Fatwa Unik Ulama Wahhaby yang Bikin Raja Saudi ‘Ngamuk’

abd-hadi-abd-lathif-mata-jereng.jpg

Apakah ini merupakan satu pertanda akan berakhirnya koalisi antara ulama Wahabisme (pengikut Muhammad bin Abdul Wahab, Sang pengkafir kaum muslimin) dengan keluarga besar kerajaan Arab Saudi (dari klan Saud)? Hanya para petinggi kerajaan Saudi Arabia yang dapat menekan para rohaniawan Wahhaby agar menghormati para peziarah kota Mekkah dan Madinah, dari madzhab Islam manapun mereka. Dan terus menekan ulama Wahaby itu untuk menghormati para penganut mazhab dan aliran lain, selain Wahabisme. Kita akan lihat saja nanti, sampai dimana konflik antara kerajaan Saudi Arabia dan ulama Wahabisme akan terus berlangsung. Sampai dimana pengaruh raja Abdullah? Apakah ia mampu membungkam mulut para ulama Wahhaby itu ataukah justru raja Abdullah yang harus terjungkal dari tahta kerajaannya?

————————————————-

    Fatwa Unik Ulama Wahhaby yang Bikin Raja Saudi ‘Ngamuk’

Serba-serbi berita kita kali ini berkaitan dengan fatwa para ulama Wahaby dari yang berkaitan dengan Kristen, Syiah, hingga masalah yang menyangkut kerajaan Arab Saudi sendiri. Salah seorang mufti Wahabi dari Saudi Arabia, Abdul Hadi Abdul Latif Saleh, telah mengeluarkan fatwa yang sangat aneh. Fatwa aneh itu dilontarkannya pada acara tanya jawab di sebuah siaran TV. Dia mengatakan: “Dihalalkan untuk membunuh orang Masehi (Kristen .red) karena mereka ahli kitab. Dan diharamkan membunuh orang Syiah karena mereka musyrik”. Entahlah, dalil manakah yang dipakai Sang Syeikh Wahaby tadi untuk membolehkan membunuh orang-orang Kristen. Padahal Rasulullah SAW baik dalam sejarah, hadis dan ayat-ayat suci Ilahi dengan jelas tidak pernah mengajarkan hal itu, kecuali pabila mereka (para Ahli Kitab) menyerang terlebih dahulu. Jadi memerangi mereka hanya bersifat defensif (membela diri yang bersifat reaktif / difa’i) saja, bukan ofensif yang bersifat aktif.

Mufti ini adalah kepala bagian pendidikan Islam di universitas Juf Saudi Arabia. Lebih lanjut dia menjelaskan: ” Kitab dan Sunah telah menjelaskan dengan jelas akan halalnya untuk membunuh Ahli Kitab [Masehi]. Adapun Rafidhah [baca: Syiah] haram untuk dibunuh dikarenakan mereka berdoa di makam Hasan dan Husain [cucu rasul, red] maka mereka pada hakekatnya adalah musrik”. Kini kita tanya kepada Syeikh Wahaby itu; “Jika penyebab kemusyrikan Syiah adalah berdoa di sisi kuburan orang-orang yang mereka anggap sebagai kekasih Allah (waliyullah) seperti sayidina Hasan dan sayidina Husein maka bagaimana dengan kelompok Ahlussunah yang juga melakukan hal itu, pasti lambat laun –bahkan kini sudah terjadi dan semakin nampak- mereka (kaum Wahhaby) pun akan menggolongkannya musyrik juga, sebagaimana Syiah?”.

Situs “Nurul Islam” milik Wahabi mengutip bahwa, fatwa ini keluar disaat seorang penanya Wahabi dari Kanada bertanya tentang hukumnya memakan daging yang sebelumnya disembelih oleh orang Syiah. Dia menanyakan hukum itu pada mufti: “Apakah kita diperbolehkan untuk memakan atau membawa makanan berupa daging di sebuah restoran dimana daging itu sebelumnya disembelih oleh orang Syiah dua belas imam (Itsna Asyary), melihat kenyataan bahwa sampai saat ini saya adalah salah satu orang yang selama ini meyakini bahwa ketika mereka (Syiah) hendak meyembelih hewan, mereka menyebut nama Husain bin Ali?”. Apakah benar Syiah melakukan hal itu dan tanpa mengucapkan “Basmalah”, sebagaimana yang diyakini oleh orang Wahaby (penanya) tadi? Untuk membuktikan hal itu maka harus ditanyakan terlebih dahulu kepada para ulama dan pengikut Syiah, agar kita dapat menghukuminya dengan proporsional.

Tanpa basa-basi mufti Wahaby tersebut menjawab pertanyaan sipenanya dengan pernyataan bahwa; “Nama Hasan dan Husain menurut pandangan Syiah mempunyai derajat sama dengan nama Allah SWT”. Dan perkataan ini selalu ia ulang-ulang dalam setiap kesempatan, tanpa menunjukan rujukan pendapat resmi Syiah dari ulama-ulama mereka.

Sebenarnya, pengkafiran Syiah oleh kelompok ulama Wahhaby –terkhusus di Saudi- sudah sangat lazim sekali. Kelaziman ini akhirnya disangkal oleh seorang intelektual Saudi sendiri, DR Hamzah Al-Mazini, tokoh intelektual muslim Ahlussunah dan yang pernah menulis buku terkenal di Saudi Arabia dalam menanggapi tulisan pengkafiran Syiah yang ditulis oleh Syekh Salman Al-Audah yang dimuat di surat kabar “Al-Jazirah”, ia mengatakan: “Tulisan itu tidak membawa manfaat bagi Saudi sama sekali dan bertentangan dengan Raja Abdullah”.

Hamzah Al-Mazini dalam tulisannya mengharap kepada Al-Audah agar menghentikan perintahnya untuk memisahkan komunitas Syiah dari komunitas masyarakat Saudi, dan meminta kepadanya untuk menghentikan fatwa penghancuran tempat-tempat ibadah Syiah. Pada tgl 8 Syawal ulama wahabi –terkhusus Bin Jabrin (Abdullah) dalam http://www.ibn-jebreen.com/fatwa/frame_02.htm- mengeluarkan fatwa penghancuran tempat-tempat ibadah dan kuburan Ahlul-Bait (versi Syiah) yang dianggapnya sebagai pusat kesyirikan. Dan dikarenakan penghancuran tempat-tempat suci itulah akhirnya orang-orang Syiah di Saudi membuat poster dan mencetaknya (pasca penghancuran) lantas mereka sebarkan. Jika itu dilakukan Wahaby kepada Syiah karena alasan pengkultusan kubur yang dianggap memiliki sakralitas, bagaimana dengan kuburan para pembesar Ahlusunah yang juga dianggap sebagai waliyullah, atau seperti di negara kita, para makam manusia-manusia agung juru dakwah pertama yang dikenal dengan “Wali Sanga” dan para ulama lainnya yang dianggap sakral, apakah juga harus dihancurkan?

Dan masih dalam kasus ini, di dalam makalahnya, Al-Mazini mengisyaratkan bahwa selama bertahun-tahun, raja Abdullah telah berusaha keras untuk mengadakan hubungan dan pendekatan pemikiran diantara semua mazhab terutama Syiah. Bahkan di bulan April (2007) lalu, Raja Abdullah mengancam dan mengingatkan bahwa tindakan penganiayaan dan pengekangan terhadap mazhab lain adalah salah satu ancaman bagi keamanan kerajaan. Turki Al-Sadiri salah seorang ketua HAM Saudi Arabia -yang mempunyai jabatan setara dengan menteri dalam kabinet kerajaan- adalah salah seorang pejabat tinggi kerajaan yang pertama kali mengakui adanya kekerasan terhadap warga Syiah oleh kelompok Wahabi di Saudi Arabia. Dalam sebuah wawancaraya dengan stasiun TV Dubai, ia mengatakan: “Beberapa orang dari anggota Hak Asasi Manusia (HAM) Saudi Arabia saat ini tengah bekerja dan melakukan penelitian serta pemeriksaan atas penganiayaan serta penekanan terhadap warga Syiah oleh ‘Kelompok Takfiri’ di kawasan timur Saudi Arabia”.

Situs middle-east-online yang menukil wawancara tersebut melaporkan bahwa, anggota HAM itu mengadakan wawancara dengan beberapa ulama Syiah di daerah timur Saudi dan mencatat laporan-laporan dari warga setempat dan selanjutnya akan dilaporkan kepada Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

Sejak keberhasilan Klan Saud menguasai Jazirah Arabiyah, mazhab Wahabi menjadi mazhab resmi kerajaan Saudi. Hal itu karena terdapat kesepakatan antara pendiri kerajaan itu dengan pelopor sekte Wahabisme. Dan pengikut wahabiyah dikarenakan adanya fatwa dari ulama-ulama Wahabi yang mengatakan bahwa Syiah dan As’ariyah (dari Ahlussunah) adalah kafir, akhirnya mereka seringkali melakukan tindakan-tindakan anarkis dan aniaya bukan hanya terhadap warga Syiah saja, namun juga pada kelompok Ahlussunah yang dianggap tidak sejalan dengan ajaran Wahabisme.

Dalam lanjutan makalahnya, DR Mazini memuji apa yang telah dilakukan oleh para pemikir Syiah Saudi semisal; Syeikh Hasan As-Shafa dalam menciptakan persatuan mazhab di Saudi. Dan di sisi lain ia menyatakan bahwa, apa yang tengah dilakukan oleh Al-Audah adalah salah satu langkah untuk menciptakan perpecahan umat seraya memintanya untuk segera meghentikan tindakan itu dan tidak memberikan julukan “Rafidhah” kepada pengikut Syiah. Al-Mazini menekankan bahwa banyak para pemikir Syiah di Saudi yang berusaha keras menciptakan persatuan antar mazhab dan pentingnya persatuan umat seperti; Syeikh Taufiq As-Saifi, Najib Al-Khanizi, Muhamad Mahfudz, Kamil As-Syabib dan Syeikh Ali Al-Buhmisin.

Tulisan DR Hamzah Al-Mazini yang di muat pada tgl 21-10-2007 di koran yang sama lebih lanjut meminta kepada Al-Audah untuk tidak mengikuti logika Usama bin Laden yang mengkafirkan semua ajaran yang tidak sefaham dengannya, dan meminta untuk mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Sayyid Qutb. Dalam akhir makalahnya dikatakan bahwa, pertama kali yang mengunakan logika pemikiran dalam menyelesaikan pertikaian antar mazhab adalah Sayyid Qutb.

Di kesempatan yang lain, Saleh Al-Fauzan dan Abdullah Al-Manik adalah dua ulama Wahabi –keduanya termasuk anggota Dewan Syura ulama kerajaan Saudi Arabia- yang telah mengeluarkan fatwa yang membuat kuping dan wajah raja Abdullah merah. Dalam fatwa itu dikatakan bahwa; “Memberi embel-embel atau memanggil nama “Aali Sa’ud” (keluarga Saud) di akhir kata “Malik Abdullah” adalah bid’ah, menyesatkan, membingungkan, dan itu adalah main-main”.

Menurut laporan dari TV chanel berita (khabar “Alburuj”), Saleh Al-Fauzan dan Abdullah Al-Manik juga mengeluarkan fatwa bahwa; “Merayakan perlombaan menunggang unta, membeli unta dari pejabat tinggi kerajaan hukumnya adalah haram”. Dalam fatwanya itu dijelaskan bahwa melakukan dan merayakan perlombaan seperti diatas merupakan bentuk dari perjudian dan fasad yang haram hukumnya.

Sementara itu, Abdullah Al-Manik, dalam fatwanya mengatakan; “Semua program, “perlombaan”, “perayaan”, “membeli unta” adalah bentuk dari foya-foya dan barang siapa yang melakukan pekerjaan itu, hukumnya adalah “kafir” dan “sesat””.

Perlombaan menunggang unta adalah tradisi lama yang berlangsung di masyarakat Saudi, bahkan dikalangan anggota kerajaan sendiri. Demi tradisi itu, mereka bersedia mengeluarkan berjuta-juta dinar untuk merayakan tradisi tahunan tersebut.

Melihat fenomena-fenomena semacam tadi, dan fenomena yang lain, akhirnya Raja Arab Saudi (Abdullah) menyebut para mufti Jamaah Takfiri (Wahhaby ekstrim), yang suka mengeluarkan fatwa mengkafirkan kelompok muslimin lain itu sebagai orang-orang yang “sesat dan menyesatkan”.

Dalam pesannya berkenaan dengan peresmian “Konferensi Internasional Fikih Persatuan Dunia Islam” yang ke-19 di Arab Saudi, Raja Abdullah menyebut bahwa para mufti Wahabi Takfiri itu sebagai “ulama satelit dan internet”, dan menvonis mereka telah melakukan kebohongan terhadap Allah. Ia menambahkan; “Perbuatan orang-orang ini tergolong musibah terbesar, dan lebih berat daripada syirik itu sendiri”.

Raja Arab Saudi juga mengajak para hadirin peserta konferensi ini untuk menolak ajaran para mufti takfiri, yang telah menjerumuskan umat Islam ke dalam fitnah pembunuhan, peledakan bom, bom bunuh diri, sikap saling mengkafirkan, dan berbagai kesesatan lain.

Entahlah, apakah ini merupakan satu pertanda akan berakhirnya koalisi antara ulama Wahabisme (pengikut Muhammad bin Abdul Wahab, Sang pengkafir kaum muslimin) dengan keluarga besar kerajaan Arab Saudi (dari klan Saud)? Yang jelas, kita berharap dari orang yang berkuasa di Saudi –yang kota Makkah dan Madinah berada di wilayahnya- hendaknya para penganut seluruh madzhab-mazhab Islam –terkhusus Ahlusunah wal Jamaah Indonesia- mendapatkan penghormatan yang layak di saat mengunjungi tempat turunnya wahyu, Mekkah dan Madinah yang sekarang ini dikuasai oleh para ulama dari sekte Wahabi, bukan lantas ditunjuk (baca: divonis) dan difitnah sebagai pelaku Syirik dan Bid’ah seperti yang sekarang ini mereka lakukan. Hanya para petinggi Saudi Arabia yang dapat menekan para rohaniawan Wahhaby agar menghormati para peziarah kota Mekkah dan Madinah, dari madzhab Islam manapun mereka. Kita akan lihat saja nanti, sampai dimana konflik antara kerajaan Saudi Arabia dan ulama Wahabisme akan terus berlangsung. Sampai dimana pengaruh raja Abdullah? Apakah ia mampu membungkam mulut para ulama Wahhaby itu ataukah justru raja Abdullah yang harus terjungkal dari tahta kerajaannya? Hanya waktu yang akan membuktikan hal itu. Kullu Aatin Qoriib

64 Tanggapan

  1. Wahh.. bisa-bisa sebentar lagi keluar fatwa untuk membunuh raja abdullah… menurut beberapa nubuat, salah satu tanda kiamat kecil adalah terbunuhnya seorang raja di tanah arab yang bernama abdullah. Bisa jadi raja yang satu ini.
    Wallahu a’lam

  2. Alhamdulillah Raja saudi yg sekarang Raja Abdullah kayanya seorang yg sangat bijaksana buat persatuan umat Islam,insya Allah… sayang ya kalo sampai di rusak sama wahaby2 yang tolol dan sesat yg suka berfikiran sempit dgn mudah membidahkan apa aja dan mengkafirkan sesama muslim…mudah2an ulama2 wahabi yg begitu pada cepet mati aja yah..wallahu alam..

  3. wahabi bikin search engine gsalaf search returns semua website website wahabi yg isinya caci maki dan mengkafirkan …..bener2 ngga tau malu

  4. Ass Wr Wb,

    Walaupun saya selalu berharap jangan ada lagi ada darah kaum muslimin ditumpahkan, apalagi oleh sesama ahlul kiblat, tetapi saya melihat kedepan bahwa raja Abdullah akan mati terbunuh oleh kelompok yang merasa dirinya adalah Al Hak.

    Sejak zaman kaum khawarij sampai saat ini sudah berapa banyak darah kaum muslimin ditumpahkan oleh mereka yang memiliki pemahaman sempit dalam beragama walaupun aqidah Islam mengharamkan darah kaum muslimin kecuali bagi pelaku tindak pidana syariah dimana perbedaan pemahamahan
    bukan merupakan salah satu bentuk yang dianggap pelanggaran pidana mati syariah.

    Saya mengusulkan agar dibentuk suatu dewan syuro dalam menyikapi perbedaan pemahaman. Dewan ini tidak membenarkan atau menyalahkan pemahaman manapun ( ini hanya Allah yang bisa memastikan ), tetapi dewan ini dapat berfatwa terhadap sikap extrim dalam menyikapi perbedaan.

    Wassalam

  5. sangat serasi bilamana Free Masonry yang merupakan anak cucunya Knight of Templar sudah dapat mempengaruhi Salafi Wahabi, persamaannya terletak pemurnian agama, entah apa agamanya yang penting harus dimurnikan

    skenario ini akan berlangsung sampai hancurnya peradaban manusia

  6. Sebenarnya wahabism tidaklah tolol, karena mereka orang2 yang berpendidikan (di Indonesia banyak cendekia2 yg lulusan Universitas ternama atau Master dari LN), mereka hanya mengikuti doktrin, karena ingin masuk surga dengan mudah.. karena dengan masuk kelompok ataupun golongan mereka dijamin masuk surga… (sampai2 disuruh bunuh diripun ok2 aja…)

    Ini tugas yang sangat berat bagi umat Islam lainnya untuk memberantas aliran2 Islam yang menyesatkan, kembali lagi ke Al Qur’an, apabila ada perselisihan diantara umat kembalikan ke Allah SWT, Rasulullah saw dan ulul amri (siapa?), mari kita cari bersama… asal kita sebagai umat yang mengaku bersaksi kepada Allah SWT dan Muhammad Rasul Allah, tidak mudah untuk diprovokasi demi kepentingan golongan… BERSATULAH… BEDA ITU INDAH… asal tidak dilandasi EGO DIRI…

  7. assalamu’alaikum wr. wb.

    om sastro…
    (sengaja saya panggil om, soalnya kan udah kepala 3… bener ya ?). Alhamdulillah om, baru ada rizki untuk ke warnet nich buat silaturrahmi ke sini.

    1. kalo do’a dan harapan om sastro sendiri, lebih baik wahaby terbungkam atau raja abdullah terjungkal ?
    2. kalo kedua harapan tadi terlaksana ( wahaby terbungkam & raja saudi terjungkal), menurut prediksi om sastro antara syi’ah dan aswaja mana yang lebih dominan di jazirah arab.
    3. aswaja versi om sastro tuch…, mempelajari aqidah ahlussunnah wal jama’ah secara kaffah ATAU membasmi semua ajaran yang bukan ahlussunah.

    >>> setelah manufer “penutupan ruang diskusi” & manuver “pengumuman bulan haji”, manufer ke-pengecut-an apalagi yang akan sampeyan lakukan. hanya waktu yang akan membuktikan hal itu

    ikhtitam :
    seorang mukmin akan selalu menghormati apa yang dianggap orang lain berharga.

    wassalamu’alaikum wr. wb.

    ———————————–

    Sastro Menjawab:
    Cara berpikir anda terlalu awam, hitam-putih….padahal ada warna lain selain itu. Apakah mungkin Saudi dan Wahaby dipisahkan? Itu yang harus anda analisa, bukan antara Wahabi yang gulung tikar atau Saudi…
    Anda tahu atau ingat konferensi persatuan Islam di Bogor kala itu yang diprakarsai NU dan MD? Hasil dan rekomendasinya tahu gak? Hanya kaum Salafy Wahaby yang ngotot menolak persatuan itu. Kenapa? Anda analisa sendiri…
    Mas, persatuan bukan berarti peleburan. Tetapi yang jelas, persatuan sangat bertentangan dengan pengkafiran. Paham gak maksud saya? Silahkan renungkan..

  8. SEBERAPAPUN GENCAR KALIAN MENEBAR TUDUHAN..
    DAKWAH SALAFY AHLUSSUNNAH TETAP AKAN BERKIBAR…
    SALAFY BUKAN TUKANG MENGKAFIRKAN…

    ————————–

    Sastro Menjawab:
    Buktikan dengan referensi dan perbuatan, jangan hanya ngomong doang…!

  9. assalamu’alaikum wr. wb.

    Sastro Menjawab:
    Cara berpikir anda terlalu awam, hitam-putih….padahal ada warna lain selain itu.

    >>> yang haram sudah jelas begitupun yang halal, mengapa sampeyan menggiring kami umat Islam ke “warna” lain, mengapa menjebak kami ke jalan syubhat ?
    Silahkan renungkan sebelum menjawab.

    wassalamu’alaikum wr. wb.

    ——————————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Lihat kembali pertanyaan anda di atas, apakah berkaitan dengan halal-haram sehingga bisa hitam-putih…kalau halal-haram memang tidak bisa ditawar kang, saya setuju itu…tapi ini masalah politis yang perlu analisa lebih, jadi gak bisa hitam-putih dalam berpolitik kang…Paham kang, cah semarang?

  10. Mas Sastro, smga Alloh memaafkan n memberi hidayah padamu. Knapa dengan saudara semuslim sendiri anda tega untuk mendokan hal-hal yg buruk? Seharusnya jika anda merasa dalam posisi yg benar, Doakanlah kebaikan bagi saudara kita yg tergelincir. Ingat mas, darah ulama itu berbisa dan riba yg paling besar adlh menjatuhkan martabat saudaranya (kaum muslim). Alhamdulillah saya sudah mengenal da”wah salaf yg penuh berkah ini hmpr 3 thn. Tidak pernah para Ustadz2 kami mengkafir2kan sprti yg anda tuduhkan pada kami pengikut salaf. Beliau2 yg telah saya kenal keilmuannya adalah manusia yg bermartabat, sopan dan alim. Adapun jika ada kslahn pada mrka itu adlah wajar krna beliau2 ini adalah MANUSIA. Mari berkumpul dgn kerendahan hati n keikhlasan untuk saling menasehati dlm kebenaran dan menempatinya dengan kesabaran.

    ————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Ukhti, anda paham yang kami maksud dengan pengkafiran kah? Apakah menuduh dengan seenak perut mereka dengan pelaku bid’ah, syirik, khurafat dan takhayul terhadap kaum muslimin itu bukan sama dengan pengkafiran? Tentu anda tahu apa yang harus dilakukan seorang muslim dengan para ahli Bid’ah atau musyrik dalam hadis-hadis yang ada bukan? Padahal tuduhan itu sama sekali tidak beralasan. Di blog ini, kita akan menjawab tuduhan-tuduhan kosong kaum Wahaby itu. Ini tujuan kita membuka blog ini.
    Dan kalaupun ada satu dua orang muslim yang benar melakukan hal itu, lantas apakah bisa dipukul rata? Tentu anda bisa menjawab, apa beda kita kaum muslimin yang monoteis shalat menghadap ka’bah (rumah batu buatan manusia) dengan kaum musyrik yang polyteis melakukan sujud menghadap patung batu yang juga buatan manusia bukan?
    Saya dan beberapa dari kelompok kami dulu juga seperti anda, bahkan mungkin lebih dari anda, jadi kita tahu apa dan siapa Wahaby dengan baik…

  11. wah….bodoh sekali tulisan ini, cuma emosional dan unek2 dewk saja yang benci sma slafy, tapi kok pake nama salafy indonesia?untuk nipu sapa nih?salafy mah ndak ginilah,….kamu cuman ngaku2 doang.

    —————————————

    Sastro Menjawab:
    Salafy yang Wahaby memang gak gini mas….baru tahu? Anda bilang bodoh dan emosional, ngaca donk…!

  12. salafy indonesia kok link-nya: eramuslim,swaramuslim??? ketahuan deh lo….gobloknya banget, nemen. Salafy yang benar tak akan tertipu sama penipuan kamu. Kamu harus banyak belajar yg ikhlas, jangan karena kebencian kamu nulis di blog. Sama kelompok lain walau jelas kesalahannya kamu toleran, tapi tidak dg salafy.

    ———————————————

    Sastro Menjawab:

    Apakah kesalahan mereka karena tidak bermanhaj Salafy yang Wahaby? Apakah jika tidak ber-Wahaby Ria berarti mereka salah dan sesat? Pemikiran semacam ini yang harus diperangi dari otak orang-orang Wahaby yang hendak memonopoly istilah salafy…Jika kelompok/sekte anda ingin dianggap maka anggaplah kelompok lain. Camkan itu baik-baik !!!

  13. Saya baru mengenal dakwah salafy, dan saya mendapatkan tata cara yang jauh lebih baik dari cara cara kalian berdakwah.
    Buktikan pendapat Mr Sastro dgn dalil jangan dgn …???@@@###…

    ———————————————

    Sastro Menjawab:

    Minta dalil kok di rubrik serba-serbi mas…lihat tuch yang lainnya.

  14. di sebuah desa terpencil di ambarawa, ada sebuah masjid
    bantuan salafiwahabi yang bentrok dengan warga,sebab menyerang masyarakat nu dengan menyebar pesona( pembidahan dan pengkafiran)..akhirnya kelompok slafi tersebut di adili masyarakat.. dam terbirit birit.. dan masjid itupan sekarang diserahkan ke masyarakat.. alhamdulilah.. berari yang benar pasti di bantu ALLAH. ……
    lucu ndak…? bikin masjid disuatu desa tanap kulonuwun apapun dengan masyarakat sekitar, dan yang sholat orang jauh semua yang di datangkan ke masjid tersebut…..
    ALLAU ALEEM… saya mah masih bodoh… belum berilmu
    cuma mau sharing cerita kenyataan kejumudan dan kekerasan kelompok salafi yang bermilyar milyar di gelontorkan dana dakwahnya lewat satelit dan untuk internet.. namun sampai sekarang….tidak pernah berkembang di dunia. ini kata raja Abdululah di konferensi fiqih international lhoo.. semoga Raja AMBDULAH dipanjangkan umur dan dijaga dari kaum salafi, ameeen

  15. Assalamualaikum

    Untuk lebih jelas dan seimbang bukalah artikel situs-situs salafi seperti http://www.muslim.or.id, http://www.almanhaj.com dan link salafi lain niscaya kita akan bisa menilai siapa yang ilmiah antara pak sastro dan dakwah salafi yang di indonesia kebanyakan dakwah ini dibawa para alumnus universitas islam madinah dan telah tersebar diseluruh indonesia.

    silahkan mencoba semoga Allah subhanallahu ta’ala memberi petujuk kepada kita

    Wassalamualaikum

    ————————————–

    Sastro Menjawab:

    Mana, Universitas Islam Madinah? He he he he…silahkan!

  16. http://www.muslim.or.id,/ <== bukan situs salafy
    tapi mereka at turots yang mengaku salafy,

    kata ustad abdul muthi’ al maidani siiiih

  17. Dalam hal bunuh-membunuh dalam kondisi perang saja tidak boleh membunuh orang yang membaca syahadat, jadi syiah itu memang tidak boleh dibunuh, tapi harus didakwahi, tetapi untuk yang kristen mari kita tanya Gus Dur, calon khilafah pertama umat Islam sedunia, beliau pasti sanggup mengemban amanah sebagai pemimpin kekhilafahan Islam yang akan segera ditegakkan kembali oleh para ulama, khususnya ulama NU yang hanif dan tak pernah ngamuk seperti yang dilakukan oleh keturunan Saud itu. mari kita bangkitkan umat bersama Gus Dur, khalifah pertama di khilafahan yang akan segera tegak kembali di tahun ini.

    ———————————

    Sastro Menjawab:

    Gus Dur khalifah, yang bener saja mas?

  18. STOP WAHABBI DI INDONESIA

    TERUTAMA DI UNIVERSITAS DI INDONESIA

  19. Fitnah terhadap Al Haq adalah Sunatulloh. Walau seisi bumi menentang dakwah ini Insya Alloh Alloh akan memberikan kemenagan bagi mereka yang beriman dan beramal sholih, sungguh sudah sangat banyak tuduhan-tuduhan lain seperti yang anda tulis di blog ini kepada da’wah salaf ini. Hati -hati dalam mencela kata salaf, apa antum rela mencela para sahabat? Ahlussunnah bukan tukang takfir, juga bukan khowarij, namun istilah ini memang sering disematkan oleh mereka orang-orang yang dangkal ilmunya dan tergesa-gesa dalam berbuat. Lama atau sebentarnya antum pernah mengikuti kajian salafiyah bukan tolak ukur antum sudah paham betul atau belum, tapi seberapa jauh antum mengamalkan yang antum ilmui dan antum istiqomah itulah kualitas antum. Silahkan mencela, antum tidak akan memuhorotkan da’wah ini walau celaan antum jadi headline di setiap berita. Wallohulmusta’an.

    —————————————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Setiap pengakuan perlu bukti…silahkan kalian buktikan bahwa dakwah Salafy (Wahaby) adalah Haq (benar) jika kalian memang orang-orang yang benar…Haatuu burhanakum in kuntum Shadiqiin…!!!!

  20. hem, yah begitulah. Terlihat sekali, yang berakhlaq dengan tidak! Ucapan itu dikontrol. Jangan asal nguap. Mungkin Ummu Yusuf termasuk yang menuliskan hal2 yang baik. Tetapi saya juga dulu ikut kajian ilmiahnya ustad2 Salafi. Tetapi pengalaman saya tidak seperti pengalaman Ummu Yusuf. Malah bertolak-belakang🙂. yah memang pengalaman orang berbeda-beda.

    Yang penting, bahasakan dengan bahasa yang baik🙂 jangan mudah mengkafirkan orang kecuali akan kembali kepada dirinya sendiri.🙂

    Wassalam

  21. sefaqih2 nya Syaikh Ibnu Taimiyah,tapi mendingan Taqlid ma Imam ibnu hajar Al Asqalany As syafi’i, Imam Nawawi,

    ibnu taimiyah gak lage ah…,imam ahmad aja ga gitu kok

  22. Assalamu’alaikum wr. wb

    Saya adalah penganut SYiah saat ini, dan waktu kuliah dulu sempat ikut dengan kelompok pengajian salafy, aduh ternyata pengalaman saya juga sama dengan rekan, kami akan lebih bangga jika sudah bisa membuang bedug yang dimiliki musholla orang2 NU, dan kami akan senang jika membuat malu orang NU ketika sholat berjamaah karena sering mengatai mereka bid’ah. aduh nyesel banget saya, kenapa ada Islam yang berwajah garang.

    Akhirnya semoga lebih banyak lagi teman2 kita yang muslim mulai memahami Islam yang lebih sejuk dan menentramkan, amin.

    Wassalam

  23. Saudara – saudaraku, temukanlah ketenangan yang sama – sama kita dambakan dengan cinta yang LILLAHI TA’ALA WA LIROSSULLIH, Mari kita belajar dari orang – orang terdahulu yang alim dan alamah, yaitu para para salafuna sholeh, dengan mempelajari parjalanan hidupnya dalam menegakan kalimat syahadat. Yaitu para wali min auliaillah. yang selalu memberi manfaat kepada orang banyak, dan ingat kita Indonesia Raya menjadi Islam sebab beliau para wali. pelajari betul risalah ini karana bengyak yang kita tahu hanya dari sudut pandang sempit. Kalau kita pelajari Apa – apa yang para wali ajarkan yang tersebar banyak sekali di bumi Indonesia ini Niscaya kita selamat, karena beliau mengajarkan tauhid murni dan cinta kepada Nabi SAW dan Ahlul Bait. ( Bukan Syi’ah ). Pahami Baru Berkometar.

    ——————————————-

    Sastro Menjawab:

    Benar sekali, namun ada pertanyaan dikit, apa beda Ahlul Bait versi Syiah dan Ahlusunnah? Sebatas yang saya tahu tidak ada perbedaan prinsip…kita tanyakan saja kepada pemilik mazhab itu…ok?

  24. ya memang begitu banyak perbedaan manhaj di kalangan umat Islam. Jangankan di antara kita, bahkan di kalangan para sahabat saja sampai terjadi peperangan.
    Namun semuanya harus kita kembalikan kepada nash AL Qur’an dan sunnah Nabi menurut pemahaman para sahabat. Karena sahabatlah yang paling memahami asbabun nuzul suatu ayat turun. Dan mereka tidak seperti kita yang bahasa Arab aja kadang gak paham. Mereka hidup di jaman yang sastra arab sedang dalam puncak puncaknya. Sehingga mereka tahu betul keunggulan sastra Al Qur’an dan kebaikan akhlaq Rasulullah.

  25. YA.KITA BERHARAP JANGAN SALING MEMBIDAHKAN SESAMA MUSLIM, TETAPI YANG SALAH DARI ALQURAN DAN AS-SUNAH, DI LURUSKAN, TIDAK SALING MEMPONIS, TETAPI HARUS ADA SOLUSIHNYA

  26. kenapa politik gak boleh hitam-putih? gua lebih suka semua jelas sih, kenapa poltik gak boleh jelas dan sederhana? kenapa harus ada intrik dsb… (maaf om, dikatain tolol gua juga terima aja koq :P)

    —————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Karena politik semacam itu banyak kepentingannya mas…kadang orang sengaja nampak (menampakkan) teraniaya (terzalimi) padahal justru dia yang zalim.

  27. sudahlah para ” salafiyyah”…
    saatnya koreksi diri………
    jadikan semua kitab2nya orang islam ( ulama ) sebagai referensi. biar cerah dan banyak pandangan.
    sorry ya bukan nggurui….

  28. Fatwa wahabi: “umat islam dilarang sokong Hizbullah,haram bro..!”
    Mat sunni:”emangnye nape?”
    wahabi:”pokoknye haram,titik..!”
    Mat sunni:”ane pikir2 emang bener juge,haram hukumnye kalo nyokong makan siang pare mujahidin pake daging babi. Tapi kalo pake pecel lele+ lalap sambel pan kagak nape2 bro?”
    wahabi:”pecel lele? Makanan itu blm ada dizaman Nabi. Lagian lele itu pelihara kumis kan? Bida’aaahhh…!”
    Mat sunni:”kesian tu lele.. Emangnye die pengen lahir jadi lele, yg punye kumis dari sononye.”

  29. fitnah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    semoga Allah memberikan om sastro hidayah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    semoga Allah memberikan om sastro hidayah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    semoga Allah memberikan om sastro hidayah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    fitnah

    semoga Allah memberikan om sastro hidayah

  30. Maaf, bagi teman2 yang mendukung salafi, bila benar salafi bukan wahabi, mengapa ad kajian yang bertemakan meluruskan sejarah wahabi ? buat apa repot2 buat kajian itu?

    teman saya pernah diusir oleh seorang salafy ketika dia mengadakan Liqa di suatu masjid kampus di UGM yang pengurusnya mahasiswa2 binaan salafy. beliau mengatakan mesjid milik umat bukan milik golongan atau partai. padahal yang kami bahas adlah Islam begitu juga ketika seorang teman kami ingin membagi-bagikan buletin melalui solat jumat, mereka pun membuangnya.

    cara dakwah salafy wahabi secara tidak sadar membuat pengikutnya merasa dirinya adalah umat Islam yang paling benar sehingga cenderung arogan. dari semua dakwah salafy memang berdasarkan Al-quran dan hadis kebanyakan hanya diartikan secara dangkal, bagi anda yang sudah masuk salafy saya sarankan juga membaca kitab2 ulama ahlussunah abad pertengahan (kecuali ibnu taimiyah) sehingga sudut pandang anda akan semakin luas dan tidak terjebak dalam doktrin tunggal pemahaman Al-quran hadis ala salafy sebagai contoh salafy mengedepankan hadis2 yang melarang umat Islam untuk melawan pemerintah dan untuk berpolitik dan itu diartikan secara dangkal kalau di Indonesia melawan pemerintah memang tidak boleh tetapi berpolitik dengan cara Islam adalah wajib kifayah agar kebijakan yang dibuat bisa dikontrol tetap berada pada jalur2 Islam. namun sayangnya ceramah ustad2 salafy mengedepankan haramnya politik secara membabibuta tanpa ia memandang betapa besarnya keuntungan bila politisi2 kita adalah berasal dari orang Islam yang kuat imannya. sebaiknya kita membuat lagi konferensi persatuan umat Islam atau dengan kata lain uni haroqah dan yang tidak mau ikut biarkan saja yang penting umat Islam yang awam terjaga dari pemahaman2 Islam yang menyimpang jika perlu dibuat suatu mahkamah umat Islam yang berhak menegur, mengingatkan, menghukum dan menonaktifkan semua gerakan yang berpotensi memecah persatuan umat. hal yang paling diperhatikan adalah persatuan umat Islam tetap terjaga.

    wallahu’alam

  31. aneh memang orang wahabi nie….,coba kalo kajian at turotsi besok sabtu(meluruskan sejarah wahaby) dipindah minggu pagi..pesti temen temen dari As sohwah jarang yang dateng Abis taklim pagi langsung ngacir, jangan kan kumpul se majelis salam aja gak kok…..he he he duhhh gimana nieh ukhuwah antar sesama sudah hilang tinggal tunggu masa kehancuran

  32. mbok yao” KAn muslim merupakan cermin bagi muslim yang lain”

    ehhhh kok q cuma bisa komentar ya…….ah saya niat untuk amal ah…jadi muslim yang baik,…..moga ALLOH beri hidayah pada ku<===ndoain diri sendiri

  33. Salafy yg ikut komentar cm salafy yg baru belajar di majlis salafy, jd msh berargumentasi bhw salafy tdk mengkafirkan sesama islam.
    Tapi mas2 yg ngaku salafy nihh yaa. Di sekitar kita penuh dg para salafy yg exclusive yg membersihkan lantai yg bekas dipakai sholat oleh sunni, di sekitar kita pula para salafy menghasut org2 yg baru belajar islam utk memusihi selain salafy. Di sekitar kami jg para salafy membuat statement2 bid’ah kpd kami atas apa2 yg kami yakini benar (tentu dg sudut pandang yg berbeda), maulid kami dikatakan bid’ah, qunut kami ditertawakan, hormat kami kpd aulia diejek. Apakah itu semua cerita bohong?? ataukah suadara salafy yg “bijak” yg bicara sopan dan lembut tdk pernah mendengar itu? Apakah saudara2 salafy yg berilmu pernah membaca buku2 dr imam2 kalian yg jelas2 mengkafirkan mazhab lain?? ataukah saudara salafy yg tinggi ilmunya tdk mau tau krn kalian tdk membaca, krn kalian hanya memndengar apa2 yg dikatakan guru kalian??.
    Jika kalian secara konsisten mengikuti imam2 kalian pasti kalian mengiyakan apa2 yg ditulis disini, bhw mazhab wahabi menebarkan permusuhan sesama islam, dan mazhab wahabi mengklaim kebenaran hanya milik wahabi/salafy.
    Coba kalian baca lagi dan membaca. Jgn menganggap hadir di mesjid dan mendengar ceramah sdh cukup.
    Semoga kita semua mendapat petunjuk dan hidayah dr Allah SWT.

  34. Sungguh fitnah yang kalian utarakan, salafy tidak pernah mengepel lantai orng yg sholat di masjidnya, salafy tdk mengkafirkan orang karena mengkafirkan orang akan kembali ke salah satu dari keduanya dan msh banyak lg yg kalian kira salafy ternyata SALAH BESAR !! coba kalian datang ke majlis salafy sesungguhnya dan kalian akan tau salafy sesungguhnya. atau baca bukunya ulama ahlusunnah ygn isinya Al-Qur’an dan Hadist serta atsar-atsar yang shahih dengan pemahaman para salfus shalih tidak menurut hawa nafsu mereka sendiri. Jangan hanya melihat dari kulit luarnya saja ( salah lagi ).semoga Allah memberi hidayah kepada kita semua. amiin.

  35. saya orang awam, tp melihat blog ini sungguh miris, isinya Fitnah semua, berisi kebencian tanpa dalil dan yang berkomentar-pun tanpa adab,,
    semoga Alloh memberikan hidayah kepada kita semua. Amin..
    Barokallohu fyikum…

    ———————————————–

    Sastro Menjawab:

    Pernyataan anda kontradiksi, katanya orang awam tetapi bisa menghukumi bahwa ini fitnah dan tanpa dalil….tahu dari mana anda bahwa ini fitnah dan tanpa dalil, sudahkah anda cek kebohongannnya?

  36. apa benar yang antum bilang?bagaimana dengan hadits nabi yang melarang para sahabatnya menggantung senjata di pohon dzatu anwath?

  37. Saya dari pengikut Ikhwanul Muslimin dan sering dikatakan Ahlul bid’ah sama orang-orang salafy,rasanya sakiit sekali.tapi mereka jauh lebih baik dari sastro yang tolol ini,seenaknya saja mengkafirkan Ibnu Taimiyyah dan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab.
    Lagian siapa bilang Ibnu Taimiyyah Itu Ulama nya WAHABY,dia itu ulama kami juga,Dia seorang Mujahid fi sabilillah.
    Syaikh Bin Baz seorang Ulama Internasional yang tidak ada tandingannya di abad ini.dan beliau tidak panatik seperti orang -orang yang sok salafy.
    Salafy keras kepala,sasstroo lebih tolol.HAII IKHWAH SALAFY INILAH MUSUH SUNNAH SEBENARNYA DAN DIALAH AHLI BID’AH YANG HAKIKI.hilangkan perbedaan diantara kita dalam menghadapi si penipu ini!!!!!!!

  38. mas sastro,antum harusnya lebih banyak belajar lagi.jangan terlalu emosional.muslim bersaudara,tidak saling membenci

    —————————————–

    Sastro Menjawab:

    Mas, gak akan ada re-aksi kalau tidak karena ada aksi…
    Ungkapan mas itu silahkan anda tujukan ke sekte Wahaby dulu…

  39. He abu salafy…..dilain tulisan mencela saudi kok sekarang ngadu domba saudi dengan ulamanya??? jangan suka adu domba dengan sesama muslim…..

    ————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Yang menulis komentar dengan menggunakan nama palsu Sastro dan Abu Salafy di sini memiliki IP ID yang sama, dan penulisannyapun hampir bersamaan…ia ingin agar antara Salafyindonesia dan abusalafy diadu…yang biasa melakukan pengadudombaan itu siapa ya? Ya gak heran lha wong Wahaby dari dulu bertemannya dengan kolonialis Inggris dan kini berpelukan mesra dengan USA….

  40. pak abu saya sering membuka blog-blog wahabi yang jumlahnya sangat banyak itu, terkadang saya ingin mengetahui lebih dalam apa sebetulnya wahabi itu beserta tokoh-tokohnya dan mengapa mereka bs berpendapat semacam itu ! namun hasilnya absurd, semakin banyak sy mengkaji sy bukannya tambah ilmu justru tambah bingung krn tidak ada representasi yang benar dr mereka, pertentangan antara satu ustad dengan ustad yg lain, menonjolkan benderanya masing-masing, kejelasan ajarannya pun demikian ada yg sepakat satu hal namun berbeda hal lain sehingga tambah mengkerut, para ulama mereka bisa menjarh ulama yg masih wahabi juga ! sy sungguh bingung apakah ini kelompok ahlul haq ?!
    kesamaan diantara mereka yg bs sy pastikan adalah
    1.kegarangan dlm berdakwah kl bs dengan teror
    2.pengkafiran thd kelompok lain
    3.menolak mengkafirkan namun membidahkan dan menyesatkan kelompok lain
    kiranya ini bs menjadi masukan bagi pak Abu untuk kl bs memuat pertentangan di antara mereka dlm situs ini

  41. Lihatlah pembaca…dari tulisan2nya sastro ini telah scr tidak langsung mengkafirkan wahaby. Padahal orang nu pks dan muhamadiyah g pernah mengkafirkan wahabi. Demikian juga wahaby juga tidak serampangan mengkafirkan. Mereka semua tetap kaum muslimin saudara kita. Jangan meniru cara pengkafiran terselubung seperti sastro ini. Hati2 pembaca. isi tulisannya ada misi mengadu domba sesama kaum sunni.

    ————————————

    Sastro Menjawab:
    1- Penulis komentar di atas melakukan pembohongan atas nama Abu Salafy…
    2- Apakah ada kelompok Islam yang suka mengkafirkan muslim selain Wahaby (pengikut setia Muhammad bin Abdul Wahhab)?
    3- Mana bukti bahwa Wahaby tidak pernah mengkafirkan, toch kita dengan jelas mendapatkannya di buku2 mereka sendiri…belum lagi perbuatannya yang arogan terhadap sesama muslim. Itu semua bukti konkrit bung…!
    4- Sejak kapan Wahaby masuk kelompok Ahlussunah wal Jamaah…? Lha wong para ulama Ahlusunnah yang empat mazhab itu disesatkan koq…
    Kasihan dech Wahaby…:P

  42. saya hanya bisa komentar sedikit saja tentang komentar mas diatas memang banyak kenyataanya yang saya dengar oleh para ulama ki’ai dan para ustad tentang wahabi, memang secara bentuk memang tidak terlihat tetapi secara tindakan memang begitu terlihat apa lagi tentang dakwah mereka saya mengharap kita semua termasuk orang yang selalu di jaga dan dipelihara dari bentuk-bentuk yang merusak akhlak dan keimanan kita ini ada sedikit pertanyaan tentang seorang murid kepada gurunya :

    apakah ajaran wahabi itu sesat? – 2007/05/15 20:17 Habib ane minta dijelasin tentang ajaran wahabi , apakah ajaran wahabi itu sesat?

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Limpahan kelembutan Nya swt semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    ajaran wahabi ini banyak menyimpang dari syariah islam, niatnya baik, yaitu pemurnian tauhid, namun niat baik bila disertai kesombongan dan kedangkalan syariah maka begitulah jadinya.

    dan kita terus berusaha memberikan kejelasan pada saudara saudara kita yg telah terjebak, tapi bukan permusuhan yg mengacu pada peperangan dan pertumpahan darah, tapi justru penanggulangan dengan kejelasan dan dalil yg akurat agar mereka dapat kembali kepada kebenaran.

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a’lam

    Assalamu’alaikum Wr.Wb

    Ya Habiby, dari pernyataan Habib. Wahaby banyak menyimpang dari syari’ah. Apa saja penyimpangan mereka tersebut yang bisa saya ketahui. Sebelumnya, terimaksih atas jawaban yang Habiby berikan.

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Rahmat dan kebahagiaan semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

    saudaraku yg kumuliakan,
    banyak sekali penyimpangan mereka, diantara penyimpangan mereka yg paling menyolok adalah memusyrikkan orang muslim.

    mereka cepat sekali menghukumi musyrik pada orang yg istighatsah, tawassul, tabarruk, padahal itu semua sunnah Nabi saw, tentunya karena dangkalnya pemahanan mereka terhadap syariah..

    demikian saudaraku yg kumuliakan,

    wallahu a’lam

    Assalamu’alaikum

    ya habib, saya mw bertanya, ciri-ciri golongan wahabi itu seperti apa? dari fisiknya, pakainnya, kemudian bentuk majelis/pengajiaannya, tolong informasi nya habib, agar saya tidak terseseat,,, saya masih awam…,

    karena yang saya dengar dari majelis yang pernah saya kunjungi, golongan wahabi ini biasanya ada di di lingkungan kantor, pabrik, industri dan lain2..,

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    wassalam..

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Inayah dan kelembutan Nya swt semoga selalu tercurah pada hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    Wah.. saya ngga tahu pasti kalau ciri cirinya, sebab kini faham wahaby ini sudah meracuni banyak orang, mereka yg tidak keseluruhannya terpengaruh adapula yg terpengaruh sebagian saja,

    Namun ciri ciri jelasnya adalah bila mereka bicara agama, langsung awal pembahasan adalah Bid;ah, syirik, mereka memang tak tahu hal pembahasan syariah lain yg lebih mereka sukai selain pembahasan Bid’ah dan syirik.

    Mereka itu bukan untuk dimusuhi, mereka saudara saudara kita, mereka mesti diberi penjelasan syariah dan diselamatkan dari kesalahannya,

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a’lam

    assalamualaikum wr.wb,

    semoga habibana sekeluarga dlm lindungan Allah SWT.

    gimana keadaan mereka ya bib kl mereka meninggal dlm keyakinan seperti itu? apakah amalan2 yg mereka lakukan diterima disisi Allah SWT?

    wassalamualaikum wr.wb…

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    Cahaya kebahagiaan semoga selalu menerangi hari hari anda,

    Saudaraku yg kumuliakan,
    amal mereka?, wallahu a’lam, karena hanya Allah Yang Maha menentukan mana amal yg diterima mana yg tidak, namun selama seorang muslim tidak wafat dalam kekufuran maka pastilah Allah akan mengangkatnya kesorga bila dikehendaki Nya swt.
    Demikian saudaraku yg kumuliakan,

    Wallahu a’lam

    Assalamualaikum Ya Sayyidi,
    Manakah yang lebih berbahaya dan harus ditumpas ? Apakah faham Wahabi dan Syiah (khurafat) ?

    Syuqron sebelumnya,

    Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

    semoga kemuliaan ramadhan, keagungan shiyaam, kesucian Qiyaam, keberkahan Alqur;an, dan cahaya Lailatul Qadr selalu terlimpah dan menghiasi hari hari anda dan keluarga.

    Saudaraku yg kumuliakan,
    mengenai faham wahabi, syiah, ini keduanya oposisi ahlussunnah waljamaah, yg satu mengkafirkan sahabat Rasul saw, yg satu memusyrikkan para wali dan ahlulbait, keduanya saudara kita dalam tauhid, bukan diperangi tapi diberi penjelasan, karena memang mereka tak mengetahui.

    Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga sukses dalam semua cita cita, semoga dalam kebahagiaan selalu,

    Wallahu a’lam

  43. PEMBACA, TERLIHAT SEKALI SIFAT SIFAT PENIPU DAN TUKANG ADU DOMBA DARI SASTRO INI

    1. IA MEMAKAI NAMA SALAFY UNTUK MENGADU DOMBA KALANGAN SUNNI YANG MEMANG MEMILIKI BEBERAPA KELOMPOK, MENJELEKKAN SALAFY PADAHAL IA PAKE NAMA SALAFY.. AKAL YANG LICIK.

    2. DI INDONESIA PENDUDUKNYA KEBANYAKAN ADALAH KAUM SUNNI MESKIPUN BERAGAM, JADI NAMPAKNYA TARGETNYA ADALAH KAUM SUNNI TERMASUK SALAFY SEBAGAI TARGET PERTAMA. CARANYA MIRIP – MIRIP ABDULLAH BIN SABA’

    3. SELALU MEMBENTURKAN KELOMPOK SALAFY DENGAN KELOMPOK SUNNI LAINNYA SECARA FRONTAL DAN TIDAK ILMIAH,

    4. KALO SALAFY HANCUR, BISA JADI TARGETNYA ADALAH PKS, MUHAMMADIYAH, NU, HT, DAN LAINNYA.

    5. KARENA MEMAKAI NAMA SALAFY UNTUK MENGHANCURKAN SALAFY BISA JADI DAN MUNGKIN SAJA PAKE NAMA INDONESIA JUGA UNTUK MENGHANCURKAN INDONESIA KEDEPANNYA. INGAT PEMBACA….MAYORITAS PENDUDUK INDONESIA ADALAH KAUM SUNNI….ENTAH DARI KELOMPOK MANA SASTRO INI,,YANG JELAS SELALU MEMBENTURKAN SUATU KELOMPOK SUNNI DENGAN KELOMPOK SUNNI LAINNYA DENGAN SANGAT SEMANGAT.

    6. CIRI TERAKHIR…SASTRO LEBIH PERCAYA ORANG KAFIR DAN MENGAMBIL BERITA SERAMPANGAN DARI MEREKA,

    LHO HATI-HATI PEMBACA

    ———————————————

    Sastro Menjawab:

    Saya jawab:
    1- Sejak kapan nama dan istilah Salafy dimonopoli oleh kelompok Wahaby sehingga Salafy harus pengikut Ibnu Taimyah dan Muhammad bin Abdul Wahhab?

    2- Di Indonesia mayoritas muslimAhlusunnah wal Jamaah bermazhab Syafi’i dan Asy’ariyah yang juga disesatkan oleh kelompok Wahaby. Apakah mungkin penyesatan itu akan membuahkan persaudaraan? Abdullah bin Saba’, apa hubungannya?

    3- Kita lihat contoh saja, betapa kaum yang mengatasnamakan diri sebagai Salafy (gadungan) itu telah meresahkan kaum muslimin Indonesia karena kasus pengkafirannya. Lihat NU online jika anda tidak percaya! Dan kapan kelompok Wahaby mampu menjawab blog semacam ini secara ilmiah? Apa tolok ukur keilmiahan versi anda?

    4- Kalau Salafy yang anda maksud adalah Wahaby (salafy gadungan) maka itu memang tujuan blog sederhana ini. Dan terbukti anda tidak membedakan antara PKS yang partai politik, dengan Muhamadiyah, NU dan HT yang ORMAS Islam Indonesia dengan Wahaby yang sekte mengaku sebagai pengikut Ahlusunnah tetapi mengrogoti Ahlusunnah bahkan Islam, sehingga dari sini nampak sekali kebodohan anda…

    5- Sekali lagi, sejak kapan WAhaby masuk barisan Ahlusunnah (baca: Sunni) sedang ia selalu menganggap sesat Ahlusunnah lain yang tidak semanhaj dengannya? Justru kelompok anda yang ingin mengubah Indonesia seperti Saudi yang Wahaby bukan? Mas, banyak faktor yang membuktikan bahwa Indonesia bukan Saudi…

    6- Memang berat menerima kenyataan yang telah ditoreh dalam sejarah mas….kami tidak heran, kenyataan yang ditulis Mufti Ahlusunnah dari mazhab Syafi’i di Makkah yang bernama Syeikhul Islam Zaini Dahlan saja anda nyatakan sesat dan pembohong padahal beliau sezaman dengan Syeikh anda Bin Abdul Wahhab itu, apalagi yang non muslim taetapi jujur dalam menuliskan sejarah…Apakah anda masih meragukan bahwa Syeikh anda itu telah sembunyi di ketiak Inggris yang kafir untuk menyebarkan ajaran sektenya? Apakah anda juga menyangkal diamnya para mufti Wahaby ketika Saudi bersembunyi di ketiak USA yang Maha Kafir itu ketika akan diserang Irak? Mas, anda dan kelompok anda tidak akan mungkin dapat sembunyi dari kenyataan…

    Anda paham bahasa jawa khan? Orang jawa bilang “Becik ketitik olo ketoro” (baik dan buruk itu niscaya akan nampak), cepat atau lambat, karena itu adalah sunnatullah. Camkan itu baik2!

  44. Sastro..itu Yahudi Indonesia,
    Kalo seandainya saya bisa berhadapan dengan dia, tentu kon tak ajak apo karep mu rek?… wong kon pinter gae blog ora pinter agama kok koyok iya.iya’o..tro sastro..
    kon iku mangan sego tahlillan yoo ngomong ngono..

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:

    Biarkan anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu…jika ada anjing menggigit maka janganlah kita balas gigit, nanti ajingnya dua, ambilkan pentungan dan pentung si anjing itu…karena anjing gak bisa mentung, cuman bisa menggonggong dan menggigit doang…:P

  45. Dulu waktu mau belajar Islam, dihadang sama kelompok takfiriyah yang beginian…Untung Allah baek ama ane, sehingga dikenalkan ke para Imam suci dari trah Nabi termulia SAW itu…
    Dan yang ana tau dari para Guru-Guru agung itu, bahwa Islam jaauuuhhhh sekali dari apa yang dipropagandakan para syekh Nejd tsb.

  46. Assalamualaikum,

    Adakah ini bermakna imam-imam di Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi adalah pengikut Wahabi juga?

    ———————————————–

    Sastro Menjawab:

    Waalaikum salam

    Semenjak Wahaby berkuasa di Jazirah Arabiyah…maka begitulah kurang lebihnya mas….

  47. kalo menurut saya, mas sastro ini bisa dari kalangan JIL, bisa juga dia kaki tangan zionis yahudi. semoga antum di beri hidayah.. amiiin…

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:

    Itu khan menurut anda? Anda bukan Tuhan khan yang Maha Tahu?😛
    Sekarang giliran dituduh JIL, setelah dibilang Sufi, Syiah, Orientalis…dst. Sapa takut…:P

  48. DAKWAH ANDA BAIK DENGAN MEMANFAATKAN BLOG TAPI MBOK IYAO JANGAN MEMBUKAK KEDOK-KEDOK ULAMA’ YANG TIDAK BAIK SELAMA MEREKA MEMBACA ALQURAN DAN SHALAT DAN CUKUPLAH DENGAN MENUNJUKKAN DENGAN DALILI-DALILNYA SAJA TIDAK USAN MENYNJUKKAN KARAKTERNYA KATANYA NABI NGENDIKO SIAPA YANG MENUTUPI AIB ORANG ALLAH AKAN MENUTUPI KEJELEKANNYA BESUK DIHARI QIYAMAT APA SAMPEYAN TIDAK SENENG

    ———————————————————–

    Sastro Menjawab:
    Oh alangkah indahnya ungkapan anda itu jika diamalkan terlebih dahulu oleh kaum Wahhaby yang mentaklidi imam mereka, Muhammad bin Abdul Wahhab dan Ibnu Tai-miyah yang keduanya hoby menjelek-jelekkan dan mencaci maki ulama yang tidak sejalan dengan mereka….

  49. Di kantor saya saat ini dakwah dipegang oleh Salafy. Beberapa kali saya mengikuti kajiannya isinya membid’ahkan dan men-syirik-an terhadap kalangan umum muslim di Indonesia. Dan kurang berakhlakul karimah dalam ber-dakwah dan cenderung sombong bahwa ia lah yg benar, selain pahamnya adalah salah, bid’ah dan sesat… ia akan selalu membid’ahkan,me-sesat-kan kalangan dari ikhwanul muslimin, jama’ah tabligh, sufi dan lain-lain. Padahal banyak dari mereka adalah ulama2 yg bersih hati & jiwa serta akal & fikirnya didasari dengan keikhlasan yg murni dengan bertauhid hanya kepada Allah saja. Memiliki akhlakul karimah dalam berdakwah,santun dan sangat menyejukkan hati. Dan mereka tidak saling bentrok bahkan bergandeng tangan. Lalu muncul ulama salafy yg dengan arogannya menyatakan sesat semua ?

    Apakah ulama2 salafy se-level dengan rasul ? Yg dengan wahyu Allah dapat memastikan dengan yakin kesesatan tersebut ? padahal banyak hal yg disesatkan adalah perihal yg furu’iyah.

    Wahai salafy, bukalah mata hatimu jangan kau pakai hanya akal dan fikir mu saja. Karena Allah SWT dekat dengan orang2 yg memakai hatinya yg selalu dibersihkannya, sehingga terbuka mata hatinya dalam memahami kebenaran yg hakiki, penuh hikmah dan berperilaku akhlakul karimah.

  50. dakwah salaf & ahlusunnah akan tetap mulia meski kalian semua menghujat.

    buat mas sastro, kalo mau diskusi sebaiknya jgn disini, kita duduk satu meja dan berbicara berdasarkan ilmu, jgn cuma mengedepankan kebencian semata.
    gimana mas?

    ——————————————————

    Sastro Menjawab:
    Mas, apakah artikel kami tidak mengandung ilmu? Silahkan buktikan!

  51. memang ada kelompok yg mengaku salaf tapi suka mengkafirkan, org2nya jarang senyum, tokoh2nya diantaranya umar baabduh, umar as sewed, dll.
    yg jelas dakwah mereka beda dgn salaf yg diajarkan oleh ustadzuna yazid jawwas, abdul hakim abdat, abu ahmad zainal abidin, dst. pokoknya kalo mau tau lbh lanjut mengenai dakwah salaful ummah simak aja kajian melalui radio streaming di: http://www.radiorodja.com/
    atau AM 756 Khz

    —————————————————————-

    Sastro Menjawab:
    Lho mas, sama-sama Salafynya koq gak akur sich? Bukankah al-Quran menjelaskan…kullu hizbin bimaa ladaihim faruhuuun? (setiap kelompok bangga terhadap diri mereka)

  52. Kalo akal sudah tidak bisa bekerja lagi, premanisme timbul.
    Hei Preman2 Wahaby murahan, jatah kalian sudah selesai disini.
    Maju terus Mas Sastro.

  53. kalau saya sih ngak usah jauh-jauh yang di sini ada fatwa baru yaitu mau mengadakan Pengajian Akbar padahal sebelumnya tidak mau karena Pengajian Akbar tidak ada tuntunannya atau dalil-dalilnya

  54. Assalamuaikum…
    Kita tidak boleh mengaku yang paling benar, tapi kita harus yakin bahwa yang kita yakini dan amalkan itu benar.Dan bagi anda yang bermazhab kepada ibnu taimiyah dan abdul wahab mengaku yang baling baik, jadi anda menyalakan orang yang bermazhab kepada Imam Syafiih dan imam mujtahid lainya dan terkadang sampai mengkafirkannya, cuma karna tidak sepaham dengan mazhab wahabi.

  55. he he he …… dasar salafy gemblung, bikin fatwa seenaknya saja, ya jadinya keluar fatwa2 konyol, contohnya kuburan diratakan, makanya kalo mo potong rambut jangan sama tukang potong rambut yang salafy, minta diratain rambutnya, eh malah leher lo yang dibabat, diratain ampe abiiiiiiiis …………

  56. MaasyaAllah….melihat tulisan2 disini saya cuma bs komentar..

    ORANG YG BERAKAL DAN BERHATI BERSIH INSYA ALLAH AKAN DENGAN MUDAH MEMBEDAKAN DIANTARA ORANG2 YG BERKOMENTAR DI BLOG INI:

    SIAPA YG BERAKHLAK DAN YANG TIDAK ..

    Siapa yang lbh mngedepankan akal daripada emosinya dan yg sebaliknya..

    Siapa yg bermental preman dan siapa yg bermental ulama

    SIAPA YANG BERBICARA DENGAN ILMU DAN SIAPA YANG BERBICARA TANPA ILMU

    dan siapa yg lebih layak dibaca komentarnya dengan yang lebih layak masuk tong sampah..

    waLLohu a’lam

  57. Ketika saya ziarah (menghadap) kubur Rasulullah di masjid nabawi Madinah, ada seorang askar saudi menghampiri saya. Dengan mengatakan harom…harom..! dia membalikkan badan saya ke arah kiblat. Mungkin maksudnya baik, agar saya tidak menyembah kuburan Rasulullah. Saya jadi ingat keterangan guru ngaji saya di desa waktu kecil, yang mewanti-wanti saya untuk waspada terhadap ajaran kaum wahhaby. Memang benar, maksud baik yang tidak disertai ilmu dan toleransi itu berbahaya. Apalagi kalau maksudnya memang sudah jelek…

    • Sejarah telah mencatat prestasi gemilang da’wah Islam Ahlussunnah waljama’ah, khususnya di bumi Indonesia, sehingga menjadi negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Prestasi itu sekarang sedang dicoba dihancurkan dengan da’wah wahaby yang garang, yang tdk mencerminkan kerahmatan Islam, dan ukhuwwah Islamiyah pun terus dikoyak-koyak antara lain dengan bikin masjid untuk memecah ukhuwah. Sebagian masjid yang mereka bangun atas biaya timteng itu tidak bisa berfungsi sesuai tujuannya, karena umat di sekitar masjid teguh tidak mau mendirikan Jum’at tandingan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: