terima nama ulamanya diperlakukan tidak layak (kalau ini gue setuju). Tapi giliran dia ngatain ulama di luar kelompoknya lebih keji dari omongan tukang ojek deket rumah gue. Oknum – oknum seperti itu perilakunya lebih memalukan dari preman pasar tanah abang, kadang – kadang otaknya lebih goblok dari tukang becak…

  44. Assalamualaikum Wr.wb
    mari kita istighfar bersama, kita tidak tau apakah kita yang paling benar, kalaupun mungkin kita yang benar pun, islam melarang untuk saling mencela, mari kita merenung dan bermuhasabah dihadapan ALLAH SWT, mohon ampun terhadap nafsu-nafsu yang berkeliaran di hati dan fikiran kita, cukuplah ALLAH SWT harapan kita, manusia tidak ada yang sempurna para shabat sekalipun yang begitu dekat dengan Rosulullah masih dapat berselisih paham, tetapi mereka ber istighfar, seandainya amal kita meliputi langit dan bumi, tetapi bila hati kita biarkan kotor dengan prasangka sekejap, tidakkah kita takut rahmat ALLAH jauh dari kita, teruslah kita mohon petunjuk kepada ALLAH SWT, kalaupun ada ulama yang kita yakini, mohonlah kepada ALLAH SWT agar kekurangan tidak membuat kita menejelekkannya, jika kita menilainya salah dari kaca mata ilmu kita, doakanlah ia siang dan malam, sebagai tanda cinta kita sesama kaum muslimin, dan kembalikanlah semuanya kepada ALLAH, wallahua’lam Bishowab.
    bila ALLAH memandang “blog” ini baik,semoga ALLAH menjadikan semua yang hadir disini orang-orang yang diampuni, dan bila ALLAH memandang “blog” ini buruk, semoga ALLAH menggantinya dengan yang lain, Jazakumullah

  45. semoga ALLAH menampakkan “wajah” musuh-musuhnya dihadapan kaum muslimin yang ikhlas, dan menghancurkannya dengan kehancuran yang cepat, agar kaum muslimin kembali dalam persatuan.ALLAHUAKBAR WALILLAILHAM

  46. Assalamu alaikum Wr.Wb

    Wahai saudaruku sekalian yang masih bertuhankan Alloh Swt dan Nabi Muhammad Saw Sebagai utusanNya, jangan banyak memperdebatkan tetang khilafiah itu sudah menjadi sunnatullah,diakhir zaman Islam akan terpecah menjadi 73 golongan;72 masuk neraka ,1 masuk surga.tinggal kita intropeksi diri ada dimanakah kita sebenarnya.makanya Rosululloh Muhammad Saw bersabda” MENUNTUT ILMU KEWAJIBAN BAGI SETIAP MUSLIM LAKI2 DAN MUSLIM PEREMPUAN DARI AYUNAN SAMPAI KE LIANG LAHAT ” Maka perhatikanlah pesan Rosululloh tersebut. Trims.wassalam

  47. assalamu alaikum wr wb,
    mabruk alaikum sahr mubarak
    saya bersukur ada salafy indonesia, semoga berkembang dan memberikan kita yang awam suatu penerangan untuk dunia dan akhirat , semoga Allah memberi balasan pahala pada salafy indonesia dan sebagai saran, rasanya foto yang di tayangkan sebagai tokoh wahabia tdk pas, saranku gantilah gambar yang lain, jangan orang, agar lebih harmonis dalam menyiarkan suatu kebenaran,
    dengan sangat tak perlu catatan ini ditayangkan. kalau mau membalas di emailku aja, barangkali ada petuah yang bermanfaat buatku yang awam ini.

  48. assalamu alaikum wr wb,
    Tujuan Mas Sastro & teman2 adalah : Mengajak kepada umat Islam untuk menyingkap tabir Jamaah Takfiriyah. Dan menggandeng umat Islam untuk memurnikan kembali akidah Ahlusunah wal Jamaah di tanah air Indonesia, Nah saya lihat Jamah Takfiriyah syiarnya lebih banyak masuk Kampus, Mas Sastro kan tahu sendiri Mahasiswa sekarang kalo sudah mempertahankan opininya: ngotot dan emosional, kasihan adik2 itu dimana dulu Bapak & Kakek2nya termasuk memiliki akidah Ahlusanah Wal Jamaah, sekarang anaknya pinter2 tp Jamaah Takfiriyah, kasihan leluhurnya, anak cucunya ndak ada yg bertawasul kepada leluhurnya yg sudah mjd penghuni kubur. Bagemana adakah cara intervensi kesana? Kalo Teman2 Mas Sastro bisa masuk leluasa masuk ke Kampus, bukan untuk perang tp meluruskan kembali akidah yg menurut Mas sudah di”GEMBOSI” , Insya Allah tujuan Mas & rekan2 akan terlihat dampaknya………

  49. SEBAIKNYA SITUS INI JANGAN TERUS DIKOMETARI SEMAKIN BANYAK DI KOMENTARI SEMAKIN MENJADIJADI KESESATANNYA
    BIARKAN ALLOH MEMBALAS KEDUSTAAN MEREKA….WAHAI SYIAH WA SUFI WA KAUM KAFIR YANG HENDAK MENIPU DAN MEMADAM KAN MANHAJ AHLUSSUNAH WAL JAMA”AH / SALAFUSSHOLEH YANG MULIA WA BAROKAH

    ————————–
    Sastro Menjawab:

    Benar sekali, tolong sampaikan kepada segenap pengikut Wahaby Indonesia agar tidak membuka blog salafyindonesia.wordpress.com yang sesat ini…OK? gitu aja kok repot…
    trus, buktikan dilapangan, apakah yang tidak suka terhadap Jamaah Takfiriyah (Wahaby) itu hanya Syiah dan Sufi saja? Dan buktikan dengan argumen, mana bukti bahwa Wahaby adalah Ahlusunah wal Jamaah…!

  50. Sastro…sastro…nekat bgt sih lo jadi orang? aduuhh..pliz deehhh

    —————————-
    Sastro Menjawab:

    Wah, kalau masalah nekad, saya sich gak ada apa-apanya ama wong Wahaby…lha wong ngaku-ngaku menghidupkan ajaran Salaf Saleh tapi kok ada buktinya. Membohongkan Salaf Saleh itu khan super nekad namanya…

  51. BUAT PENGIKUT WAHABI:
    Mbok yao Mas2 yg PRO Wahabi kalo beri komentar dengan argumen dan dalil yang anda tahu, nah biar Mas Sastro yang membantah, biar orang2 diluar kelompok ini tahu dan bisa menimbang apa betul ucapannya Mas Sastro atau Mas2 Wahabi? Khan lebih FAIR. Saya kira sampai saat ini Mas Sastro lebih unggul dari Mas Wahabi, Dalil & argumen Mas Wahabi kurang banget, sepertinya hanya Emosi & POKOKE WAHABI……. Tapi kalau Gentle ya kalo memang salah satu hampir kalah ilmunya, ya tolong ilmu saudaranya ditimbang, dipelajari, ditimbang & dibuktikan, & kalo masih kalah, yo ngatut sing BENER TOH…………. ojo emosi tok……..OK…. SELAMAT BERDEBAT

  52. Om sastro emang hebat… salut saya…
    emang orang seperti sastro ini …. kalo blom mati jangan di kubur dolo…
    otaknya angker (bir kaleee)

  53. Kaum Wahaby tidak konsisten dalam beragama,cuma bisa ikut-ikutan orang arab,sebagai salah satu buktinya,dalam pelaksanaan hari raya,dia jenderung ikut dengan arab,klo memang dia mau konsisten dengan arab sana,mendingan sekalian waktu sholatnya juga ikut waktu arab sana,jgn menggunakan waktu indonesia

  54. Om sastro…menurut definisi ente apa sih itu ahlussunnah wal jamaah, karena banyak pemahaman ahlussunnah wal jammah yang saya temui di masyarakat, nah kalau yang pas menurut ente apa….? kan nanti bisa ditarik garis lurus. thanks.

    —————————
    Sastro Menjawab:
    Jelas sekali mas, yang berpegangan teguh, mengikuti dan melaksanakan secara optimal al-Quran dan Sunah Rasul, plus para khalifahurrasyidiin dan orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah….kurang jelas? Tapi, selama ini Salafy yang Wahaby ternyata gak terbukti melakukan hal tersebut, terbukti keyakinan mereka banyak yang bertentangan dengan sunah dan ajaran Salaf Saleh

  55. assalamu’alaikum wr.wb.
    Semoga Allah memberikan hidayah kepada kita(kami dan antum)
    sepertinya antum tidak dibiasakan berucap dgn bahasa yang baik.Saya yakin antum jika dibandingkan dengan dengan org yang antum jelek**kan diweb ini,TIDAK LEBIH BAIK.jadi saya sarankan antum hafalin alqur’an dan kuasai ilmu hadis dulu melebihi org yang antum jelek**kan.dan saya yakin antum bukan seorang ustaz,da’i atau tokoh agama yang baik.Saya lebih khawatir lagi jika dugaanku benar………
    apapun nama alirannya/kelompoknya jika berdasar pada kitab Alloh dan sunnah Rasululloh,ya harus diikuti kan ………
    itu saja sedikit koreksi dan mungkin sekedar saran saja.mudah**an bisa diterima jika antum memang seorang MUSLIM.
    wassalimu’alaikum wr.wb.

    ————————–
    Sastro Menjawab:
    Anda mengatakan: “Saya yakin antum jika dibandingkan dengan dengan org yang antum jelek**kan diweb ini,TIDAK LEBIH BAIK”, maka saya jawab: “Keyakinan belum tentu sesuai dengan kenyataan bukan? Keyakinan itu perlu bukti yang otentik, kalau tidak ya berarti blong”.

  56. ass.wr.wb
    Bagi semua saudara muslim ku cobalah berkaca sedikit pada ini :
    1.smua ketentuan dari ALLAH SWT
    2.Egois lah jangankan mikirkan orang lain mikirkan diri ini sendiri selamat apa tidak tidak ada yang tau
    3.Tiada segala dan upaya melainkan atas kehendak ALLAH.
    wassalam

  57. mas sastro mas sastro…sampean NU tenan..hihi…

  58. untuk antum2 and para abuu belajar dululah ilmu tauhid pelajari sifat2 wajib bagi alloh yang 20 dan mustahil bagi bagi alloh yang 20 serta sifat jaiz bagi alloh.dan sifat wajib rosul dan yang mustahil bagi rasul serta sifat jaiz nya. kalo antum2 dan para abu sudah paham baru antum komentarin blognya pakde sastro.ana salut sama pakde sastro teruskan perjuangan dakwah.memang begitulah sifat2 salafy wahaby.maturnuwun

  59. kita ini adalah para terdakwa nanti hakimnya kanjeng nabi muhammad saw.benar gakya ya nanti nabi muhammad yang mutusin di akhirat.untuk ziarah kubur nich para abu pada hakekatnya yang mati itu jasadnyatapi rohnya kan gak ikut mati.saya kalo ziarah kubur gak pernah minta kpd kuburan. bukankah ziarah kubur itu di anjurakan oleh rosululloh saw bukankah haditsnya tersbt sangat shokheh.kalo menurut kang sastro gimana derajat hadits tersbt atau hadits dhoifkah/maudhu

    ———————–
    Sastro Menjawab:

    Jawabannya sudah tersirat dan tersurat dalam artikel kami itu…

  60. kalau kita baca dengan kepala dingin, sebenarnya situs ini sangat bermanfaat. minimal kita bisa saling mengetahui perbedaan yang ada di antara umat Islam dan menghargai perbedaan tersebut. daripada adu jotos dan adu laknat, khan lebih baik berdialog. saya lihat mas sastro yang awalnya juga agak keras karena mungkin merasa posisi salafy tradisional Indonesia dipojokkan terus, tampaknya juga menunjukkan respon yang lebih bijaksana. itu artinya memang forum ini bermanfaat. sebaliknya kita harapkan juga ikhwanuna dari salafy wahabi juga bisa lebih bijaksana sebagaimana ajaran Islam yang diperjuangkannya.
    saya pikir, bukan sebuah tuntutan yang rasional bila kita yang berusaha memahami beberapa aspek Islam dengan cara berbeda kemudian harus menghasilkan ide yang sama, meskipun bahannya sama. bukan berarti salah satu salah, melainkan itulah sifat manusia yang akan selalu berbeda.
    sebenarnya akidah salafy tradisional Indonesia dengan salafy wahabi itu secara garis besar sama karena yang disembah dan dituju dalam ibadah juga sama. bedanya kan orientasi saja. kalau salafy akidah tradisional Indonesia kan menghendaki agar orang Islam mengenal hakekat Tuhan secara mendalam sehingga bisa mendekatkan diri kepada-Nya. tawassul pun sebenarnya juga dalam kerangka tersebut, meskipun barangkali saya kurang setuju. akan tetapi, akidah salafy tradisional Indonesia memang lebih menekankan hubungan antara Khalik dan Makhluk dalam peribadatan. untuk urusan sosial, mereka karena berangkat dari kultur agraris, lebih memilih dakwah yang halus dan evolutif karena dalam masyarakat agraris keselarasan, kedamaian, akhlak, dan kerukunan menjadi hal yang penting untuk dijaga. karena itulah aqaid 50 lebih banyak mengkaji hakekat Allah dan sifa-sifat Rasulullah sebagai teladan bagi manusia.
    sebaliknya, akidah salafy Wahabi pun menghendaki pendekatan diri kepada Allah. hanya saja, mereka menghendaki agar pendekatan tersebut benar-benar bersih dari kemungkinan syirik. syariat kemudian dijadikan ukuran memilah sisi yang islami dan tidak Islami. semua itu ditujukan agar ibadah benar-benar lillah.
    itu artinya yang dituju sama, cuma hal yang dipentingkan beda karena kebutuhan lapangan yang dihadapi juga beda. saya lihat kitab-kitab pesantren yang menjadi rujukan salafy tradisional Indonesia juga didasarkan dalil-dalil Alquran hadits, sebagaimana buku-buku yang dirujuk oleh teman-teman salafy wahabi. cuma cara pandangnya saja yang berbeda. hal itu lumrah. dalam fiqh saja ada lebih dari sepuluh madhab, yang kemudian tinggal 5 yang populer, yaitu madhab hanafi, maliki, syafii, hanbali, dan ja’fari. meskipun bahannnya sama, hasilnya ternyata berbeda.
    karena itulah, sebaiknya kita saling menghargai satu sama lain. kaum salafi tradisonal Indonesia punya tradisi keilmuan yang sangat panjang dan kaya. ulama tingkat menengah di kalangan syafiiyah, yaitu al-suyuthi saja punya buku tentang hadits, tafsir, kaidah fiqh, ilmu quran, bahasa Arab, dll yang luar biasa, apalagi ulama-ulama kelas utamanya. di kalangan salafy wahabi pun banyak ulama yang secara tekun mengkaji hadis-hadits rasulullah. jadi. apa masalahnya. sepanjang saling menghormati tidak ada masalah kok. gak perlu saling membid’ahkan, mengkafirkan, menggariskeraskan, membodohkan, dsb. itu tidak Islami meskipun dengan maksud Islami sekalipun.
    so, saya doakan mas sastro menjadi semakin bijak dengan situs yang dibuatnya dan mendapatkan pahala atas segala usahanya. dan teman-teman salafy wahabi pun juga lebih bijaksana dalam menghargai Islam yang telah ada di Indonesia. kita harus sadar bahwa Islam menjadi mayoritas di Indonesia juga karena kerja panjang para ulama-ulama salafy tradisional dan ulama-ulama modern yang bergerak di level terdidik. salafy wahaby yang relatif baru diharapkan membawa teladan yang lebih baik dan membawa pencerahan agar Islam semakin memiliki nilai dan teladan bagi bangsa Indonesia yang majemuk.

  61. Assalam mualaikum …. wr. wb.

    Saudara2ku se iman hendaklah kita menyikapi berbedaan dengan arif dan tidak saling menyalahkan saya yakin semua orang islam ingin selamat dunia akhirat hanya metodenya beda2 dan untuk membuktikan kebenaran metode masing2 adalah ketika kita di liang lahat .. benarkah kita selamat dan kubur kita menjadi taman2 syurga bertemu dengan kekasih kita Sayyidina Muhammad dan ahli silsilahnya yang haq sang pemberi syafa’at dan pembawa wasilah kita semua …

    mohon ma’af lahir batin

    ( Salafy yang Sufi)

  62. ass,sy pernah dengar kalo kaidah ibadah it dilarang tanpa ad dalil dr assunnah’sedang kaidah muamallah/keduniaan boleh asal tdk ad larangan dr assunnah,dlm arbain an nawwawi hdist kelima menyatakan “perbuatan ibdah tnpa ad perintah dr nbi mka tertolak”sy prnah bc jg kaidah yg ckup tterknal
    “lau kanna khoiron lasabakunna illaih” klo sekiranya prbuatan it baik tentu para sahbt telah mndahului mengamalkanya….,sy pernah bca dlm usshul sunnah imam ahmad rokhimakumulloh’ klo kta harus menjauhi ”mirro” berdebat yang kalah ikut yg menang’ lha klo specialist debatnya ahli bidah py???dan yg paling penting ialah hndaknya kita menutup jlan2 yang mnuju kearah kesyirikan,saran untuk blog ini tuk lbih mmberikan “pendidikan” yg lebih nyunah!!!mhon info tentang situs yg memberikan ilmu dr assunnah?sdkit info bgi yg ingin mengkaji bidah,bc sj kitab al iktishom krya imam as syatibhi rokhimakumulloh,jazakallohu khoirn,wassalam

  63. mhon segera diterbitkan bku tentang tersestnya syaikhul islam muhammad ibn abdul wahab rokhimakumulloh,klo ad dr ust sastro dg dalil al quran,as sunnah,dan beberapa referensi dr ulma,jazakallohu khoiron

  64. Kedustaan – 2 terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

    Pantesan kalau aku ngomong soal Ibnu taymiyah orang – orang NU (Shufi) selalau tidak senang. Ternyata di pondok – pondok pesantren mereka ditebarkan buku – buku yang memuat kedustaan – kedustaan terhadap beliau. salah satu tuduhan mereka bahwa beliau MENYERUPAKAN ALLAH DENGAN MAHLUKNYA.

    Di Dalam buku yang ditulis oleh Siradjuddin Abbas – seorang shufi yang fanatik – dia menulis dengan menukil seorang pengelana shufi yang zindik dengan mengatakan bahwa beliau mengatakan bahwa Allah turun ke langit dunia seperti turunnya beliau dari mimbar, sehingga beliau kemudian dilempari sandal dsb.

    Begitulah tuduhan dusta itu. Yah cuma tuduhan tanpa bukti, sekali lagi tanpa bukti. Misalkan buku – buku atau tulisan – tulisan beliau yang dapat dibuktikan secara ilmiah bahwa memang beliau menyerupakan Allah dengan mahluknya.

    Kenyataanya justru ternyata sebaliknya. dalam bukunya Aqidah Wasithiyah – sudah diterjemhklan kedalam bahasa Indonesia – beliau justru menulis bahwa ‘orang yang menyerupakan Allah dengan mahluknya adalah mubtadi, Ahlul bidah yang sesat’

    Ada juga yang menyebutkan di dalam buku yang ditulis beliau at taat, beliau berpendapat menyimpang dari ahlu sunnah, tetapi setelah dicheck ternyata si penuduh telah berlaku culas dengan mengutip sebagian tulisan beliau sehingga seolah – olah itu adalah pendapat beliau. Padahal yang benar itu adalah pendapatnya orang mu’tazilah yang justru kemudian justru dibantah oleh beliau.

    Banyak lagi tuduhan – tuduhan dusta lain. Kenapa mereka gampang menuduh tanpa bukti atau dengan cara yang culas? Yah karena Beliau sulit dibantah, jadi salah satunya yanh dengan kedustaan – kedustaan atau tuduhan – tuduhan kosong tanpa bukti. Kita tunggu sajalah orang – orang spt itu di yaumil qiyamah.. Allah tidak buta dengan apa yang mereka lakukan.

    ————————-
    Sastro Menjawab:

    Jangan ngomong tock mas…jawab dengan baik dan ilmiah donk…

  65. Nama Abdullah di bagian komentar no. 64 kayaknya komentator dari sekte wahabi yg sering merusak blognya Abusalafy.
    Kalo bener mohon yg bersangkutan ngaku dengan jujur yak! hehehe….

    Kang Sastro paling dah tau yak soal profil Abdullah ini.

    Salam kenal dulu aaah buat Abdullah
    Abah

  66. Urwah menulis:
    “Pantesan kalau aku ngomong soal Ibnu taymiyah orang – orang NU (Shufi) selalau tidak senang. Ternyata di pondok – pondok pesantren mereka ditebarkan buku – buku yang memuat kedustaan – kedustaan terhadap beliau. salah satu tuduhan mereka bahwa beliau MENYERUPAKAN ALLAH DENGAN MAHLUKNYA.

    Di Dalam buku yang ditulis oleh Siradjuddin Abbas – seorang shufi yang fanatik – dia menulis dengan menukil seorang pengelana shufi yang zindik dengan mengatakan bahwa beliau mengatakan bahwa Allah turun ke langit dunia seperti turunnya beliau dari mimbar, sehingga beliau kemudian dilempari sandal dsb.”

    ketahuilah mas urwah, KH Siradjudin Abbas bukan orang NU, beliau ketua PERTI (Persatuan Tarbiyah Islamiyah), jadi argumentasi anda agak asal2an

  67. apakah antum merasa lebih pandai dari syeikul islam dalam hal agama atau setidaknya melebihi muhammad bin abdul wahab? siapa murobbi antum? seorang nabikah? atau seorang tabi’in. apa kata antum soal ini “seekor semut yang yakin akan mampu membunuh gajah dengan satu gigitan” bbukannya gajah lebih besar dari semut. bukane tabi’in lebih pandai dari antum

    ——————————-

    Sastro Menjawab:

    Justru saya yang mau tanya, apakah Ibnu Tai-miyah itu nabi sehingga apa yang diajarkannya pasti benar dan gak boleh dikritisi?

  68. komentar aristofanani tampaknya bijaksana, Tapi marikita periksalwbih dekat:
    1. bahwa persatuan umat islam itu penting. Tapi bagaimana jika terbukti wahaby merupakan sumber perpecahan umat islam itu sendiri?
    2. memposisikan wacana bahwa dialog, diskusi. dan adu argumen adalah merugikan umat islam sy kira kurang tepat. yang perlu adalah pengmbangan sikap ilmiah, obyektif, dan semangat mencarikebenaran dan ilmu.
    3. bagaimana jika info negatif wahaby, dinasti saud, dan syekh-syekhnya benar? Bukankah ini keprihatinan yang harus difikirkan bersama, karena kalau benar:makah dan madinah harus dibebaskan dan paham ini harus “dijernihkan”
    4. Yang jelas sekarang: memperjelas dan membuktikan apakah wahaby sesat atau tidak

  69. WAHHABI HARUS DI BANTAI, KANAPA? KARENA MEREKA(WAHHABI) TELAH MENYESATKAN UMAT, MENYESATKAN KITA PARA KAUM AWAM, BILA SAYA BERTEMU SAMA DIA SAYA AKAN MENANYAKAN TIGA HAL :
    1. APA YANG DINAMAKAN ISIM JAMA’ MUNTAHAL JUMU’ ?
    2. APA YANG DINAMAKAN ISIM FAIL ?
    3. SIAPAKAH ALLOH ITU ?
    AKU YAKIN DIA TIDAK BISA MENJAWAB.

  70. hehehehehe cape deh , teroris yg jelas2 pengikut usama bin laden kok di sangkut pautkan dg kerajaan saudi. bukankah mereka (teroris) berkali-kali mengacaukan kekhusukan jamaah haji dan menembak di dalam masjidil haram ? bukankah beberapa kali usama mengancam pemerintah kerajaan saudi ? hehehehe anda tidak tau ya klo iraq mengancam akan menghancurkan arab saudi saat perang teluk belum berkecamuk ? lalu siapakah yg bisa melindungi kota mekah dan madinah dr serangan rudal iraq bila itu terjadi? belum ada yg punya penangkal serangan rudal2 itu kecuali AS dan israel. keterpaksaan lah (darurat)yg membuat kerajaan saudi meminta bantuan AS untuk menjaga dr serangan iraq .bukan berarti membantu AS . apakah kalian membaca berita ? atau hanya tau dr orang lain ? periksa dahulu kebenaran beritanya. tanyakan pada jamaah haji indonesia yg berada di sana waktu itu.bagaimana kekacauan yg disebabkan oleh kelompok pengacau/teroris. makan aja mesti dirasa dan dikunyah , ga main telan,mikir dong dek hehehehehehe

    ————————————-

    Sastro Menjawab:

    Terpaksa? Apakah orang-orang Wahabi gak yakin kalau Allah-lah yang menjaga Haramain, bukan para muthawwi’ atau orang-orang kafir USA dan Israel? Apakah mereka gak yakin lagi kepada al-Quran?

    Bukankah dalam peristiwa surat al-Fil sudah jelas? Kenapa Abu Mutthalib kala itu gak minta tolong negara Romawi atau Persia yang kafir untuk melawan Abrahah, tetapi dia minta olong terhadap Allah?

    Apakah meminta perlindungan kepada orang Kafir dalam kasus ini merupakan bukti tauhid negara wahabi seperti Saudi?

  71. Assalamualaikum wr.wb
    Saya orang awam yg ilmunya sgt sdikit sekali ttg Islam,tp sy mencoba belajar lebih baik. saya membeli sebuah buku, yang saya anggap bisa membawa sy lebih mengerti dalam mengerjakan amalan seperti yg diajarkan Rasulullah SAW, yg ternyata buku karangan salafi. bbrp hari kemudian sy berbincang singkat dgn ssorg (yg br kenal di dlm angkot) n sy beritahukan ttg buku yg baru saya bc,krn dia terkesan lbh mendalam ilmu agamanya. dia mengatakan,”..lihat di internet, para salafi kasar bila berbicara..” .
    Sgt disayangkan perkataannya ada benarnya,padahal buku itu cukup menambah pengatahuan saya. saya merasa beruntung mendapatkan blog ini. Semoga ada lbh banyak Sastro yg lain,n “sastro-sastro dari para salafi” yang mau berdialog dengan kepala yang dingin.
    “Tunjukkanlah kami jalan yang lurus..”
    Wassalam.

  72. Orang yang menjuluki kafir kepada muslim adlaah kafir

    orang yang menjuluki orang muslim (yang dituduj\h mengkafirkan orang tanpa bukti )adalah orang kafir…

    wahai yang empuya blog…apakah dalil anda mengkafirkan apa yang dinisbatkan kepada kaum wahabi?

    wahai yang empunya blog…apa landasan anda yang menyatakan bahwa orang yang dinisbatkan wahabi adalah orang2 yang mengkafirkan muslim…

    begitu bagusnya nama blognya…namun begitu ancur isinya….demi ALLAH…blog ini termasuk perbuatan jahil yang sangat bodoh tanpa berlandaskan Quran dan sunnah….hanya mengikuti persangkaan, mendewakan akal dan hawa nafsu……

    minnalillaaahi wa inna ilaihi raajiun…semoga kita sekalian diberi petunjuk…

    amiin

    ——————————-

    Sastro Menjawab:
    Mau bukti? Dipostingan selanjutnya, silahkan lihat nanti.

  73. Ahli Sunnah lawannya Ahli Bid’ah
    Gampang saja mengoreksi diri saya ini ahli sunnah apa ahli bid’ah. Saya biasa tahlilan setiap malam Jum’at.

    Kita cari dalam hadits yang shohih, adakah tuntunan “tahlilan” dari Rasulullah? ternyata hasilnya tidak ada. Yang ada kita diajarkan untuk membaca tahlil bukan “tahlilan”. Maka walaupun saya sebagai anggota organisasi keagamaan yang mengklaim ASWAJA, tapi sebenarnya saya adalah Ahli Bid’ah.

    ASWAJA bukan terikat dengan organisasi, tetapi terikat dengan pemahaman dan pengamalan agama islam seseorang.

    Perlu kita sadari, bahwa semua agama setelah ditinggalkan oleh Nabi pembawa risalahnya, makin jauh (makin lama maksudnya) penyimpangan itu makin besar. Kita lihat saja agama yang dibawa Nabi Musa dan Nabi Isa sudah menyimpang sangat jauh. Bahkan Nabinya sudah di-Tuhan-kan. Dan kejadian ini juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada pemeluk agama Islam.

    Pada saat dulu bila penyimpangan itu telah jauh, maka Allah mengutus Nabi yang baru untuk meluruskan dan menyempurnakan agama yang terdahulu.

    Karena Rasulullah merupakan Nabi terakhir, maka apabila terjadi penyimpangan pada agama Islam tidak mungkin Allah akan mengutus Nabi yang baru. Maka sesuai sabda Rasulullah, setiap 100 tahun akan ada ulama yang meluruskan Islam sesuai ketika Rasulullah masih hidup (agama yang terhindar dari syirik, bid’ah, kurafat).

    Apakah Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab termasuk dalam sabda Rasulullah tersebut???
    Wallahu ‘alam

    —————————————

    Sastro Menjawab:

    ha ha ha lucu tulisan ini, saya yakin ini ulah wahaby…masa orang waras akan mengatakan: “Saya biasa tahlilan setiap malam Jum’at” trus mengatakan “Kita cari dalam hadits yang shohih, adakah tuntunan “tahlilan” dari Rasulullah?”, akhirnya ngaku-ngkau “sebenarnya saya adalah Ahli Bid’ah”…trus di akhir tulisannya ingin mengatakan -tapi malu-malu- dan ingin menerapkan ungkapan setiap 100 tahun ada seorang mujaddid (pembaharu) ada pada diri Muhammad bin Abdul Wahhab pencetus Wahabisme. Ha ha ha nampak sekali kebohongan dan kepengecutan pengikut sekte Wahabi, ngaku-ngaku pengikut NU tapi nampak belangnya…sayang, kajian kita belum sampai bab Tahlil dan maulud dech…coba dech jawab noh tentang Tabarruk -walaupun belum finis- yang kalian sebut syirik…!

  74. Muhammad Salafy bicara:

    Assalam mualaikum …. wr. wb.

    Saudara2ku se iman hendaklah kita menyikapi berbedaan dengan arif dan tidak saling menyalahkan saya yakin semua orang islam ingin selamat dunia akhirat hanya metodenya beda2 dan untuk membuktikan kebenaran metode masing2 adalah ketika kita di liang lahat .. benarkah kita selamat dan kubur kita menjadi taman2 syurga bertemu dengan kekasih kita Sayyidina Muhammad dan ahli silsilahnya yang haq sang pemberi syafa’at dan pembawa wasilah kita semua …

    mohon ma’af lahir batin

    ( Salafy yang Sufi)

    Oji menjawab:
    Yo telat to mas… mas….
    Kalo udah dalam kubur, nggak bisa lagi mbetulin amal ibadah yang salah….
    Mumpung kita masih hidup, masih ada kesempatan untuk memperbaiki, barangkali ada amal ibadah yang salah, serta untuk bertaubat.
    Bagaimana tahunya ada yang salah atau tidak, ayo kita kaji Al Qur’an dan As Sunnah sesuai pemahaman para Sahabat.

    Kenapa harus dengan pemahaman para Sahabat, karena para sahabat ini yang telah dipilih oleh Allah untuk mendampingi Rasulullah, dan beliau yang lebih paham tentang agama Islam (selain Rasulullah). Apabila ada yang tidak bisa dipahami, para sahabat ini masih bisa tanya langsung kepada Rasulullah.

    Jadi jangan mengkaji Al Qur’an dan As Sunnah sesuai pemahaman bang Ucup ….

    Mas Sastro ayo dong galakkan kajian-kajian Al Qur’an dan As Sunnah di masjid-masjid, yang katanya mas Sastro untuk membendung Wahabisme.
    Jangan seperti yang saya lihat sekarang ini, yang digalakkan untuk membendung Wahabisme malah:
    – sholawatan
    – diba’an
    – manaqiban
    – tahlilan

    Mari kita buat cerdas umat ini biar tidak taqlid semata, tapi agar dapat ittiba’. Atau kawatir para kyai ditinggalkan umatnya….
    Mas Sastro punya tanggung jawab yang besar lho…. untuk mencerdaskan jama’ahnya……

    ——————————————

    Sastro Menjawab:

    Saran yang bagus…tapi, mencerdaskan itu bukan tugas saya dan tim saya saja, tapi kewajiban semua yang memiliki kepedulian terhada umat. Amar makruf dan Nahi Munkar (termasuk kemungkaran sekte Wahabisme) adalah kewajiban setiap muslim Indonesia, dari organisasi dan kelompok manapun, tidak pandang bulu. Lha, salah satu tujuan blog sederhana ini adalah, artikel-artikel yang berada di dalamnya bisa disebar (dengan selebaran) lantas dijadikan sebagai salah satu alternatif bahan kajian (bahan pengajian) di tempat masing-masing. Dengan begitu masyarakat akan tahu apa itu wahabisme, waspada dari makar mereka dan membentengi diri dari serangan mereka, juga tetap istiqomah dengan keyakinan yang mereka miliki tentu dengan kualitas ilmu yang berbeda (agar lebih cerdas).

  75. ass.
    mas sastro, saya koq TIDAK SETUJU dg pernyataan mas sastro brikut ini :
    1.Sastro Menjawab:
    Iya semoga para abu yang temannya abu jahal, abu lahab, abu gosok dan sebagainya itu gak pada kebakaran jenggot aja…tapi semua bulunya kebakar…he he he
    Silahkan mas…
    ( kan nama ABU pd jmn Rosululloh saw termasuk Abu Bakar, Abu Ubaidah, Abu Thalhah dst yg trmasuk dijamin Alloh swt masuk surga??)
    2. Sastro Menjawab:
    Jelaskan dulu apa itu konsep Tauhid dan Syirik baru berkomentar semacam itu…jika anda tidak mempelajari betul sehingga paham bahwa konsep Wahabi tentang tolok ukur tauhid dan syirik yang gak jelas, maka anda tidak berhak menyatakan hal itu. Itu namanya taklid buta…
    ( Menurut mas Sastro, penjelasan konsep Tauhid & Syirik yg bgmn?? Lalu,dg kitab apa konsep tsb dpt dijelaskan??)
    Sebab, tiap kitab yg dijadikan rujukan biasanya srg trdpt perbedaan. Sbg contoh : Cara ijtihad Imam Syafi’i yg brbd pndpt dg gurunya Imam Malik bin Anas. Jadi, koq agk aneh
    jk harus merujuk pd seorng ulama saja yg mgkn akn berbd
    cara pndgnya dg kita????????

    wss. jazzakalloh khoir

    ——————————————

    Sastro Menjawab:

    1- Itu sebagai bukti bahwa Abu-Abu-an itu bukan budaya Islam tetapi budaya Arab…terbukti RAsul yang Arab memakai hal itu dan Abu Jahal yang anti Islam juga memakainya, jadi gak ada bedanya. Lantas kenapa kita yang orang Indonesia memaksakan diri pakai abu-abuan segala, yang gak umum di budaya Indonesia?

    2- Lihat kajian kami tentang Tauhid di situ kami menggunakan Ayat dalam setiap pembagian kami atas ketauhidan, apakah ada kitab lain yang lebih terpercaya selain Kitabullah?

  76. Asslamualaikum Wr.Wb

    Alhmdllh bersyukur sekali saya ketemu dengan blognya Mas Sastro ini. ini baru namanya bener2 Salafiyyah Wa Ahlussunnnah Waljama’ah.
    Maju terus Mas SAstro pantang mundur,basmi habis para salafy gadungan itu.
    Salam kenal dari saya

    Wassalam

  77. Assalamualaikum Wr. Wb

    Kami orang awam terhadap Mazhab dan ilmu agama
    lainnya, tetapi yang kami tahu yang dilakukan oleh
    Salafi (Wahabi) terlalu berlebihan.

    Salam kenal untuk kamu mas Sastro, selamat berjuang

    Wassalam

  78. mas Wanto apa yang dilakukan oleh saudara2 kita dari ASWAJA seperti shalawatan, diba’an, manaqiban dan tahlilan itu tidak salah. Semua itu ada perintah atau paling tidak anjurannya AlQuran dan Hadits Nabi saaw. Yang keliru itu adalah ketika suatu ibadah seperti umpamanya baca Surah Yasin setiap malam jumat hanya menjadi kegiatan rutin yang sangat miskin dengan penghayatan dan renungan.

    Persoalannya sekarang adalah bagaimana menjadikan setiap ibadah ritual termasuk salat tidak semata-mata kegiatan rutin, tetapi sebagai sarana yang dapat mendekatkan diri kita sebagai hamba dengan Sang Penciptanya.

    Kekurangan sebagian besar umat Islam pada umumnya adalah tidak memahami hakekat dan tujuan setiap ibadah yang dilaksanakannya.

  79. sungguh telah salah menilai seseorang yang mencoba menegakan kembali sunah rasul.
    Muhammad bin Abdul Wahab adalah seorang salafus soleh di jamannya
    dan Arab saudi adalah negara Tauhid yang benar-benar menjungjung tinggi nilai islam yang telah disampaikan oleh Rasulloh SAW, dengan amaliyah para sahabat dan pemahaman salafus saleh.
    beliau berusaha menumpaskan segala Bi’dah, Takhayul.Churafat…
    “setiap yang mengada-ada adalh Bidah, dan setiap bidah itu sesat dan semua kesesatan tempatnya di neraka”

    ——————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Anda mengatakan: “Muhammad bin Abdul Wahab adalah seorang salafus soleh di jamannya”, yang bener aja mas…Salaf Soleh atau Khalaf Tholeh?:P

  80. – mas satro: “Kok ip id-nya sama seperti bang maulana mbak, satu orang ya?
    Islam ya satu mbak, nuansanya yang berbeda…kalau dulu Rasul makan pakai jari tiga karena di Arab gak ada soto. Coba mbak makan soto yang banyak kuahnya pakai jari tiga, kapan selesainya?

    Barjanji itu kumpulan syair pujian untuk Rasul. Apakah ada larngan bikin pujian melalui sajak, puisi, pantun atau apapun yang dibaca untuk mengenang Rasul? Apakah Islam melarang seni? Dalilnya apa? Tidak semua yang tidak diajarkan Rasul lantas otomatis harus dilarang. Sebagaimana tidak semua yang dilakukan Rasul harus (wajib) dikerjakan. Rasul tidak mengajarkan dakwah via internet, lantas apa dilarang? Rasul makan pakai jari tiga lantas anda makan bakso atau soto pakai jari tiga juga, silahkan aja coba? toch Rasul juga gak (tidak pernah melakukan dan mencontohkan) makan soto dan bakso , kenapa mesti anda makan?”

    idih kok katanya gak mengacu hadist bgt cii dr td liat jawaban antum eh gak ada yg bener2 mengacu pd hadist shahih deh mas…

    dan kata2 ini “ha ha ha lucu tulisan ini, saya yakin ini ulah wahaby…masa orang waras akan mengatakan: “Saya biasa tahlilan setiap malam Jum’at” trus mengatakan “Kita cari dalam hadits yang shohih, adakah tuntunan “tahlilan” dari Rasulullah?”, akhirnya ngaku-ngkau “sebenarnya saya adalah Ahli Bid’ah”…trus di akhir tulisannya ingin mengatakan -tapi malu-malu- dan ingin menerapkan ungkapan setiap 100 tahun ada seorang mujaddid (pembaharu) ada pada diri Muhammad bin Abdul Wahhab pencetus Wahabisme. Ha ha ha nampak sekali kebohongan dan kepengecutan pengikut sekte Wahabi, ngaku-ngaku pengikut NU tapi nampak belangnya…sayang, kajian kita belum sampai bab Tahlil dan maulud dech…coba dech jawab noh tentang Tabarruk -walaupun belum finis- yang kalian sebut syirik…!”

    apa mau kita berguru kpd orang yg kata2nya ngaco seperti ini…bener kan gak ada mengacu pd hadist shahihnya so kalian masih mau percaya sama dia???

    coba kalian perhatikan lagi dgn seksama…semua jawabannya ck gak ada yg bisa nambah ilmu ttg salaf kan??? gak ada yg bener2 bisa jd acuan kita saat berdiskusi dgn org lain kan??? kata2nya gak ada yg lugas kan??? katanya2 aneh dan seperti orang awam sdng berdiskusi kan??? kata2nya seperti anak SMU sdng berdiskusi dlm pelajaran agama islam kan??? ck coba deh liat2 lg dgn teliti insyaAllah kalian setuju dgn kata2 ana…

    ———————————————-

    Sastro Menjawab:

    Koq malah bahas yang belum kita bahas sich mbak? Kalau mau bahas itu (tahlil,mauludan…dst) nanti…anda balas dulu tentang hal-hal yang berkaitan dengan ajaran tauhid anda yang rancu itu…itu kalau kalian mampu lho:P

  81. Khalisa, di/pada Juni 2nd, 2008 pada 3:14 Dikatakan:

    mas Wanto apa yang dilakukan oleh saudara2 kita dari ASWAJA seperti shalawatan, diba’an, manaqiban dan tahlilan itu tidak salah. Semua itu ada perintah atau paling tidak anjurannya AlQuran dan Hadits Nabi saaw. Yang keliru itu adalah ketika suatu ibadah seperti umpamanya baca Surah Yasin setiap malam jumat hanya menjadi kegiatan rutin yang sangat miskin dengan penghayatan dan renungan.

    Persoalannya sekarang adalah bagaimana menjadikan setiap ibadah ritual termasuk salat tidak semata-mata kegiatan rutin, tetapi sebagai sarana yang dapat mendekatkan diri kita sebagai hamba dengan Sang Penciptanya.

    Kekurangan sebagian besar umat Islam pada umumnya adalah tidak memahami hakekat dan tujuan setiap ibadah yang dilaksanakannya

    untuk khalisa, coba antum lihat http://www.muslimah.or.id atau link manhad salaf yg asli deh bisa tau kok apa kah tahlilal ini benar2 dianjurkan atau tdk yg jelas semua link salaf yg asli mengatakan bahwa tahlilal itu tdk ada dlm Al-Quran maupun hadist dan itu perbuatan Bid’ah begitupun dgn salawatan yg menggunakan musik atau syair…coba lbh teliti lg dlm mencari ilmu Salaf yg sebenarnya

    —————————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Mbak sedikit saran, kalau bisa situs itu diganti namanya, ganti aja MUSLIMIN.or.id karena yang nulis koq banyak yang perempuan berjenggot?😛

  82. DARIPADA RIBUT-RIBET SOAL SALAFY YANG GAK JELAS ASAL-USULNYA MENDINGAN KITA PELAJARI DA`WAH WALI SONGO YANG ASLI ORANG INDONESIA,KENAPA JUGA BANGGA SAMA YANG BELAKANGNYA ASSALAFY,ALATSARY,WONG JOWO YO MESTI NGEMBANGKE BUDOYO KITO YOOOO BANJAI…..SASTRO SAN KIMIGAYO.

  83. Bisa dilihat kan kepalsuan-kepalsuan celoteh Wahaby pada saat dia terpojok, pertanyaanya dan pernyataannya langsung ngawur dan ganti subject untuk mengalihkan perhatian.
    Orang yang sama tapi Nick name berbeda mengomentari tapi tidak meneliti.
    Merasa pintar dan benar dengan dalil Bid’ah.
    Wahaby tidak perlu mengajari pembaca di Blog ini untuk mengikuti atau tidak ulasan2, penjelasan2 dan argumen2 nya. Itu namanya pembodohan, menduga pembaca blog ini bodoh semua dan yang lebih parah lagi menganggap Rakyat Indonesia dan ke Islamannya adalah Bid’ah dan Syirik. Siapa dan dari mana datangnya anda di Indonesia ? sampai berani mengepalkan tangan dengan Ormas2 Islam di Indonesia ?
    Mas dan Mba Wahaby, kalo orang Arab lebih baik dari orang Indonesia, Rasulullah SAW akan turun di Indonesia bukan di Arab yang saat ini seneng sekali berlindung di keteknya Amerika dan Ingris yang jelas2 menghancurkan peradapan Islam di muka bumi ini.
    Kalo saya sih malu sama Allah SWT, dalam setiap sholat kita mendoakan orang muslimin tapi selesai sholat mendukung pembantaian Muslimin. Jidat bisa hitam, jenggot boleh panjang tapi hati tidak boleh belang.
    Ohhh…….Wahaby terlihat sekali ketakutannya saat bisulnya ditusuk dan boroknya dikupas karena takut terlihat warna darahnya yang tidak memikat.
    Mas Sastro, Saya tidak kenal anda tapi setiap subject yang anda bicarakan dahsyat dampaknya dihati ini dan juga teman2 yang lain. Saya yakin anda tidak akan gusar dengan celoteh murahannya Wahaby diatas itu yang telah terpuruk, disudut, duduk menunduk. kita tinggal tunggu suara lirih “Ampun….” nya Mas.

  84. Salafy itu kalo di buat kepanjangan ”Salah Fylih”
    tuch yg ngikut gaya beragama org2 kerajaan bidahnya saudi
    tauhidnya nyeleneh
    ibadahnya merasa paling shahih
    orgnya sok2 angker
    angker mana sama ki joko bodo
    coba sekali kali di uji angker…he,,he…^_^

  85. Setelah membaca di blog ini,saya jadi geli sendiri,…:-)🙂🙂
    Tapi alhamdulillah saya mendapati beberapa hal :
    1. 1% tidak bermanfaat
    2. 1% buang-buang waktu
    3. 1% ingin muntah denger pendapat2 dan coment 2 nya
    4. 1% menghibur
    5. 1% membosankan
    6. 1% menyebalkan
    7. 1% membingungkan
    8. 1% memalukan
    9. 1% meresahkan
    10. 1% menyesatkan
    11. 1%,2%,3%,4%,…… Eh udah 10%, sisanya 90% gw salut banget deh buat yang punya blog,udah sukses bikin blog yang ga bermutu,,,, saya jadi ga ragu lagi untuk tidak membaca blog ini,,,
    Saran saya perbanyak membahas masalah pemanfaatan kotoran manusia untuk di daur ulang,,,jadi apa kek yang lebih bermanfaat dari pada memuat artikel kaya gitu,,, saya yakin pasti lebih rame.. Lebih bermanfaat…. Atau artikel yang memuat tentang peternakan tuyul,atau artikel tentang perkembangbiakan hama tanaman,,, saya yakin itu lebih bermanfaat dweeeeh, ,,,, lol

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: