Pengkafiran Wahhaby (2); Muhammad bin Abdul Wahhab dan Pengkafiran beberapa Tokoh

Jangankan terhadap orang yang berlainan mazhab –konon Muhammad bin Abdul Wahhab yang mengaku sebagai penghidup ajaran dan metode (manhaj) Imam Ahmad bin Hambal sesuai dengan pemahaman Ibnu Taimiyah- dengan sesama mazhabpun turut disesatkan. Bagaimana ia tega mengkafirkan orang yang se-manhaj dengannya? Jika rasa persaudaraan terhadap orang yang se-manhaj saja telah sirna, lantas bagaimana mungkin ia memiliki jiwa persaudaraan dengan pengikut manhaj lain yang di luar manhaj-nya? Niscaya pengkafirannya akan menjadi-jadi dan lebih menggila. Kita akan melihat beberapa contoh dari penyesatan pribadi-pribadi tersebut.

————————————————————————————

    Bukti Lain Pengkafiran Wahhaby;
    Muhammad bin Abdul Wahhab dan Pengkafiran beberapa Tokoh

Setelah secara global kita mengetahui beberapa teks ibnu Abdul Wahhab yang membuktikan pengkafirannya terhadap para ulama dan menvonisnya sebagai pelaku syirik. Di sini, pada kesempatan kali ini, kita akan melihat teks-teks lain berkaitan dengan pengkafirannya terhadap para ulama dengan tidak segan-segan lagi menggunakan kata-kata ‘KAFIR’ dalam penvonisan.

2- Muhammad bin Abdul Wahhab Mengkafirkan Beberapa Tokoh Ulama

Di sini, kita akan mengemukakan beberapa pengkafiran Muhammad bin Abdul Wahhab terhadap beberapa tokoh ulama Ahlusunah yang tidak sejalan dengan pemikiran sektenya:
a- Dalam sebuah surat yang dilayangkan kepada Syeikh Sulaiman bin Sahim yang seorang tokoh mazhab Hambali di zamannya. Ia menuliskan: “Aku mengingatkan kepadamu bahwa engkau bersama ayahmu telah dengan jelas melakukan perbuatan kekafiran, syirik dan kemunafikan!…engkau bersama ayahmu siang dan malam sekuat tenagamu telah berbuat permusuhan terhadap agama ini!…engkau adalah seorang penentang yang sesat di atas keilmuan. Dengan sengaja melakukan kekafiran terhadap Islam. Kitab kalian itu menjadi bukti kekafiran kalian!” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 31)
b- Dalam surat yang dilayangan kepada Ahmad bin Abdul Karim yang getol mengkritisinya, ia menuliskan: “Engkau telah menyesatkan Ibnu Ghonam dan beberapa orang lainnya. Engkau telah lepas dari millah (ajaran) Ibrahim. Mereka menjadi saksi atas dirimu bahwa engkau tergolong pengikut kaum musyrik” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 64)
c- Dalam sebuah surat yang dilayangkannya untuk Ibnu Isa yang telah melakukan argumentasi teradap pemikirannya, Muhamad bin Abdul Wahhab lantas memvonis sesat para pakar fikih (fuqoha’) secara keseluruhan. Ia menyatakan: “(Firman Allah); “Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah”. Rasul dan para imam setelahnya telah mengartikannya sebagai ‘Fikih’ dan itu yang telah dinyatakan oleh Allah sebagai perbuatan syirik. Mempelajari hal tadi masuk kategori menuhankan hal-hal lain selain Allah. Aku tidak melihat terdapat perbedaan pendapat para ahli tafsir dalam masalah ini.” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 2 halaman 59)
d- Berkaitan dengan Fakrur Razi –pengarang kitab Tafsir al-Kabir– yang bermazhab Syafi’i Asy’ary, ia mengatakan: “Sesungguhnya Razi tersebut telah mengarang sebuah kitab yang membenarkan para penyembah bintang” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 355). Betapa kebodohan Muhammad bin Abdul Wahhab terhadap karya Fakhrur Razi. Padahal dalam karya tersebut, Fakhrur Razi menjelaskan tentang beberapa hal yang menjelaskan tentang fungsi gugusan bintang dalam kaitannya dengan fenomena yang berada di bumi, termasuk beraitan dengan bidang pertanian. Namun Muhamad bin Abdul Wahhab dengan keterbatasan ilmu dan kebodohannya terhadap ilmu perbintangan telah menvonisnya dengan julukan yang tidak layak, tanpa didasari ilmu yang cukup.

Silahkan para pembaca yang budiman menilai sendiri ungkapan-ungkapan pengkafiran Muhammad bin Abdul Wahhab di atas. Lantas apakah layak ia disebut ulama pewaris akhlak dan ilmu Nabi, apalagi pembaharu (mujaddid) sebagaimana yang diakui oleh kaum Wahhaby? Dari berbagai pernyataan di atas maka jangan kita heran jika lantas Muhammad bin Abdul Wahhab pun mengkafirkan –yang lantas diikuti oleh para pengikutnya (Wahhaby)- para pakar teologi (mutakallimin) Ahlusunnah secara keseluruhan (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 1 halaman 53), bahkan ia mengaku-ngaku bahwa kesesatan para pakar teologi tadi merupakan konsensus (ijma’) para ulama dengan mencatut nama para ulama seperti adz-Dzahabi, Imam Daruquthni dan al-Baihaqi. Padahal jika seseorang meneliti apa yang ditulis oleh seorang seperti adz-Dzahabi –yang konon kata Ibnu Abdul Wahhab juga mengkafirkan para teolog- dalam kitab “Siar A’lam an-Nubala’” dimana beliau banyak menjelaskan dan memperkenalkan beberapa tokoh teolog, tanpa terdapat ungkapan pengkafiran dan penyesatan. Walaupun kalaulah terdapat beberapa teolog yang menyimpang namun tentu bukan hal yang bijak jika hal itu digeneralisir. Dan yang perlu digarisbawahi adalah, jelas sekali, jika kita teliti dari konteks yang terdapat dalam ungkapan Muhammad bin Abdul Wahhab, yang ia maksud bukanlah para teolog non musim atau yang menyimpang saja, tetapi semua para teolog muslim seperti Abul Hasan al-Asy’ari –pendiri mazhab ‘Asy’ariyah- dan selainnya sekalipun.

Jangankan terhadap orang yang berlainan mazhab –konon Muhammad bin Abdul Wahhab yang mengaku sebagai penghidup ajaran dan metode (manhaj) Imam Ahmad bin Hambal sesuai dengan pemahaman Ibnu Taimiyah- dengan sesama mazhabpun turut disesatkan. Kita akan melihat contoh dari penyesatan pribadi-pribadi tersebut:
Adapun Ibnu Abdul Lathif, Ibnu ‘Afaliq dan Ibnu Mutlaq adalah orang-orang yang pencela ajaran Tauhid…namun Ibnu Fairuz dari semuanya lebih dekat dengan Islam” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 78). Apa makna lebih dekat? Berarti mereka bukan Islam (baca: kafir) dan di luar Islam namun mendekati ajaran Islam. Padahal Muhammad bin Abdul Wahhab juga mengakui bahwa Ibnu Fairuz adalah pengikut dari mazhab Hambali, penjunjung ajaran Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qoyyim al-Jauziyah. Bahkan di tempat lain, Muhammad Abul Wahhab berkaitan dengan Ibnu Fairuz mengatakan: “Dia telah kafir dengan kekafiran yang besar dan telah keluar dari millah (agama Islam)” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 63)

Bagaimana ia tega mengkafirkan orang yang se-manhaj dengannya? Jika rasa persaudaraan terhadap orang yang se-manhaj saja telah sirna, lantas bagaimana mungkin ia memiliki jiwa persaudaraan dengan pengikut manhaj lain yang di luar manhajnya? Niscaya pengkafirannya akan menjadi-jadi dan lebih menggila.

Kita akan kembali melihat apa yang diungkapkannya kepada pengikut ajaran lain. Jika para ulama pakar fikih (faqoha’) dan ahli teologi (mutakklim) telah disesatkan atas dasar kebodohannya dan kebohongannya dengan mencatut tanpa bukti nama para ulama lainnya –seperti pada kasus di atas- maka jangan heran pula jika pakar ilmu mistik modern (baca: tasawwuf falsafi) seperti Ibnu Arabi pun dikafirkan sekafir-kafirnya. Bahkan dinyatakan bahwa kekafiran Ibnu Arabi yang bermazhab Maliki itu dinyatakan lebih kafir dari Fir’aun. Bahkan bukan hanya sebatas pengkafiran dirinya terhadap pribadi Ibnu Arabi saja, tetapi Ibnu Abdul Wahhab telah memerintahkan (baca: mewajibkan) orang lain untuk mengkafirkannya juga. Dia menyatakan: “Barangsiapa yang tidak mengkafirkannya (Ibnu Arabi) maka iapun tergolong orang yang kafir pula”. Dan bukan hanya orang yang tidak mau mengkafirkan yang divonis Muhammad bin Abdul Wahhab sebagai orang kafir, bahkan yang ragu dalam kekafiran Ibnu Arabi pun divonisnya sebagai orang kafir. Ia mengatakan: “Barangsiapa yang meragukan kekafirannya (Ibnu Arabi) maka ia tergolong kafir juga”. (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 25)

Kini, kita akan melihat satu contoh saja, berkaitan dengan pengkafiran Syiah, mazhab Islam di luar Ahlusunnah. Muhammad bin Abdul Wahhab an-Najdi pernah menyatakan: “Barangsiapa yang meragukan kekafiran mereka maka iapun tergolong orang kafir” (Lihat: Ad-Durar as-Saniyah jilid 10 halaman 369). Muhammad bin Abdul Wahhab ‘mengaku’ bahwa ungkapan ini berasal dari al-Muqoddasi yang diterima oleh pemikirannya. Padahal Ibnu Taimiyah yang juga tidak suka terhadap Syiah –dilihat dari berbegai buku karyanya- tidak pernah sampai mengeluarkan Syiah dari Islam (pengkafiran), paling maksimal ia telah menvonis Syiah sebagai ahli Bid’ah saja. Atas dasar pengkafiran itulah maka jangan heran jika para pengikut Wahhaby hingga hari ini sangat menentang segala usaha untuk persatuan antara mazhab-mazhab Islam, terkhusus persatuan Sunni-Syiah. Bahkan mencela ulama-ulama Ahlusunnah –apalagi ulama Syiah- yang melakukan usaha tersebut.

Jadi jelaslah dari sini, jangankan Syiah –yang di luar Ahlusunnah- ataupun Tasawwuf, para ulama pakar teologi dan fikih dari Ahlusunnah pun ia kafirkan. Dan jangankan para ulama Ahlusunnah dari empat mazhab –Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali- yang ada, terhadap sesama penghidup ajaran Ibnu Taimiyah pun divonisnya sebagai kafir. Lantas, para pembaca yang budiman, silahkan anda nilai, mungkinkan ajaran sekte pengkafiran semacam ini akan bisa tersebar dengan ‘baik’ sehingga dapat menelorkan ketentraman, apalagi di bumi Indonesia yang menjunjung tinggi tenggang rasa dan jiwa gotong royong? Hanya di tanah Arab badui saja, ajaran ini bisa hidup, karena kekakuan ajaranya. Mungkinkan sekte pengkafiran ini mampu mewakili sebagai ajaran suci Rasul yang dinyatakan sebagai “Rahmatan lil Alaminin”?

Bersambung…

Iklan

49 Tanggapan

  1. kamu cuma menukilkan kata2 pengkafiran syekh, tapi alasan beliau mengkafirkan tidak kamu muat. harus adil dong…. jd pembaca tahu bahwa mereka yang tersebut diatas memang PANTAS DIKAFIRKAN.

    —————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Alasan apapun yang diberikan Syeikh nt yang menyimpang itu maka itu tetap saja bertentangan dengan kejelasan Hadis Rasul yang melarang pengkafiran ahlul qiblah…Nanti hadisnya akan kita masukkan di kajian lain…silahkan tunggu!
    Nt mau ikut Rasul atau Syeikh nt? Tinggal pilih..!

  2. kualat lho muhammad bin abdul wahhab!!! manusia idiot kayak lho g usah sok-sok an ngafirin ulama besar dehhh… untuk para idiot pengikut si laknat ini tunggulah hari pemenggalan kepala kalian oleh pasukan Ilahi bersama pemimpin kami Al-mahdi yang akan membebaskan tanah suci masjidil haram dari najis-najis seperti kalian!!!!

  3. Kalau para wahabi agak sedikit punya otak tentu tak kan berani berkomentar di blog punya pak Kiai Sastro ini karena setiap artikelnya dipenuhi argumentasi yang valid (bantah yang ilmiah kalau memang tidak!). Tetapi dunia ini sangat banyak dihuni oleh orang-orang dungu yang bertindak atas dasar selera dan nafsu, maka kita baca komentar-komentar yang membuat manusia berotak bertanya~paling tidak dalam hatinya, “Waraskah orang ini?”.
    Saya tidak bosan-bosan untuk menghaturkan,
    جزاكم الله أحسن الجزاء
    kepada pak Kiai Sastro atas amal solehnya bagi kaum muslimin dengan terus mengungkap kemungkaran-kemungkaran Bin Wahhab cs.

    —————————————

    Sastro Menjawab:

    Terimakasih mas…
    Tapi saya masih santri, bukan kyai ataupun ustadz…

  4. bram<=== Kok kaya kepedean, emang mas bram sudah ngerasa punya sifat pasukan ilahi pimpinan Imam Mahdi?

    Mbok mari kita sama sama benahi diri jangan hanya membawa napsu emosi..he he he..

  5. Kang Sastro saya mampir ya, saya perhatiin blog sampeyan ini begitu anti pati banget ama Ibnul Wahhab, mbok yao yg obyektif dikit dlm menilai seseorang, bener juga kata benthaleb kenapa dinukil sepotong2 jdnya terkesan provokasi gitu loh.. sehingga kita bisa tau dr awal sampai akhir ceritanya, trus yg dipajang itu poto siapa ya kang? apa maksudnya biar tambah seru gitu? jdnya kalo masuk blok ini kyk nonton bola aja.. he he… kalo gol para supporter pada teriak2 histeris hihi… saya mo tanya sama sampeyan tolong dijawab dg jujur ya.. apakah sampeyan berafiliasi dengan kelompok syiah? (husnudzan aja semoga nggak) krn modus yg dipake hampir sama, syiah menyerang tokoh2 ahlussunnah dg memakai referensi ahlussunnah, incarannya tokoh2 yg getol membuka penyimpangan mrk dg kitab2 mrk sendiri spt Ibnu Taimiyah dll. dan skrg ini yg paling vokal adlh kelompok yg sampeyan sebut wahaby. dari komentar si bram ketauan kan niat mereka.. mrk lg nunggu Al-Qaim kang.. utk menebas leher ahlussunnah, bukan hnya wahaby thok tp jg kelompok ahlusunnah yg lain… sebenarnya kalo sampeyan ahlusunnah mestinya membahas tentang mrk (syiah) jg, mrk lebih berbahaya, menghalalkan darah ahlussunnah (berarti takfir jg donk) … cuma mrk bersembunyi dibalik Taqiyah…

    —————————————–

    Sastro Menjawab:

    Kami ingin konsen di Wahaby sang peresah umat Muhammad SAW…
    kalau anda merasa Syiah itu meresahkan silahkan aja anda konsen di sana…
    mana bukti keharusan bahwa orang Ahlusunnah HARUS membahas Syiah? Apa Wahaby selama ini gak meresahkan Ahlusunnah?

  6. lho kalau ahlul kiblatnya memang melakukan kekafiran bagaimana? apa masih tidak boleh?? kekafiran kan tidak harus nyembah berhala pak….! kiyai yang berhukum dengan hukum selain yang diturunkan allah juga kafir, pembela kiyaitadi juga kafir dll. anda ini rupanya kemasukan faham Murji’ah sewktu anda nyamar belajar dikelompok salafy ya? kok ikut belajar disitu ……. duitnya enak yaaaaaa???

    ———————————–

    Sastro Menjawab:
    Kalau ada kafir itu bukan ahli kiblat om….baca dulu hadisnya, baru komentar, bisa bahasa Arab gak?
    Nyamar? Emang Wahaby itu siapa harus disamari…? Duit panas hasil kongsi dengan raja kekafiran (USA yang menjadi anjing Israel) kok enak….api neraka itu tahu?

    • Hanya orang-orang kafir lagi bodoh yang membenci dakwa syehk abdul wahab.beliau tidak sembarangan mengkafirkan orang sebelum adanya iqomatul hujah dan intifa’ul mawani.saya ragu, jangan-jangan kamu beraqidah sesat da menyesatkan orang. semua ulama ahlu sunnah sepakat bahwa dakwah yqang disampaikan oleh beliau adalah sesuai dengan manhaj salaf.dia tidak butuh pengakuan ahli bid’ah seperti kamu yang suka ngikutun hawa nafsu sahwat.saya orang timur tidak banci seperti kalian yang suka ngomong lewat tulisan tp ga mau face to face. saya berani membela beliau walau sendiri menghadapi kalian kalian yang banyak tapi beraqida hulul,bid’ah lagi sesat. say sudah dididik untuk memberantas aqidah bodoh seperti kalian.

      ————————————————————–

      Sastro Menjawab:
      Lagi2 anda mencatut nama Ahlusunahwaljamaah….kalau ulama WAhaby saudi, ya itu bukan Ahlusunah mas, tapi ulama WAhaby
      Kita akan sebutkan siapa Muhammad bin Abdul WAhab sebenarnya…dan bagaimana reaksi ulama Ahlusunah dizamannya. Agar anda melek bahwa ternyata jangankan dari mazhab Hanafi, Maliki, dan Syafi’i…dari ulama Hambali sendiri gak suka dengannya.

      Anda jangan asal bunyi tanpa ada rujukan ilmiah yg jelas…bukti keawaman anda

      • lalu aqidah Nu sepertiapa? muludan bareng2 laki prempuan campuraduk?habis acara pernikahan di masjid lalu merokok?

        ———————————-

        Sastro Menjawab:

        Dimana ada muludan bareng campuraduk laki-perempuan? Bareng iya, tapi campuraduk TIDAK. Kalau semua bareng mesti Campuraduk, ya kalian shalat juga campuraduk dengan perempuan dong? Mana otak kalian wahai pengikut sekte Wahaby?….Bukti kalau Wahaby tukang fitnah…

  7. orang syiah jangan boleh ikutan disini pak….! mereka kan agama lain jadi gak nyambung kalau kita bicara tentang islam.

    —————————————

    Sastro Menjwab:

    Pengeikut sekte Wahaby aja boleh kok masuk sini, apalagi Syiah….
    Silahkan aja kalian diskusi sama Syiah jika meragukan keislaman Syiah, saya gak mau ikut-ikut…
    Yang jelas, jangan marah ya, kami juga meragukan keislaman Wahaby….

  8. bram,klo nggak punya ilmu bagus jangan nulis diam saja atau belajar dulu!!,nggak ada pihak yang diuntungkan dengan tulisan ente,ente LDII ya?pantes saja tidak beradab dan menganggap orang lain najis.

  9. DISENSOR JUGA YAAAAAAAA…………………….
    TAKUT KETAHUAN KALAU KRITERIA MANHAJ BATHIL SEDANG DIDOKTRINKAN SAMA SI SASTRO
    GAK ILMIAH AHHHHHHH……..

    ——————————————–

    Sastro Menjawab:

    Orang gak pernah belajar dan komentarnya ngalor ngidul kok mencvonis gak ilmiah…ngaca diri bung!

  10. Kang Sastro kalo koment saya ga dimuat berarti bener ya… kang sastro berintima’ dg syiah yee… Oho kamu ketauan dech.. jdnya ga heran dech knp blog ini begitu anti bgt ame yg namanya wahaby, sudahlah kang saran saya coba lebih netral lagi untuk mengkaji agama ini, agama ini bukan mainan kang… kalo saya amati kang, wahaby itu kalo dakwah “apa adanya” shg terkesan kaku dan keras tetapi sekali lg mrk “apa adanya” itu lebih baik daripada dibuat2 (hoaks) spt ini. sedangkan org2 syiah itu kalo saya amati seperti kumpulan orang2 yg sakit hati selama berabad-abad, begitu sakitnya mereka sampai mempengaruhi jiwa & kejernihan akal mereka, shg mrk butuh musuh utk dijadikan pelampiasan dg memaki-maki para sahabat, membuat2 hadits palsu, bikin akidah sdri dll. itulah yang membuat ahlussunnah berang, pdhal kalo kita mo jujur dikalangan ahlussunnah mana ada org yg membenci/memaki ahlul bait? justru mrk sgt memuliakan semua ahlul bait dan semua sahabat, hanya karena Allah tlah menakdirkan Abu Bakar, Umar dan Utsman Ra mendahului Ali Ra dalam urusan kekhalifahan mrk mjd spt itu. padahal Ali Ra sangat ridha kepada para pendahulunya tsb dg bukti beliau mendukung para pendahulunya di masa pemerintahan mrk dan menamakan anak2nya selain Hasan & Husein dg nama Abu Bakar, Umar dan Utsman, sedangkan Husein Ra menamakan anak2nya diantaranya Abubakar bin Husein dan Umar. Bisa dilihat di kitab Ma’alimul Madrasatain karangan Murtadha Al Askari, jilid 3 hal 127. juga dalam kitab Al Irsyad karangan Muhammad bin Nukman Al Mufid hal. 197, I’lamul Wara karangan Thabrasi hal 112, juga kitab Kasyful Ghummah karangan Al Arbali jilid 1 hal 440. ini adalah sebagian referensi saja, yang lainnya sengaja tidak disebutkan karena terlalu banyak. apakah mereka bertaqiyyah? kalo kita berkeyakinan spt itu berarti kita mendiskreditkan beliau2 ini yg terlepas dr sifat spt itu. ini hanya masukan pribadi dr saya aja kang, sebenarnya sampeyan punya kemampuan berargumentasi yg cukup baik, tetapi kalo kemampuan tsb digunakan utk tujuan spt ini, saya merasa sgt menyayangkan sekali… Afwan… Syukron…

    ————————————————

    Sastro Menjawab:

    Mas, kalau anda dah kehilangan akal untuk berfikir, silahkan tuduh saya seenak hati anda…tentu semua itu ada balasannya, kelak.

  11. Hati-hati lho, Mas jangan sampai karena ketidaksukaan mas dengan Wahabi membuat mas memfitnah dgn membabi-buta. Abd Wahab ini tokoh hebat lho. Bagaimana mungkin mas yang baru ngelmu sdh berani mencap dan menjelek-jelekkan Abd Wahab yang notebene jelas sdh memiliki pengikut yg sangat banyak? Apakah tidak cukup bukti dengan banyaknya pengikut menunjukkan keilmuan Abd Wahab? Saya kok ngga yakin Abd Wahab menulis kalimat-kalimat seperti yang mas tunjukkan? Bisa ngga mas kasih ke saya bukti otentiknya tulisan dari Abd Wahab yang kata mas suka menjelek-jelekkan dan mengkafirkan ulama lain? Saya kira Abd Wahab tidak sesombong dan searogan itu. Tidak mungkin lah

    ———————————————–

    Sastro Menjawab:

    Wah, kalau banyaknya pengikut menjadi bukti kehebatan maka betapa hebatnya iblis yang terlaknat itu ya…khan dia banyak yang ingikuti?

    Gampang saja kalau anda gak yakin mas…cek aja sendiri di buku-buku yang sudah kami sebutkan itu. Anda yang meragukan maka kini giliran anda yang membuktikan bahwa kami berbuat proporsional atau gak…!?

  12. Vonis kafir, musyrik,& ahlulbid’ah sejatinya diputuskan HAKIM setelah terjadi proses MENGINGAT, MELIHAT, MENIMBANG,& MENETAPKAN berikut segala romantikanya. Itu pun masih bisa ditinjau kembali. Begitulah PENGADILAN.
    Jika baru melihat satu redaksi yang menurut kita keliru lalu serta merta penulisnya kita vonis KAFIR, itu sikap ‘ajalah/tergesa-gesa. Maka kita adalah SETAN. Al’ajalah minasyaithon.

  13. he…he..maaf ya para pengunjung atas komentar-komentar “panas saya”! untuk mas cinta syahid,
    mas tau kan kalau wahabi tuh sama dengan khawarij? apa yang rasul katakan mengenai kelompok sesat ini? PERANGii!! dan mas juga baca kan komentar-komentar para pengikut setan (wahabi)?? udah ada dalil yang kuat and dapat dipertangunggjawabkan tapi mereka terus saja membantahnya tanpa dalil, bukannya mengakui kesalahannya walaupun ada juga segelintir komentar yang mengakui kesalahan mereka (saya tdk th dengan pengunjung wahabi lain yang tidak berkomentar di blog ini),, karena itulah rasul memerintahkan para sahabatnya untuk berperang membasmi ajaran khawarij dikarenakan watak mereka yang keras kepala, mersa plg benar, memaknai al-Qur’an hanya kulit luar tanpa mendalami maknanya bahkan dedengkot neo khawarij (wahabi) Ibnu Taimiyah mengharamkan pentakwilan ayat-ayat Al-Qur’an!! mas juga tau kan apa yang dilakukan pemerintahan Saudi yang manhaj negara nya adlh wahabi mengundang pasukan kafir najis Amerika dengan alasan untuk melindungi negaranya dari invasi Irak terhadap Kuwait?? padahal dinegaranya ada kota suci yang telah Allah janjikan perlindungan nya, sudah tidak percayakah mereka dengan surat Al-fiil??? tidak ada cara lain selain memerangi para wahabi-wahabi yang ada di Arab Saudi jika mereka tetap juga tidak bertaubat… pernahkah mas membaca hadis bahwa Imam Mahdi akan dikejar-kejar oleh pasukan Arab (wahabi) dan Allah akan melindungi kekasihnya ini dengan menenggelamkan pasukan wahabi tersebut kedalam pasir?? Imam Mahdi benar-benar nyata dan ada seperti tidak bisa dibantah adanya si Bush saat sekarang ini// tunggulah kedatangan beliau dan saya pun juga akan menunggu,,, alangkah indahnya kehidupan saya jika saya dapat bergabung dengan pasukan pimpinan beliau,,, dan maaf jika saya terlalu ekstrem berkomentar di blog ini
    pernahkah mas mendengar bahwa Craig Unger, mantan deputi director New York Observer di dalam
    karyanya yang sangat berani berjudul “Dinasti Bush Dinasti Saud”
    (2004) memaparkan kelakuan beberapa oknum di dalam tubuh kerajaan negeri itu, bahkan di antaranya termasuk para pangeran dari keluarga kerajaan.
    “Pangeran Bandar yang dikenal sebagai `Saudi Gatsby’ dengan ciri khas janggut dan jas rapih, adalah anggoa kerajaan Dinasti Saudi yang bergaya hidup Barat, berada di kalangan jetset, dan belajar di Barat. Bandar selalu mengadakan jamuan makan mewah di rumahnya yang megah di seluruh dunia. Kapan pun ia bisa pergi dengan aman dari ArabSaudi dan dengan entengnya melabrak batas-batas aturan seorang Muslim.Ia biasa minum Brandy dan menghisap cerutu Cohiba, “tulis Unger.
    Bandar, tambah Unger, merupakan contoh perilaku dan gaya hidup
    sejumlah syaikh yang berada di lingkungan kerajaan Arab Saudi. “Dalam hal gaya hidup Baratnya, ia bisa mengalahkan orang Barat paling fundamentalis sekalipun.
    Bandar adalah putera dari Pangeran Sultan, Menteri Pertahanan Saudi.
    Dia juga kemenakan dari Raja Fahd dan orang kedua yang berhak
    mewarisi mahkota kerajaan, sekaligus cucu dari (alm) King Abdul Aziz,
    pendiri Kerajaan Saudi modern.

    Dan salah satu komentar mas Sastro yang saya kutip mengatakan:

    “Trus, coba cek, berapa banyak uang yang dihamburkan para anak raja itu untuk berjudi di Texas atau di utara Lebanon dan main pelacur di sana…bandingkan dengan bantuan mereka untuk Palestina yang konon saudara mereka sesame muslim. Membantu Palestina itupun setelah banyak kritikan buat kerajaan Saudi…kalau gak, ya uangnya habis untuk ganti-ganti pelacur dan berjudi”.

    Dan saya harap para pembaca dapat mengerti mengapa saya menarik kesimpulan dari komentar-komentar ekstrem saya dengan melihat kenyataan keadaan yang ada di Arab Saudi sekarang (tentu saya yakin tidak semua rohaniawan wahabi bermoral bejat),,,

    sungguh kesalahan saya datang dari setan dan semua kebenaran hanya datang dan milik Allah semata!! Wassalam

  14. Makhluq Banget Bilang:
    “Vonis kafir, musyrik,& ahlulbid’ah sejatinya diputuskan HAKIM setelah terjadi proses MENGINGAT, MELIHAT, MENIMBANG,& MENETAPKAN berikut segala romantikanya. Itu pun masih bisa ditinjau kembali. Begitulah PENGADILAN”

    Saya Bilang:
    Komentar anda itu betul sekali, tetapi siapa HAKIM yang akan melakukan semua itu? Apa hakim2 kufur dari Pengadilan yang tidak berhukum dengan hukum Allah? Atau Hakim dari daulah islamiyah yang berhukum dengan dengan hukum Allah, tapi dimana hakim seperti ini dapat kita jumpai?? Jawabnya tidak ada!!!! Oleh karena itu tugas investigasi yang bisanya cuma dijalankan oleh hakim tidak dapat dikerjakan, kemudian sebagai pribadi2 muslim yang melihat PERKATAAN ATAU PERBUATAN KEKAFIRAN yang dilakukan oleh seseorang cukup bagi kita untuk memVONISnya sebagai pelaku KEKUFURAN jika anda memang mampu Iqomatul Hujjah/tabayyun dengan pelaku tadi maka hal inipun tidak mengapa.
    Jadi saya harap Makhluk Banget tidak usah banyak omong jika memang tdk mengerti masalah TAKFIR MUTHLAQ/MU”AYYAN malah bisa tambah keliru dan kelihatan bodohnya thd dien nantinya.
    Untuk lebih jelas Baca: Aljami’ Fii AtTholabul ‘Ilmi Syarif/ dalam edisi terjemahan dg judul Kafir Tanpa Sadar (tp terjemahan ini buat masalah Dhawabit Attakfir saja)

  15. IMAM MAHDI SIAPA JEK??????? IMAM MAHDI AHLUSSUNNAH GAK SAMA CERITANYA DENGAN BUALAN SYIAH TENTANG IMAM MAHDI!!!! SADAR KAMU SYIAH CUMA NUNGGU AJA IMAM MAHDI BIN HASAN ASYKARI YANG GAK BAKAL MUNCUL!!!! LAIN DENGAN IMAM MAHDI KAMI YANG PASTI AKAN MUNCUL.

  16. […] Indonesia Pengkafiran Wahhaby (2); Muhammad bin Abdul Wahhab dan Pengkafiran beberapa TokohPengkafiran Wahhaby (1); Muhamad bin Abdul Wahhab Menganggap Para Ulama MusyrikTabarruk 10 (Akhir); […]

  17. berkata bram: sungguh kesalahan saya datang dari setan dan semua kebenaran hanya datang dan milik Allah semata!!

    perkataan anda memang salah semua bram,atau memang anda benar-benar syaithan ya???

  18. maju terus bung! pantang mundur, hancurkan paham wahabi sampai titik penghabisan!!!, merdekaa!!

  19. benthaleb:
    Mahluq Banget Bilang:
    “Vonis kafir, musyrik, & ahlulbid’ah sejatinya diputuskan HAKIM setelah terjadi proses MENGINGAT, MELIHAT, MENIMBANG, & MENETAPKAN berikut segala romantikanya. Itu pun masih bisa ditinjau kembali. Begitulah PENGADILAN..
    ___
    Saya Bilang:
    Komentar anda betul sekali..

    lalu si anak Thaleb itu berkata lagi:
    …kemudian sebagai pribadi2 muslim yang melihat (cuma melihat doang?!) PERKATAAN ATAU PERBUATAN KEKAFIRAN yang dilakukan oleh seseorang cukup (?) bagi kita untuk memVONISnya sebagai pelaku KEKUFURAN..
    ===
    wahai pembaca, sehatkah otak orang ini?
    +++
    benthaleb:
    …Atau Hakim dari daulah islamiyah yang berhukum dengan hukum Allah, tapi dimana hakim seperti ini dapat kita jumpai?? Jawabnya tidak ada!!!…
    ___
    Huebat yah!!! Benthaleb sudah berkeliling ke setiap pengadilan dari mulai tingkat kota/ kabupaten, propinsi dan Mahkamah agung di seluruh dunia untuk menyaksikan dengan seksama seluruh proses pengadilan (dari tahun kapan yah?) sehingga memvonis bahwa tidak ada yang berhukum dengan hukum Allah baik pidana atau pun perdata‏.‏
    ===
    benthaleh:
    …Jadi saya harap Mahluq Banget tidak usah banyak omong jika memang tdk mengerti masalah..
    ___
    tidak mengerti, tidak usah banyak omong? Bertanya ngomong bukan? Diskusi bukan omongan? Bertanya&diskusi jangan banyak? pantesan bodoh terus.
    Saran saya kepada siapapun trmasuk saya dan benthaleb, mari MENGINGAT (meneliti referensi sebanyak2nya, jangan cepat puas diri), MELIHAT (konteks&kaitan masalah dgn masalah yg lain), MENIMBANG (dampak dari setiap keputusan), MENETAPKAN (dgn niat yg tulus ikhlas karenaNya) baru MEMUTUSKAN/ MEMVONIS (itupun sebelumnya shalat istikharah dulu agar Allah jaga hati&pikiran kita dari setan‏ ‏&hawa nafsu)
    ربنا آتنا من لدنك رحمة و هيئ لنا من أمرنا رشدا

  20. memang yg namanya sastro itu adalah PENCELA BODOH yg dimanapun ada situs islam saya liat selalu menghujat syekh muhamad abdul wahab…Heii Troo kamu ini memang sgt Ideot,sehingga sama sekali tdk mampu memahami makna Fatwa2 Syekh muhamad abdul wahab..anak sd saja mampu memahami tulisan /fatwa syekh. tp kamu tdk bisa ngerti2 juga. ada apa dgn isi KEPALAMU itu. apa setiap hari kamu makan TAHI BABI bersama abu salafymu itu???

    ——————————————————

    Sastro Menjawab:

    Anda mengatakan; “anak sd saja mampu memahami tulisan /fatwa syekh“…lha memang fatwa itu hanya diperuntukkan untuk anak SD koq, buat orang yang intelek dan cerdas ya gak masuk mas….

  21. Kang Sastro, sebelumnya saya pikir sampeyan adalah orang yg berjiwa besar thd perbedaan, saya pikir blog ini ga kayak blog salafy lain yg sering disensor spt sampeyan sndri statementkan, saya pikir sampeyan orang yang obyektif, saya pikir sampeyan orang yg ga takut argumentasi sampeyan akan dikalahkan oleh org lain, saya pikir sampeyan akan membiarkan seluruh netter yg ada di blog ini menilai pernyataan sampeyan tanpa harus diarahkan dg mesensor koment netter yg ga sesuai dg misi sampeyan, saya pikir sampeyan jujur dg pengakuan sampeyan bahwa sampeyan bukan org syiah dan tdk bertaqiyyah dg mengatakan “semua akan ada balasannya kelak”, saya pikir sampeyan bukan orang yg pengecut yg bersembunyi di balik blog ini, saya pikir sampeyan adlh org yg punya kemampuan berargumentasi yg sehat….. tetapi ternyata saya salah dugaan… dengan tdk ditampilkannya koment saya berarti semua adalah kebalikannya… apapun misi ato makar sampeyan… sampeyan tidak akan bisa memadamkan kebenaran… Al-Haqqu mirrobbika falaa taquunana minal mumtariin…

    —————————————————

    Sastro Menjawab:

    Mas, coba cek lagi pikiran anda itu….kata sepedas apapun tentang saya, akan selalu saya muat di sini. Apakah benar anda telah menulisnya atau hanya sekedar membual saja?

  22. skrg saya kirim koment saya lg, jika ternyata dimuat maka koment saya di atas abaikan saja… afwan…syukron…

    Maaf saya koment lg kang karena ada yg gatal ingin saya garuk, saya bersyukur jika kang sastro bukan org syiah & tidak bertaqiyyah, tetapi ingatlah hanya Allah Yang Maha Mengetahui isi hati…

    Buat Bram, coba instrospeksi dulu apakah ente skrg ini ga cenderung pada sifat khawarij? Ingin memenggal kepala pengikut wahaby… menghalalkan darah muslim… hanya krn mnrt ente mrk khawarij… walaupun saya akui sebagian kelompok yg anda sebut wahaby tsb ada org2 yang berdakwah dg kata2 kasar & tidak memakai akhlak, tetapi tidak saya dapati perkataan mereka akan memenggal kepala kelompok lain seperti perkataan ente ini.. ternyata ente lebih sadis lg ya akhi.. tetapi kalo ente mengikuti kitab2 yang dijadikan rujukan orang2 syiah seperti Al-Kafi, Biharul Anwar dll yang berisi pengkafiran dan penghalalan darah terhadap para shahabat Nabi, Nashibi (ahlussunnah) dan orang2 selain syiah ya… saya nggak heran. Ato ente pengen ikuti Khomeini dengan mengirim utusan2nya dg membuat kerusuhan di masjidil haram pd th. 1987 yg menewaskan 400 an jama’ah haji dan petugas keamanan Saudi..

    Ada satu nukilan dari perkataan Ibnu Al Wahhab dalam membantah tuduhan bahwa dia telah mengkafirkan kaum muslimin dan mengahalalkan darah mrk :
    “Kalau kami tidak (berani) mengkafirkan orang yang beribadah kepada berhala yang ada di kubah (kuburan/ makam) Abdul Qadir Jaelani dan yang ada di kuburan Ahmad Al-Badawi dan sejenisnya, dikarenakan kejahilan mereka dan tidak adanya orang yang mengingatkannya. Bagaimana mungkin kami berani mengkafirkan orang yang tidak melakukan kesyirikan atau seorang muslim yang tidak berhijrah ke tempat kami…?! Maha suci Engkau ya Allah, sungguh ini merupakan kedustaan yang besar.” (Muhammad bin Abdul Wahhab Mushlihun Mazhlumun Wa Muftara ‘Alaihi, hal. 203).

    Dan tentang nukilan2 sepotong2 dr kang sastro di blog ini tidak bisa dijadikan hujjah yg kuat, kalo kang sastro mau bener2 obyektif dalam mengelola blog ini coba dinukil secara keseluruhan perkataan2 Ibnul Wahab sehingga tidak membuat misinterpretation thd tulisan2 tokoh tsb dan juga utk memenuhi amanah ilmiah tentunya. Tetapi kalo memang maunya spt ini… ya saya gak maksa (jadinya boleh donk kalo dibilang hoax).

    Bagi pembaca blog ini jika ingin mengetahui secara mendalam mengenai pemikiran ibnul Wahab silahkan membaca secara tuntas dan tidak sepotong2 kitab Al-Durar Al-Saniyah fi Al-Ajwibah Al-Najdiyah yang ditulis oleh Abdul- Rahman bin Qasim. Nanti anda bisa menilainya sendiri.

    Tentang perkataan Bram ttg Ibnu Taimiyyah, Saya sarankan baca dulu kitabnya seperti Al-Aqidah Al-Wasithiyah dg hati yg jernih, mudah2an kita diberi hidayah oleh Allah.

    Tentang hadis bahwa Imam Mahdi akan dikejar-kejar orang arab, adakah disebutkan kata2 wahabi di situ? Bukankah orang2 Iraq yang syiah itu juga orang Arab? Bukankah Hisbullah yg ada di Lebanon (Syam) itu juga kebanyakan org arab? Dan yang jelas Imam Mahdi bukan keluar dari Gua Samurrah.

    Tentang Daulah Suudiyah saya akui selain punya banyak kelebihan juga kekurangan, kita mesti obyektif tetapi dlm hal kekurangan bukan hanya Saudi saja juga Iran, Mesir, Indonesia & negara2 lain pun jg bisa didapat. Jika ente mendasarkan berita dari org semacam craig unger ato sejenisnya ato ente suka conspiracy theory, maka silahkan baca berikut ini :

    Bahwa salah satu tujuan USA menyerang Iraq pd th. 1991 adalah melindungi rezim Iran! Bahwa kemenangan revolusi Islam Iran 1979 adalah atas bantuan USA, Bahwa secara diam-diam Amerika mengirimkan bantuan persenjataan ke Iran dlm perang Iran – Iraq.. dan apa yg kelihatan dipermukaan bhw Iran anti Amerika adalah sandiwara belaka, buktinya setelah revolusi ternyata Khomeini masih memakai badan intelejen bikinan CIA semasa Shah Iran, walaupun diganti namanya dari SAVAK mjd SAVAMAK tetapi ternyata yg ada didalamnya adalah org2 lama yg msh aktif link dg Amerika??. (by Fransisco Gil-White – Historical & Investigated Research).

    Menurut pengakuan mantan Dubes Amerika di Iraq : Iran menolong Amerika dalam Invasi terhadap Afghanistan dan Iraq?? Ada teks perjanjian diantara mereka dlm bahasa Arab (http://al-ahkam.net/home/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=61100)

    Menurut The Independent, ada dialog rahasia antara Iran dan AS. Padahal secara kasat mata kedua negara sangat saling bertolak belakang, terutama dalam masalah proyek nuklir yang dikembangkan Iran. Dijelaskan oleh The Independent, bahwa salah satu peserta dalam dialog informal itu adalah seorang mantan diplomat AS bernama Thomas Pickering. Dialah yang mengatakan bahwa ada satu delegasi mantan diplomat dan sejumlah pakar yang bertemu dengan para akademisi Iran, termasuk para konsultan politik di Iran, di sejumlah tempat, di luar Iran dan AS.Uniknya, pertemuan seperti itu ternyata bukan baru satu kali dua kali, tetapi sudah sering terjadi dalam lima tahun terakhir. (www.eramuslim.com)

    Lebih hebat lg ternyata perang antara Israel-Hisbullah hanyalah perang persahabatan (hoax, tak lebih dr sebuah proyek kospirasi Zionis-Salibis & Neo Syiah-Shafawis-Persianik) yg dijadikan korban adalah rakyat Lebanon yg Sunni, makanya kita lihat Amerika diam aja… (silahkan baca uraian Dr. Muhammad Bassam yusuf mengenai kenapa Hisbullah menculik 2 tentara Israel di : http://al-ahkam.net/home/modules.php?op=modload&name=News&file=article&sid=15438&mode=thread&order=0&thold=0)

    Ingin lbh tahu bnyk lg? Gerombolan Al-Mahdi pimpinan Moqtada Sadr membunuh dan menculik para pengungsi palestina yg melarikan diri ke Iraq ditengah berkecamuknya situasi di Iraq. sebagaimana pernyataan Dr. Atef ‘Udwan kepada Al-Markaz Al-Filistini li al-l’laam pada 23 Januari 2007.

    Masih sangat mending Arab Saudi lho memberi bantuan ke palestina. bandingkan : Menteri Luar Negri Iran pada tanggal 10 Juli 2006 menegaskan dalam sebuah jumpa pers bahwa proses pemberian bantuan 50 juta dolar itu masih dalam taraf pengambilan keputusan, dan hingga sekarang jumlah itu belum pernah dibayarkan.

    Dari pernyataan ente yg berapi-api utk memenggal kepala pengikut wahabi dan membebaskan tanah suci dari najis2, kyk nya sejalur dg pernyataan Khomeini:
    Khomeini stated in a message for a youth rally:

    “The Islamic and non-Islamic powers of the world will not admit our power till such time that we establish our hold over Makkah and Madinah because these are the centers and citadels of Islam. Hence our domination over these places is an essential requirement … when as a conqueror I will enter Makkah and Madinah, the first thing to be done at that time by me would be to dig out two idols (i.e. Hadhrat Abu Bakr and Hadhrat Umar) lying by the side of the Prophet’s grave.”

    Negara manakah yg paling kecil tingkat kriminalitasnya menurut ente? Jawabanya Arab Saudi bahkan orang kafir pun mengakui (lihat di situs Faithfreedom).

    Dan saya pribadi yakin bahwa tidaklah Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana telah menetapkan dua kota suci umat Islam dipelihara dan dimakmurkan oleh daulah Suudiyah saat ini melainkan karena suatu hikmah yang besar… wahai manusia hendaklah kita berfikir jernih jgn dikuasai oleh hawa nafsu dlm menilai sesuatu…Wahai org Syiah jika kalian ingin menguasai tanah suci maka perbaikilah agama kalian maka InsyaAllah akan dikuasakan tanah suci pada kalian…

    ——————————————

    Sastro Menjawab:

    Bims, lain kali tulisannya yang singkat….ini habis2in jatah tahu?

  23. Assalamu’alaikum

    Mas saya ada yang mau saya konsultasikan dengan mas… kok alamat email mas tidak bisa dihubungi?
    alamat email mas gak aktif lagi yah?
    tolong kirim ke email saya, email mas supaya saya bisa mengirimkan masalah saya. Saya memohon kebaikan selalu pada diri mas… Jazakumullah atas perhatiannya. Segera yah mas email saya. Saya tunggu.

    ————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Waalaikum salam

    BEnar mas, maaf….silahkan kirim ke sastro_salafy@yahoo.co.id

  24. Assalamualaykum..
    buat para pembaca, jgn mudah terprovokasi
    jgn main klaim aja kalo ini salah,itu salah…
    sesungguhnya yang mengetahui kesalahan manusia hanya Allah SWT…
    hati orang siapa yang tahu….
    bukan berarti ana taklid pada wahhabi loh…
    coba tunjukkan dari segi al quran wal hadits tentang pengkafiran wahhabi..

    —————————————

    Sastro Menjawab:

    Mas, apa maksud ungkapan anda; “tunjukkan dari segi al quran wal hadits tentang pengkafiran wahhabi”? Kalau ungkapan itu bukti pengkafiran, ya gak mungkin lha wong Wahabisme itu adalah bid’ahnya Muhammad bin Abdul Wahhab yang baru terjadi beberapa ratus tahun yang lalu….Kalau larangan pengkafiran sesama muslim seperti yg dilakukan WAhaby, ya nanti akan kita tampilkan…!?

  25. katanya mau mbahas tentang tawassul, istighasah. aku dah ga sabar nunggu

    —————————————————

    Sastro Menjawab:

    Iya mas, tetapi kayaknya ini lebih urgen, makanya saya dahulukan…itu pasti akan kita tampilkan, tapi bukan sekarang….lagi super sibuk mas….mohon doanya saja!?

  26. ass. wrb.

    tuk saudara2ku sekalian.
    terus terang saya tidak sependapat, saya dalam beri islam ngikutin manhaj sahabat n nabi saw. seperti kata beliau sataf tariku ummati ‘ala tsalatsiina wa sab’iina firqotan kulluhu finnari illa wahidah, qiila : manhum ya rasulullah? ma ana ‘alaihi alyauma wa ashabiy. (akan pecah umatku 73 gol smua neraka kec 1, ditanya siapa mereka ya rasul? mereka adalah yang sesuai dengan aku dan sahabatku hari ini pemahamanya). dan hadist yg lainya juga yg ma’nanya sebaik2 umat adalah sahabat, tabiin , tabiut tabiin (hr bukhari muslim bil ma’na).
    singkat saja banyak yg ngaku quran sunnah tapi pengamalan jauh dari contoh2 umat yang terbaik, yaitu sahabat.
    adapun yg benar adalah ngikutin pr sahabat, karena kalo ngikutin mereka dah pasti ngikutin quran sunnah, sedangkan mengaku ngikutin quran sunnah tanpa mau mengikuti faham sahabat maka akan tersesat, masuk 72 gol neraka, secara singkatnya.
    seperti tafsir an’amta’alaihim, yaitu para nabi,siddiqiin,suhadaa, solihiin. diantara figur keempat jenis manusia ini adalah nabi saw, abu bakar, umar utsman, ‘ali dan tabiin..(salaf itu sendiri)
    jadi sy kira yg perlu di luruskan adalh fondasi awalnya dulu..manhajnya dulu, bukan akhirnya.
    adapun syaikh abdul wahhab, adl salah satu dari sekian banyak penerus salafy. akan tetap ada para imam dan orang2 yang selalu muncul tiap 100 tahun untuk memberantas dan mengingatkan umat sebagai hujjah atas kebid’ahan dan kesyirikan, agar mereka kembai pada jalan yang awal berdirinya agama islam, yaitu jalan pr sahabat (hadist hasan). dan memang sudah sunatullah jumlah mereka dibandingkan ahlul bid’ah cuma 1:72 sampai menjelang kiamat nanti. jadi saya cuma menyampaikan saja sebagai kewajiban saya.
    akhir kata:
    W Pascal berkata: cuma ada 2 golongan manusia yang dianggap masuk akal.
    pertama yang mencari tuhanya seumur hidup karena belum ketemu.
    kedua yang melaksanakan perintah tuhanya seumr hidup karena telah mengenal tuhanya.

    semoga bermanfaat.

    —————————————————–

    Sastro Menjawab:

    Anda menyatakan: “selalu muncul tiap 100 tahun untuk memberantas dan mengingatkan umat sebagai hujjah atas kebid’ahan dan kesyirikan”, maka akan saya katakan:

    1- Atas dasar apa bahwa ungkapan “muncul setiap 100 tahun” anda terapkan kepada Muhammad bin Abdul Wahhab? Kalau hanya perkiraan saja maka Ahmadiyah juga akan mengaku bahwa Mirza Ghulam Ahmad pun semacam itu juga. khan antara Mirza Ghulam Ahmad dan Muhammad bin Abdul Wahhab gak jauh jarak kehidupannya…siapa tahu bahwa yang setiap 100 muncul itu ternyata adalah Mirza Ghulam Ahmad, bukan Muhammad bin Abdul Wahhab?

    2- Buktikan dengan argumen yang baik dan jelas berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah bahwa yang dinyatakan WAhabisme sebagai bid’ah dan syirik itu memang benar bid’ah dan syirik dengan menjawab artikel2 kami di sini aja dulu…Hingga detik ini belum ada yang mampu menjawabnya dengan baik.

  27. buat mahluk banget maaf ini baru sempet mampir lagi buat jelasin perkataan saya pada anda.
    kalau ada orang mengucapkan syahadat apakah anda langsung mengatakan dia muslim/beriman? atau anda juga akan melakukan investigasi dg proses MELIHAT, MENIMBANG DAN MEMUTUSKAN.(sampai sholat istikhoroh lagi)???? Tentu tidak kan ? sebagaimana ada dalam hadist2 yang shaih.Demikian juga kekafiran, kita tidak perlu membedah hati seseorang yang melakukan kekafiran karena pada dasarnya IMAN >< KUFUR..
    KALAU ANDA MERENUNGINYA TENTU FAHAM MAKSUD SAYA

  28. SASTRO MEGAP2 DIGASAK AKHI BIMS. HAHAHAHAHAHAHA…………………………………………..

    —————————————

    Sastro Menjawab:

    Nt ama gerombolan pengikut sekte Wahabisme sama aja, alih-alih menjawab artikel eh bisanya cuman ngomong ngalor ngidul hingga nampak sekali bahlulnya…gak malu nt? Suruh ustadz2 Wahaby menjawab, kita nanggung meladeni orang macam nt atau Bims…..

  29. 1. terus gencarkaN dan galakkan gerakan kritik daN COUNTER terhadap salafy wahaby, kalau bisa sebarkan kopian situs, milis, dan tulisan kang sastro, kang abu salafy, dan kang-kang yang berilmu lainnya, dikampus2, dipusat2 gerakan islam, dikalangan intelektual muslim
    2. Dudukkan persoalan dengan jelas: Tidak setuju pada salafy wahaby bukan berarti pro syirik dan bid,ah, dan sebaliknya membasmi syirik dan bid,ah bukan berarti salafy wahaby
    3. Jangan terpancing himbauan latah beberapa orang dalam menanggapi blok ini seperti:
    – jangan berdebat sesama muslim
    – lebih baik memperbaiki diri sendiri
    – sesama muslim janmgan menghina
    – jangan brani mengkritik “ulama-ulama ahlu sunah” versi wahaby (karena) hafal qur,an, hadist, ahli bahasa arab
    dll.
    4. Tempatkan sesuatu yang baik pada tempatnya. Himbaun menjaga persatuan sesama muslim benar, tapi tidak tepat kalau dipakai menghentikan usaha menghilangkan sumber
    -sumber perpecahan itu sendiri, ,,,(bersambung)

  30. Tahukah kalian orang sombong itu…?
    Yaitu mereka yang tidak mau menerima kebenaran dan melecehkan orang lain.
    Bahkan Ada golongan yang mengatakan Jangan pernah melihat kebaikan dari orang yang tidak sepaham dengan mereka.
    sebenarnya apasih maunya mereka dan para pengikutnya…? sepertinya sudah dicekoki dengan kebencian terhadap orang yang tidak sesuai dengan pendapatnya.
    bahkan nih mereka yang mengikuti Paham Wahabi sendiri aja terpecah belah dan saling mencela, apakah ini yang dimaksud pengikut Rasulullah.
    intinya sih pengikutnya wahabi itu sudah dicuci otaknya untuk saling membenci Sesama Muslim yang benar-benar mau berjuang di Jalan ALLAH.
    Karena, Coba kita liat…, Mereka ga mau berkomentar sama Laknatullah Kaum Kafir USA yang membantai Umat Islam.
    Tidak ada komentar Terhadap Pembuat gambar yang Menghina Rasulullah, mereka diam saja terhadap aksi kaum Kafir yang akan menghancurkan Islam. mereka lebih senang memberi komentar terhadap yang ga sesuai dengan nafsu mereka. yah… bisa kita lihatlah contohnya disini…

    Buat Bang Sastro, Ana Salut…, Two Thumbs up to You
    yang ga capek menegakkan kebenaran, walau banyak “yang menggonggong” tulisan Bang Satro
    Wallahu’alam

  31. Tro..sastro..
    Sampeyan tak tunngoni nggak punya nyali!!
    kapan mau ketemu, dimana?!
    nt gak usah takut, ana gak perlu bawa pedang untuk ngelurusin tulisan nt..!!
    tulisan nt sama sekali gak ilmiah!!!

    Hattu burhanakum inkuntul shadiqin!!!

    ———————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Nt nunggu saya, ngapain? Gak ada kerjaan apa? Takut…emang nt siapa ana takut? Ana gak mau buang umur untuk ngurusin orang seperti nt….waktu ana sangat berharga dibanding cuman ngeladeni orang macam nt….
    Buktikan kalau tulisan ana gak ilmiah dengan menjawabnya segera…lha wong ustadz nt aja gak mampu koq apalagi nt yang ilmunya pas2an….Mana buktiknya jika kalian wahai pengikut Wahaby mampu menjawabnya….Kalian khan punya banyak blog dan situs, jawab di sana! sekali lagi kalau kalian mampu…

  32. ass. wrb.

    tuk saudara2ku sekalian.
    terus terang saya tidak sependapat, saya dalam beri islam ngikutin manhaj sahabat n nabi saw. seperti kata beliau sataf tariku ummati ‘ala tsalatsiina wa sab’iina firqotan kulluhu finnari illa wahidah, qiila : manhum ya rasulullah? ma ana ‘alaihi alyauma wa ashabiy. (akan pecah umatku 73 gol smua neraka kec 1, ditanya siapa mereka ya rasul? mereka adalah yang sesuai dengan aku dan sahabatku hari ini pemahamanya). dan hadist yg lainya juga yg ma’nanya sebaik2 umat adalah sahabat, tabiin , tabiut tabiin (hr bukhari muslim bil ma’na).
    singkat saja banyak yg ngaku quran sunnah tapi pengamalan jauh dari contoh2 umat yang terbaik, yaitu sahabat.
    adapun yg benar adalah ngikutin pr sahabat, karena kalo ngikutin mereka dah pasti ngikutin quran sunnah, sedangkan mengaku ngikutin quran sunnah tanpa mau mengikuti faham sahabat maka akan tersesat, masuk 72 gol neraka, secara singkatnya.
    seperti tafsir an’amta’alaihim, yaitu para nabi,siddiqiin,suhadaa, solihiin. diantara figur keempat jenis manusia ini adalah nabi saw, abu bakar, umar utsman, ‘ali dan tabiin..(salaf itu sendiri)
    jadi sy kira yg perlu di luruskan adalh fondasi awalnya dulu..manhajnya dulu, bukan akhirnya.
    adapun syaikh abdul wahhab, adl salah satu dari sekian banyak penerus salafy. akan tetap ada para imam dan orang2 yang selalu muncul tiap 100 tahun untuk memberantas dan mengingatkan umat sebagai hujjah atas kebid’ahan dan kesyirikan, agar mereka kembai pada jalan yang awal berdirinya agama islam, yaitu jalan pr sahabat (hadist hasan). dan memang sudah sunatullah jumlah mereka dibandingkan ahlul bid’ah cuma 1:72 sampai menjelang kiamat nanti. jadi saya cuma menyampaikan saja sebagai kewajiban saya.
    akhir kata:
    W Pascal berkata: cuma ada 2 golongan manusia yang dianggap masuk akal.
    pertama yang mencari tuhanya seumur hidup karena belum ketemu.
    kedua yang melaksanakan perintah tuhanya seumr hidup karena telah mengenal tuhanya.

    semoga bermanfaat.

  33. wahai para salafiyun
    Salafi at turotsi
    Salafi yamani syeih rabi’ bin hadi etc.
    Salafi al shohwah
    Salafi al irsyad
    Salafi ustad jakfar
    Salafi sururi
    salafi jihadi. and other’s
    ayo kita bersatu dalam tali salafy kita hadapi si om sastro, atow biar solid kita bikin partai kaya hisbiyun, IM(PKS), NU(PKB), Muhammadiyah(PAN), NU(PKNU),….
    Atow kita bikin gerakan underground kaya HTI, atau kita khuruj aja 4 bulan 40 hari 3 hari, atow kita bikin thariqah as salafiyun, atau gimana ya…..
    klo hadist nabi islam 73 golongan 72 sesat ,1 nya selamat (salafy), klo ditambah sempalan sempalan kita ya jadi tambah banyak dong………..ah sangat disayangkan sekali ustad bikin kajian sendiri sendiri kan kasian saya ini salafi junior jadi bingung nih……

  34. bersatu bikin partai?
    – PARTAI itu bid’aaah

    kita dakwah door to door
    – gak mao, ini mirip Karkun

    kita wajib percaya kalau Matahari Mengelilingi Bumi, syaiiiikh berkata demikian!
    – saya masih ragu
    kalau ente masih ragu ya teliti aja, sewa pesawat ulangalik amerika, jangan lupa berangkat ke sana sebelom maghreb dan pulang sebelom subuh biar gak KEPANASAN!
    – saya siaaaap

    dasar WAHABI BAHLOOOOOOOOL

  35. Mas Sastro,
    Saya ini orang awam banget ttg islam & sekarang sedang belajar ttg islam. jadi saya tdk faham kelompok2/aliran2 islam.yg saya tahu bahwa sesama islam itu bersaudara! nah, yg saya tdk ngerti kok tulisan2 sampeyan itu selalu njelek2kan kelompok yg lain, kenapa? mbok ya sing rukun.
    oya, pengajian sampeyan ada di masjid mana saja, ada nggak di Balikpapan? siapa tahu dekat tempat tinggal saya, saya pingin ikutan lho..! tapi nggak ikut yg njelek2kan dulur dewe!

    —————————————————————

    Sastro Menjawab:

    Memang mas, sesama muslim itu bersaudara tapi kalau ada sekelompok muslim yang keras kepala dan tidak mau menghormati saudaranya yang lain, atau bahkan mengkafirkan mereka maka Al-Quran membolehkan untuk bertindak tegas terhadap kelompok tadi….fa in baghat ihdahuma Alal Ukhra fa Qootilullati tabghi…(QS al-Hujurat: 9). Lihat bagaimana kelompok Salafy yang pada hakekatnya Wahaby itu ternyata mengkafirkan semua mazhab Ahlusunnah (yang empat) sehingga mengaibatkan para ulama dari 4 mazhab itu memberikan reaksi terhadap mereka. Ya semua itu bermula dari pengkafiran kaum Salafy yang hakekatnya adalah Wahaby….

    Maaf, tempat kajian kita belum sampe ke Balikpapan. Untuk mudah mengaksesnya ya via blog ini aja…

  36. nasehat buat kang sastro:

    sebaiknya kalo taklim jangan cuma otodidak, baca buku2 wahabi lantas serta merta menghukumiwahabi. coba taklimlangsung dengan ulama wahabi yang sesungguhnya secara langsung dengan sabar dan hati terbuka, lalukita lihat pandangan nt setelah itu terhadap wahabi. thoyib?

    ————————————————————-

    Sastro Menjawab:

    Ini, salah satu jenis kebodohan yang sering dilakukan kaum Wahabiyuun adalah “Sok Tahu”. Dia gak tahu siapa kami dan lulusan mana, eh dah bilang otodidak…..mas, memang sulit menerima kenyataan itu ya? Apalagi kenyataan pahit dari kesalahan orang yang selama ini dikultuskan…

  37. jurus maut sastro lagiiiii——Sastro Menjawab:

    Nt ama gerombolan pengikut sekte Wahabisme sama aja, alih-alih menjawab artikel eh bisanya cuman ngomong ngalor ngidul hingga nampak sekali bahlulnya…gak malu nt? Suruh ustadz2 Wahaby menjawab, kita nanggung meladeni orang macam nt atau Bims…..

    lha coment cecunguknya wahaby aja nggk mampu nt counter kok ngundang ulamanya tho mas….. ana lihat koment nt tuh kalo dah kejepit ya sebatas itu2 doang… ah…
    siapa yang bahlullllll siapa yang jahilll kalo begini?

    Sastro Menjawab:

    Ini, salah satu jenis kebodohan yang sering dilakukan kaum Wahabiyuun adalah “Sok Tahu”. Dia gak tahu siapa kami dan lulusan mana, eh dah bilang otodidak…..mas, memang sulit menerima kenyataan itu ya? Apalagi kenyataan pahit dari kesalahan orang yang selama ini dikultuskan…

    hehehehehehe emang lulusan mana ommmmm? baghdad ya?

    nb: nulis koment sambil ngantukkkkk

    ————————————————————

    Sastro Menjawab:

    Yang ini mau dijawab serius gak, nanti salah paham lagi?
    Saya ngaji di kyai kampung juga pernah, ngaji sama ulama bertaraf nasional juga pernah, ulama yang bertaraf internasional juga pernah….saya pernah belajar dari kampung hingga ke luar negeri mas…

    nb: nulis sambil rebahan 😛

  38. Allohu Akbar….buat Kang Sastro terimakasih..
    buat wahabi…ya..terserah kalian…mau anti 4 madzhab mau apa ya..terserah….mau apapun ya..terserah….
    ‘isy maa syi^ta fainnaka mayyituun”

  39. mau tanya. apa pake komputer, akses internet, membaca blog, naik mobil/pesawat, jalan di aspal, dll itu ga bid’ah? kan ga ada di masa Nabi 🙂

  40. paddda pingin masuk surga….tapi saling hujat..

  41. sastro pantas dibunuh dia adalah anak Dajjal yang bertopeng islam, lihatlah setiap artikelnya ia banyak memakai perkataan dan perbuatan yang bukan dari hadits-hadits shahih, sedangkah hadits-hadits shahih yang berkaitan dengan tema tsb tidak digunakan, hanya demi menghina para penganut wahaby. sangat bahaya…!! bisa menjerumuskan ummat yang masih awam dengan agama dan cara berlogika. IA PANTAS KITA BUNUH….SANGAT MEMBAHAYAKAN UMMAT.

  42. Mas Sastro,
    Jangan kasih tempat buat Wahaby, hajar terus…..!
    Habis sudah….. Wah…Habisssss.

  43. bang sastro jangan mw kebawa emosi yak..kalem wae, wahabier emang gitu “hot”

  44. Hayoooo bangkit Kang Sasto. Saya dukung, saya mau belikan domain untuk ini? Sudah saatnya memang.

  45. kubaca dari buku ibnu qayyim al jauzi yg mengatakan kekhalifah adalah hak org quraisy walaupun yang tinggal hanya dua org. kenapa malah orang nejed yg jadi raja di kerajaan arab saudi ini.nampaknya pengikut abdul wahab hanya memaki fatwa fatwa yang menguntungkan buat dirinya aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: